Info Sehat

Sedikit Repot, Tapi Segudang Manfaat Sehat dengan Memelihara Hewan di Rumah

June 24, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Bagi kamu yang senang dengan hewan ada kabar gembira nih, ternyata banyak lho manfaat memelihara hewan di rumah. Mulai dari mengurangi stres hingga cegah alergi, yuk kita simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: Bikin Gemas! Moms, Begini Tahap Perkembangan Bayi 5 Bulan

Ragam manfaat memelihara hewan di rumah

Memelihara hewan kesayangan adalah hal yang paling menyenangkan. Tidak hanya sebagai teman bermain, ternyata memelihara hewan memberikan beberapa manfaat positif lho. Berikut manfaat memelihara hewan di rumah.

Menyehatkan tubuh

Ternyata merawat binatang peliharaan di rumah secara tidak langsung juga ikut memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Misalnya, memelihara binatang membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol yang merupakan salah satu faktor penyakit jantung.

Selain itu, bahwa ikatan batin yang kuat antara majikan dan peliharaan kesayangannya dapat menurunkan tensi darah tinggi akibat stres.

Mengurangi rasa kesepian

Rasa kesepian tidak boleh dianggap sepele. Jika dibiarkan, kesepian dapat berkembang menjadi depresi, penyakit jantung, hingga bahkan penyakit Alzheimer dan demensia di masa depan.

Jika memiliki hewan peliharaan, kamu tidak akan merasa kesepian lagi. Hal ini dikarenakan memelihara hewan juga bisa menjadi teman di rumah. Apalagi jika kamu menyayangi hewan dengan tulus, maka hewan tersebut juga akan menyayangi kamu.

Meredakan stres

Merawat hewan peliharaan sama saja seperti aktivitas menyenangkan untuk mengusir stres. Bermain bersama binatang peliharaan dapat secara langsung menurunkan kortisol sembari meningkatkan kadar hormon serotonin, oksitosin, dan dopamin dalam tubuh.

Membangun sikap bersosialisasi

Jika kita memelihara hewan peliharaan di rumah, kita akan menganggap hewan peliharaan itu merupakan bagian dari anggota keluarga yang menumbuhkan rasa kasih sayang kita. Perasaan seperti ini bisa memunculkan sikap peduli, empati, dan ikatan yang kuat.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dengan memelihara hewan di rumah dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap pilek dan penyakit ringan lainnya.

Faktanya, ada penelitan yang menunjukkan bahwa bayi yang hidup dengan anjing cenderung mengalami lebih sedikit infeksi dan biasanya lebih sehat daripada mereka yang tidak memelihara hewan.

Mencegah alergi

Ternyata memelihara anjing atau kucing justru berpotensi baik buat anak-anak yang tidak memiliki alergi. Hal ini dikarenakan kehadiran binatang piaraan membantu menguatkan sistem imun anak-anak tersebut karena mereka sudah terbiasa terpapar oleh alergen.

Membantu mengobati kanker

Anjing peliharaan ternyata memiliki kemampuan untuk mendeteksi perkembangan kanker usus tahap awal melalui sampel napas dan feses manusia. Terapi dampingan hewan peliharaan juga berpotensi membantu mempercepat penyembuhan kanker lho. 

Selain itu dengan bermain dengan binatang membantu mengurangi kelelahan dan rasa sakit yang sering dikeluhkan pasien kanker.

Baca Juga: Ekspresif dan Suka Ngoceh, Apa Saja Perkembangan Bayi 4 Bulan?

Manfaat memelihara hewan di rumah bagi anak-anak

Ada beberapa manfaat yang didapatkan dengan memelihara hewan untuk anak-anak, antara lain:

Membantu anak belajar

Sudah banyak para pendidik anak mengetahui bahwa memiliki anjing peliharaan dapat sangat membantu perkembangan belajar dari anak berkebutuhan khusus. Anak-anak juga paling santai saat berada di sekitar hewan, bukan manusia.

Mengajarkan anak akan rasa tanggung jawab dan kasih sayang

Dengan secara langsung dalam mengurus peliharaannya, anak akan menyadari bahwa hewan peliharaan, sama seperti manusia.

Di mana hewan peliharaan juga membutuhkan makanan, tempat tinggal, olahraga, dan cinta. Ini kemudian mengajarkannya pelajaran berharga tentang empati dan kasih sayang.

Membuat anak lebih percaya diri

Anak-anak yang memiliki hewan peliharaan di rumah memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan anak tersebut memiliki makhluk berkaki empat (atau berkaki dua) untuk dicintai dan yang balik mencintai mereka apa adanya.

Selain itu menganggap hewan peliharaan sebagai seorang teman curhat yang tidak pernah menghakimi sekaligus teman bermain dengan ketika tidak ada orang lain di sekitar.

Nah, jadi sekarang sudah tidak ragu kan untuk memelihara hewan peliharaan untuk dijadikan sahabat di rumah?

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. runwildmychild.com (2o19) diakses 18 Juni 2020. 20 Benefits of Raising Kids Around Animals. 18  Juni 2020 pukul 23.30.
  2. animalfriends.co.uk (2016) diakses 18 Juni 2020. 10 Benefits of Owning a Pet. 18 Juni 2020 pukul 23.oo.
    register-docotr