Info Sehat

Jangan Sepelekan Tangan Gemetar, Bisa Jadi Gejala Penyakit Parkinson

June 21, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Tangan gemetar adalah hal yang umum dialami. Beberapa menganggap ini adalah hal biasa tanpa mencari tahu apa penyebab tangan gemetar tersebut. Padahal gemetar pada tangan bisa saja bertambah parah atau bisa menjadi gejala penyakit tertentu.

Untuk itu, penting untuk mencari tahu penyebab tangan gemetar. Agar kamu tidak lagi menyepelekannya, berikut penjelasan berbagai penyebab tangan gemetar yang perlu kamu ketahui:

Penyebab tangan gemetar yang perlu diketahui

Dalam dunia medis, kondisi gemetar atau gerakan seperti guncangan yang tidak disengaja disebut tremor. Umumnya tremor memang terjadi pada bagian tangan, walau juga bisa terjadi pada anggota tubuh lain seperti kepala, kaki, pita suara dan bagian lainnya.

Pada umumnya tremor dialami oleh orang dewasa, paruh baya atau mereka yang berusia lanjut. Namun demikian, semua usia bisa mengalaminya.

Berikut penyebab tangan gemetar yang paling umum terjadi:

Tremor esensial

Meski ada beberapa jenis tremor, namun tremor esensial adalah penyebab yang paling umum tangan gemetar. Tremor esensial sendiri bisa disebabkan beberapa faktor. Salah satunya faktor genetika yang menurun dari orang tua.

Pertambahan usia juga menjadi salah satu faktor terjadinya tremor esensial. Walau dapat terjadi pada usia yang lebih muda, tapi cenderung dialami mereka yang berusia di atas 40 tahun.

Meski tremor esensial tidak berbahaya, namun getaran pada tangan bisa semakin parah dari waktu ke waktu. Stres atau terlalu lelah juga bisa memperburuk kondisi gemetar pada tangan.

Dalam kondisi yang semakin memburuk, gemetar pada tangan dapat mengganggu kegiatan sehari-hari. Termasuk untuk menulis, makan dan juga kegiatan yang membutuhkan kejelian gerakan tangan.

Penyakit parkinson

Penyebab tangan gemetar lainnya adalah penyakit parkinson. Gemetar bahkan menjadi salah satu tanda awal penyakit parkinson. Biasanya ini terjadi di bagian tertentu, tidak harus keseluruhan tangan. Misalnya bisa saja hanya terjadi pada satu jari.

Kondisi tertentu seperti perasaan gembira atau stres dapat menyebabkan gemetar semakin buruk dari waktu ke waktu. Ini juga dapat berpengaruh pada postur tubuh penderitanya.

Jika kamu intensitas gemetar pada tangan cukup sering, sebaiknya temui dokter agar mengetahui penyebabnya. Jika penyebabnya adalah parkinson, maka kamu akan segera mendapat perawatan yang dibutuhkan.

Multiple sclerosis (MS)

Penyakit ini berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh, otak, saraf dan sumsum tulang belakang penderitanya. Jika mengidap penyakit ini, salah satu gejalanya adalah gemetar pada tangan atau kaki.

Getaran yang muncul disebabkan oleh kerusakan pada bagian otak kecil. Di mana seharusnya bagian ini mengontrol keseimbangan dan koordinasi tubuh seseorang.

Seseorang yang mengalami gemetar pada tangan karena penyakit ini biasanya akan mendapatkan serangkaian perawatan. Termasuk pemberian obat-obatan dan juga terapi fisik.

Kecanduan alkohol

Jika kamu adalah pecandu alkohol, maka kamu mungkin mengalami gemetar pada tangan. Semakin lama menjadi pecandu alkohol, efek gemetar yang dialami juga akan semakin parah.

Jika masih dalam tahap kecanduan ringan, gemetar pada tangan hanya berlangsung selama beberapa hari. Namun untuk pecandu yang sudah lama, gemetar bisa bertahan lebih lama. Bisa hingga satu tahun atau lebih.

Pengaruh obat-obatan

Obat yang paling umum menjadi penyebab tangan gemetar adalah obat yang digunakan untuk menjaga mood. Obat tersebut digunakan untuk menghambat zat kimia otak. Namun ini hanya efek sementara, jika kamu berhenti minum obat tersebut, gemetar biasanya akan berangsur-angsur menghilang.

Masalah pada saraf

Cedera, penyakit tertentu atau masalah pada sistem saraf pusat juga dapat menyebabkan tremor. Tremor yang disebabkan masalah saraf bisa menyerang tangan dan juga kaki pasien. Dokter akan menyarankan pasien untuk berkonsultasi dengan ahli saraf untuk mengatasinya.

Kekurangan vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 akan memengaruhi sistem saraf. Akibatnya bisa menyebabkan tremor, termasuk pada tangan. Karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, termasuk kebutuhan vitamin B12.

Biasanya dokter akan menyarankan kamu untuk lebih banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin B12 tinggi untuk mengatasi getaran tersebut. Kamu bisa mendapatkan vitamin B12 dari makanan sehari-hari, seperti daging, ikan, telur dan juga produk susu.

Gula darah rendah

Dalam bahasa medis, kondisi ini disebut hipoglikemia. Di mana kondisi ini dapat memicu stres dari tubuh sehingga menimbulkan gemetar pada tubuh, termasuk gemetar pada tangan.

Stres

Kondisi yang membuat seseorang tertekan dan stres ternyata juga bisa menimbulkan tremor. Semakin parah stres yang dialami, semakin memperburuk kondisi tremor.

Rasa marah yang hebat, menahan rasa lapar yang luar biasa, atau kurang tidur juga dapat membuat tangan bergetar. Ini dikenal sebagai tremor fisiologis.

Tiroid yang terlalu aktif

Tiroid melepas hormon yang berfungsi mengontrol metabolisme tubuh. Jika terlalu aktif, hormon yang dilepaskan juga akan berlebih dan kondisi ini disebut sebagai hipertiroidisme.

Kondisi tersebut mengakibatkan beberapa gejala, salah satunya tangan gemetar. Selain itu hipertiroidisme juga menyebabkan rasa gelisah dan menyebabkan perubahan suasana hati.

Selain penyebab-penyebab yang sudah disebutkan di atas, kelebihan kafein juga bisa menyebabkan gemetar pada tangan. Walaupun tidak banyak terjadi.

Oleh karena itu, jika kamu sering mengalami tangan gemetar, apalagi sampai mengganggu kegiatan sehari-hari, sebaiknya berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Jika ingin bertanya seputar penyebab tangan gemetar, kamu bisa langsung chat dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Webmd diakses 17 Juni 2020 Why Are My Hands Shaky?
  2. Healthline diakses 17 Juni 2020 Shaking Hands: What Are My Treatment Options? 
  3. Mayoclinic.org diakses 17 Juni 2020 Essential Tremor 
    Berita Terkait
    register-docotr