Info Sehat

Unik dan Menarik! Ini Fakta-fakta Tentang Sistem Pernapasan Manusia

July 11, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Tak banyak yang tahu bahwa di setiap detik kita bernapas ada banyak organ tubuh yang bekerja sama satu sama lain. Organ-organ ini tergabung dalam sebuah jaringan bernama sistem pernapasan pada manusia.

Meski memiliki proses kerja yang cukup unik dan sedikit rumit, akan tetapi hal ini tidak mengurangi daya tarik sistem pernapasan pada manusia untuk dipelajari lebih lanjut, lho.

Selain bermanfaat untuk memperluas wawasan, kamu pun akan tercengang dengan beberapa fakta seputar sistem pernapasan pada manusia.

Sekilas tentang sistem pernapasan manusia

Dilansir Cleveland Clinic, sistem ini diartikan sebagai jaringan yang melibatkan setiap organ yang membantu kamu untuk bernapas. Sistem ini membantu tubuh menyerap oksigen dari udara untuk dialirkan ke organ-organ di dalam tubuh sehingga mereka dapat bekerja.

Sistem pernapasan pada manusia juga berperan penting dalam pembuangan zat-zat yang tidak bermanfaat. Salah satunya adalah limbah gas seperti karbon dioksida dari dalam darah.

Fungsi lain sistem pernapasan manusia

Sistem pernapasan manusia memiliki banyak fungsi. Bukan hanya membantu kamu memperoleh oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida, ia juga punya peran penting dalam beberapa hal di bawah ini:

  1. Membantu kamu bicara dan mencium bau
  2. Membawa udara ke dalam tubuh dan melembapkannya sampai mencapai tingkat kelembapan yang dibutuhkan
  3. Mengirimkan oksigen untuk sel-sel di dalam tubuh
  4. Membuang limbah gas, seperti karbon dioksida dari dalam tubuh ketika kamu menghembuskan napas
  5. Melindungi saluran udara dari zat-zat berbahaya yang bisa menyebabkan iritasi

Apa saja organ yang termasuk sistem pernapasan pada manusia?

Sistem pernapasan pada manusia
Sistem pernapasan pada manusia. Sumber foto: Shutterstock.com

Ada banyak anggota tubuh yang menjadi bagian dalam sistem ini. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Mulut dan hidung

Berfungsi untuk gerbang keluar masuk udara ke dalam tubuh.

Sinus

Berperan sebagai area rongga antara tulang dalam kepala. Fungsinya adalah membantu mengatur suhu serta kelembapan udara yang kamu hirup.

Tenggorokan

Merupakan semacam pipa yang berfungsi sebagai saluran pengiriman udara dari mulut dan hidung kepada trakea (batang tenggorok).

Trakea

Menyerupai ‘gang’ yang menghubungkan tenggorokan dan paru-paru.

Pipa bronkial

Ini merupakan tabung yang terletak di bawah batang tenggorok yang saling terhubung di masing-masing paru-paru.

Paru-paru

Paru-paru adalah dua buah organ yang berfungsi melepaskan oksigen dari udara dan mengalirkannya ke darah untuk dikirim ke seluruh organ di dalam tubuh.

Diafragma

Otot yang membantu paru-paru menarik udara dan mendorongnya ke luar.

Alveoli

Kantung udara kecil dalam paru-paru yang menjadi tempat pertukaran antara oksigen dan karbon dioksida.

Bronkiolus

Cabang-cabang kecil dari tabung bronkial yang mengarah ke alveoli.

Kapiler

Pembuluh darah dalam dinding alveoli yang memindahkan oksigen dan karbon dioksida.

Cara kerja sistem pernapasan manusia

Dikutip dari Web MD, pernapasan dimulai saat kamu menghirup udara melalui hidung atau mulut. Selanjutnya udara tersebut mengalir ke tenggorokan dan batang tenggorok. Pada tahap ini udara akan terbagi ke saluran yang dinamakan pipa bronkial.

Agar paru-paru dapat mengolah asupan udara dengan optimal, saluran udara yang ada di dalam tubuh harus berada dalam posisi yang terus terbuka. Ia harus bebas dari peradangan, pembengkakan, dan kelebihan lendir.

Selanjutnya udara akan masuk ke paru-paru , melewati saluran udara yang dinamakan bronkiolus. Perjalanan ini masih akan berlanjut sampai udara berakhir di sebuah kantung kecil yang bernama alveoli.

Alveoli dikelilingi oleh semacam jaring yang terdiri dari pembuluh darah kapiler. Pembuluh ini yang kelak akan bertugas mengalirkan oksigen ke seluruh organ di dalam tubuh.

Proses pembersihan udara yang dihirup

Sistem ini memiliki cara khusus untuk menjaga benda-benda berbahaya dari luar agar tidak masuk ke dalam paru-paru. Misalnya bulu dalam hidung berperan membantu menyaring partikel besar saat menghirup udara.

Ada juga rambut halus bernama cilia yang terdapat di sepanjang saluran udara. Gerakannya yang perlahan dan terus menerus adalah bentuk penjagaan agar saluran udara tetap bersih dari kuman setiap saat.

Perlu diingat jika kamu memiliki kebiasaan merokok, cilia dapat menjadi tidak berfungsi. Ini karena asap nikotin dan zat-zat berbahaya lainnya yang terdapat di dalam rokok dapat membuat membuat cilia mati.

Nah, pastikan kamu menghirup udara bersih dan menjauhi polusi udara demi menjaga kesehatan sistem pernapasan, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr