Info Sehat

Badan Menggigil Tapi Tidak Demam? Ini 6 Faktor Penyebabnya

March 11, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Badan menggigil sering kali disertai dengan demam. Akan tetapi, pada beberapa kasus badan menggigil tapi tidak disertai demam juga dapat terjadi, lho.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari respons tubuh hingga kondisi medis tertentu.

Nah, agar kamu lebih memahami penyebab serta cara mengatasi badan menggigil tapi tidak demam, simak ulasan lengkapnya di bawah ini! 

Baca juga: 7 Jenis Penyakit Kelainan Otot, Penyebab, serta Gejala yang Dapat Ditimbulkan

Penyebab badan mengigil tapi tidak disertai demam

Badan menggigil dapat terjadi karena pergantian yang berlangsung cepat antara kontraksi pada otot dan relaksasi. Kontraksi otot tersebut adalah upaya yang dilakukan oleh tubuh untuk menghangatkan diri ketika kita kedinginan.

Dikutip dari Web MD, menggigil juga dapat terjadi ketika sistem kekebalan tubuh melawan infeksi atau suatu penyakit. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab badan menggigil tapi tidak demam yang perlu diketahui.

1. Paparan udara dingin

Penyebab utama badan menggigil tapi tidak disertai dengan demam adalah paparan udara dingin. Ini dapat terjadi ketika seseorang berada di tempat yang sangat dingin.

Tak hanya itu, menggigil juga dapat terjadi akibat pakaian yang basah atau lembap. Hal tersebut dapat terjadi karena air yang terdapat pada pakaian menguap, yang mana menggunakan energi panas tubuh untuk proses penguapan.

Seiring bertambahnya usia, kemampuan untuk mengatur suhu tubuh menurun, bahkan sekalipun pada orang yang sehat.

Pada dasarnya, badan menggigil yang disebabkan oleh paparan udara dingin akan menghilang ketika suhu tubuh menjadi lebih hangat.

Akan tetapi, jika seseorang mengalami badan menggigil yang berlangsung hebat dan terus-menerus terjadi ini harus diwaspadai. Sebab, ini dapat menjadi tanda dari hipotermia.

2. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme dapat terjadi ketika kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon yang dibutuhkan untuk mengatur metabolisme. Kondisi ini dapat meningkatkan sensitivitas terhadap udara dingin sehingga menyebabkan tubuh menggigil.

Adapun beberapa gejala dari hipotiroidisme di antaranya adalah:

  • Kelelahan
  • Pertambahan berat badan
  • Nyeri otot dan sendi
  • Kulit kering
  • Sembelit
  • Pembengkakan pada wajah

Baca juga: Waspada Gangguan Tiroid Bisa Picu Depresi, Ini Penjelasannya!

3. Hipoglikemia

Hipoglikemia adalah suatu kondisi yang dapat terjadi ketika kadar gula darah turun secara drastis. Jika seseorang memiliki diabetes, ini mungkin saja menjadi tanda bahwa pengobatan dan pola makan perlu untuk disesuaikan.

Meskipun demikian, hipoglikemia juga dapat terjadi tanpa disertai dengan diabetes. Salah satu gejala dari hipoglikemia adalah gemetar dan kelemahan pada otot, yang mana kondisi ini mirip seperti badan yang menggigil.

Di samping itu, gejala lain dari hipoglikemia dapat meliputi:

  • Berkeringat
  • Palpitasi jantung (sensasi ketika jantung berdegup kencang)
  • Penglihatan kabur
  • Kebingungan

4. Kekurangan nutrisi

Malnutrisi terjadi ketika tubuh kekurangan nutrisi yang diperlukan.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan malnutrisi, mulai dari tidak cukup mendapatkan asupan makanan yang bergizi, kondisi mendasar yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi, hingga gangguan makan.

Tanpa keseimbangan nutrisi yang tepat, tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Di samping badan menggigil, ada beberapa gejala lain dari malnutrisi, seperti:

  • Kelelahan
  • Sulit untuk berkonsentrasi
  • Kulit pucat
  • Palpitasi jantung
  • Timbulnya ruam

5. Reaksi emosional

Dikutip dari Healthline, badan menggigil tapi tidak disertai demam juga dapat terjadi akibat reaksi emosional yang intens terhadap suatu situasi, misalnya saja ketakutan atau kecemasan berlebih.

Selain itu, menggigil juga dapat terjadi akibat pengalaman yang membuat kita tersentuh dengan cara yang positif, misalnya saja mendengarkan musik atau kata-kata inspiratif. Jenis reaksi emosional ini dapat terjadi ketika mekanisme neurobiologis memicu pelepasan dopamin.

6. Aktivitas fisik yang ekstrem

Beberapa jenis olahraga yang membutuhkan aktivitas fisik yang intens dapat menyebabkan perubahan suhu inti tubuh, yang mana ini bisa menyebabkan badan menggigil. Respons ini lebih mungkin terjadi pada suhu yang sangat dingin atau panas.

Cara mengatasi badan menggigil tapi tidak disertai demam

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa penyebab badan menggigil tapi tidak demam beragam. Maka dari itu, untuk mengatasi kondisi ini pun disesuaikan dengan penyebabnya.

Misalnya saja, untuk menangani hipotiroidisme penggunaan obat-obatan tertentu untuk menggantikan hormon yang tidak diproduksi oleh tubuh mungkin saja diperlukan. Demikian dilansir Medical News Today.

Sedangkan, jika badan menggigil disebabkan oleh aktivitas fisik yang intens, terdapat beberapa cara untuk mencegahnya seperti menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan segera mengganti pakaian yang basah dengan pakaian yang kering.

Tak hanya itu, sebaiknya hindarilah berolahraga ketika suhu terlalu dingin atau panas. Batasi juga durasi olahraga ketika kamu melakukan latihan yang intens.

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab badan menggigil tapi tidak demam. Jika badan menggigil tidak kunjung sembuh atau disertai dengan gejala lainnya, sebaiknya segeralah hubungi dokter.

Punya pertanyaan lain seputar kesehatan? Silakan chat mitra dokter kami melalui Aplikasi Good Doctor. Mitra dokter kami siap membantumu dengan akses layanan 24/7. Jangan ragu untuk berkonsultasi, ya!

Reference

Healthline (2018). Diakses pada 03 Maret 2021. 7 Causes for Chills Without Fever and Tips for Treatment 

Medical News Today (2019). Diakses pada 03 Maret 2021. Why do I have chills without a fever? 

Webmd (2019). Diakses pada 03 Maret 2021. Why Do I Have Chills?

    register-docotr