Info Sehat

Mudah Merasa Dingin, Apakah Tanda dari Kondisi Medis Tertentu?

April 11, 2021 | Nik Nik Fadlah
feature image

Merasa kedinginan ketika suhu udara sangat dingin adalah hal yang wajar. Namun, bagaimana jadinya jika kamu merasa lebih mudah kedinginan meskipun suhu udara tidak dingin?

Ya, nyatanya penyebab gampang kedinginan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, lho.

Tubuh setiap orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap suhu dingin. Sebagian orang mungkin saja lebih sering merasa kedinginan dibandingkan dengan yang lain. Kondisi ini dikenal sebagai intoleransi dingin.

Baca juga: Badan Menggigil Tapi Tidak Demam? Ini 6 Faktor Penyebabnya

Apa saja faktor penyebab gampang kedinginan?

Dikutip dari Healthline, wanita lebih rentan untuk merasa kedinginan dibandingkan dengan pria. Salah satu alasannya karena wanita memiliki tingkat metabolisme istirahat yang lebih rendah. Ini dapat berarti wanita tidak menghasilkan energi sebanyak pria.

Meskipun demikian, penyebab gampang kedinginan juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kondisi medis tertentu. Berikut ini adalah beberapa penyebab gampang kedinginan yang perlu kamu ketahui:

1. Anemia

Anemia dapat terjadi ketika tubuh tidak mampu untuk membuat cukup sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Perlu kamu ketahui anemia terdiri dari beberapa jenis. Merasa kedinginan adalah salah satu dari gejala anemia.

Anemia juga memiliki gejala lain yang penting untuk diperhatikan, ini termasuk kelelahan, kulit tampak pucat, dan detak jantung yang tidak teratur.

2. Hipertiroidisme

Hipertiroidisme adalah suatu kondisi yang terjadi ketika kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon tiroid agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Kondisi ini dapat menimbulkan beberapa gejala di antaranya adalah:

  • Kelelahan
  • Kulit kering
  • Sembelit
  • Pertambahan berat badan

3. Tubuh terlalu kurus

Tubuh yang terlalu kurus juga dapat menyebabkan seseorang sangat sensitif terhadap dingin. Mengapa demikian?

Lemak tubuh membantu melindungi tubuh dan otot membantu tubuh menghasilkan panas melalui metabolisme.

Kurangnya otot dan jaringan lemak membuatmu hipersensitif terhadap dingin. Namun yang perlu diingat, tidak semua orang yang bertubuh kurus sangat sensitif terhadap dingin.

4. Masalah pada peredaran darah

Dikutip dari Very Well Health, masalah pada peredaran darah dapat menyebabkan tangan dan jari terasa sangat dingin. Selain itu, ini juga dapat menyebabkan tangan atau kaki tampak pucat atau berwarna kebiruan.

Kondisi peredaran darah tertentu yang dikenal sebagai penyakit Raynaud ditandai dengan penyempitan pembuluh darah secara episodik, sehingga menyebabkan jari tangan atau kaki tampak pucat atau berwarna kebiruan.

Masalah peredaran darah harus mendapatkan penanganan medis dengan segera.

5. Kurang asupan vitamin B12

Kurangnya asupan vitamin B12 juga dapat menjadi penyebab gampang kedinginan. Biasanya, vitamin B12 diperoleh melalui sumber hewani. Kekurangan vitamin B12 adalah kondisi ketika kamu tidak dapat menyerap atau tidak mendapatkan cukup asupan vitamin B12.

Gejala lain dari kurangnya asupan vitamin B12 meliputi sembelit atau diare, kelelahan, kehilangan nafsu makan, anemia, merasa lemah, hingga kehilangan keseimbangan.

6. Diabetes

Diabetes dapat menyebabkan masalah pada ginjal dan sirkulasi yang dapat membuat seseorang merasa kedinginan. Masalah ginjal yang terjadi akibat diabetes dikenal sebagai nefropati diabetik. Salah satu gejala dari nefropati diabetik sendiri adalah merasa dingin sepanjang waktu.

Nefropati diabetik juga dapat menyebabkan gejala lain, seperti mual dan muntah, rasa gatal, kehilangan nafsu makan, sesak napas, serta pembengkakan pada wajah, kaki, atau tangan.

7. Kurang tidur, salah satu penyebab gampang kedinginan

Tahukah kamu bahwa kurang tidur juga menjadi faktor penyebab gampang kedinginan? Ya, sebab tidur memegang peranan dalam mengatur suhu tubuh dan kurang tidur dapat mengganggu proses ini, sehingga menyebabkan kamu merasa kedinginan.

Sebagian orang bahkan memerhatikan bahwa tubuh terasa lebih dingin dibandingkan dengan biasanya ketika mereka tidak cukup tidur atau mengalami jet lag.

Meskipun demikian, kedinginan akibat kurang tidur dapat hilang setelah tubuh mendapatkan istirahat yang cukup.

Baca juga: Sering Begadang Menimbulkan Efek Buruk bagi Kesehatan, Hati-Hati Ladies!

8. Efek samping obat-obatan tertentu

Merasa kedinginan sepanjang waktu juga dapat disebabkan oleh efek samping obat-obatan tertentu, seperti beta blocker. Beta blocker sendiri biasanya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan masalah pada kardiovaskular lainnya.

9. Anoreksia

Anoreksia adalah gangguan makan yang ditandai dengan perasaan takut akan kenaikan berat badan. Penderita anoreksia biasanya sangat membatasi asupan konsumsi makanan. Merasa dingin adalah salah satu gejala dari anoreksia.

Akan tetapi, anoreksia juga bisa menimbulkan gejala lain, di antaranya adalah:

  • Penurunan berat badan yang ekstrem
  • Pusing
  • Kelelahan
  • Dehidrasi
  • Kulit kering

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab gampang kedinginan. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai kondisi ini, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2019). Diakses pada 06 April 2021. Why Do I Always Feel Cold, and Can I Treat It?

Healthline (2019). Diakses pada 06 April 2021. What Causes Cold Intolerance, and How Is It Treated? 

Very Well Health (2021). Diakses pada 06 April 2021. Why Do You Feel Cold All the Time? 

Webmd (2020). Diakses pada 06 April 2021. Why Am I Cold? 

 

    register-docotr