Info Sehat

6 Manfaat Ginseng Bagi Tubuh: Tambah Stamina hingga Turunkan Gula Darah

May 8, 2020 | Ajeng Annastasia | dr Tarash Burhanuddin
no-image

Ginseng dikenal menjadi salah satu tanaman herbal yang banyak dimanfaatkan, termasuk bagi kesehatan. Tahukah kamu apa saja manfaat ginseng bagi tubuh?

Ginseng sendiri merupakan akar tanaman yang secara karakteristik mengandung ginsenosides dan gintonin.

Tanaman ini dipercaya selama berabad-abad sebagai tanaman yang mengandung khasiat yang bermanfaat antara lain seperti meningkatkan kekebalan tubuh, menambah stamina, serta memperbaiki konsentrasi saat belajar.

Mendapatkan manfaat ginseng secara alami

Apa saja manfaat ginseng yang kamu tahu? Foto: Pixabay.com

Untuk mendapatkan khasiat terbaik dari ginseng, kamu dapat mengonsumsinya secara oral melalui suplemen ekstrak ginseng berbentuk pil, kapsul, serbuk, atau minuman cair dan minyak.

Selain itu, akar ginseng juga bisa dikonsumsi langsung, dikukus, atau direndam dan air rendamannya diminum seperti teh.

Ketenaran ginseng sebagai herbal alternatif yang bermanfaat bagi tubuh membuat ginseng cukup mudah didapat dalam berbagai bentuk.

Baca juga: Agar Kembali Percaya Diri, Begini Cara Menghilangkan Stretch Mark

Ragam manfaat ginseng bagi kesehatan tubuh

Ada beberapa manfaat ginseng bagi kesehatan yang bisa kamu dapat dengan mengonsumsinya secara tepat dan tidak berlebihan. Apa saja?

Mengandung antioksidan untuk meredakan peradangan

Ginseng bisa dikonsumsi dengan cara diseduh untuk mendapat manfaatnya. Foto: Pixabay.com

Ekstrak ginseng dan senyawa ginsenoside dapat meredam peradangan dan meningkatkan kapasitas antioksidan pada sel.

Salah satu riset dilakukan menggunakan ekstrak ginseng merah Korea terbukti mengurangi peradangan dan memperbaiki aktivitas antioksidan pada sel kulit penderita eksim.

Penelitian lainnya juga menemukan hasil yang signifikan terkait kemampuan ekstrak ginseng merah Korea untuk meredakan peradangan.

Meningkatkan fungsi kognitif

Ginseng bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak seperti ingatan, perilaku, mental dan mood.

Selain itu, pada penelitian yang dilakukan terhadap binatang, ditemukan kemampuan komponen pada ginseng seperti ginsenoside K mampu melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Ginseng juga menurut berbagai penelitian mampu memberikan dampak positif terhadap fungsi otak dan perilaku pada penderita Alzheimer.

Membantu mengatasi disfungsi ereksi

Ginseng memiliki kemampuan untuk mengurangi stres oksidatif pada jaringan dan meningkatkan produksi oksida nitrat dan melancarkan aliran darah pada otot penis.

Untuk itu, ginseng dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan untuk meredakan disfungsi ereksi pada pria.

Meningkatkan kekebalan tubuh

tiba-tiba demam
Yuk, jaga imun tubuh dengan konsumsi ginseng! Foto: Shutterstock.com

Ginseng berdasarkan berbagai penelitian terhadap penderita kanker perut yang menjalani operasi atau kemoterapi dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi gejala yang kerap muncul secara berulang setelah menjalani perawatan.

Selain itu, ginseng juga dapat mencegah penyakit kembali lagi hingga lima tahun setelah dilakukan pembedahan kuratif.

Pada jenis vaksinasi tertentu, ginseng juga ditengarai dapat meningkatkan efek, contohnya seperti pada vaksinasi influenza.

Baca juga: Mengenal Penyakit Kusta, Antara Mitos & Fakta

Manfaat ginseng untuk meningkatkan stamina

Ginseng dapat menekan kerusakan oksidatif dan meningkatkan produksi energi pada sel. Hal tersebut bermanfaat untuk melawan rasa lelah baik secara fisik maupun mental, menjaga stamina, dan meningkatkan aktivitas fisik.

Menurunkan gula darah

Ginseng bisa dimanfaatkan untuk bantu penurunan gula darah. Foto: Shutterstock.com

Ginseng dapat membantu mengontrol gula darah baik pada penderita diabetes maupun bukan. Kemampuan ginseng terbukti dapat memperbaiki fungsi sel pankreas, meningkatkan produksi insulin dan meningkatkan penyerapan gula darah pada jaringan.

Fermentasi ginseng merah yang terbentuk dengan bantuan bakteri hidup yang mengubah ginsenosides menjadi bentuk yang lebih mudah diserap dan ampuh bahkan dapat bekerja lebih efektif dalam membantu mengontrol gula darah.

Namun kamu perlu berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi ginseng, terutama jika sudah diberikan obat untuk penyakit gula yang ada.

Konsumsi sembarangan dikhawatirkan dapat memicu hipoglikemia.

Keajaiban lain dari akar ginseng juga sudah banyak diteliti. Salah satunya adalah memberikan perlindungan terhadap antioksidan dan menjaga kesehatan sel yang dapat mengurangi risiko terjadinya beberapa jenis kanker.

Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih terus dibutuhkan. Tidak hanya bagi pencegahan kanker, tapi juga untuk manfaat kesehatan lainnya.

Dengan demikian, bentuk pengaplikasian ginseng sebagai alternatif pengobatan atau pencegahan dapat diberikan secara lebih efektif.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

1. Ginseng Supplements. Diakses pada 12 Februari 2019. WebMD. https://www.webmd.com/diet/supplement-guide-ginseng#1.
2. Anti-inflammatory and Anti-oxidative Effects of Korean Red Ginseng Extract in Human Keratinocytes. Diakses pada 13 Desember 2019. NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21494373.
3. Effects of Panax ginseng supplementation on muscle damage and inflammation after uphill treadmill running in humans. Diakses pada 13 Desember 2019. NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21598413.
4. Ginseng for Cognition. Diakses pada 13 Desember 2019. NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21154383.
5. Neuroprotective effects of ginsenosides. Diakses pada 13 Desember 2019. NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17265697.
6. Heat-processed ginseng enhances the cognitive function in patients with moderately severe Alzheimer’sdisease. Diakses pada 13 Desember 2019. NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22780999.
7. Prospective Study for Korean Red Ginseng Extract as an Immune Modulator Following a Curative Gastric Resection in Patients with Advanced Gastric Cancer. Diakses pada 13 Desember 2019. Journal in Ginseng Research.
8. Prospective Study for Korean Red Ginseng Extract as an Immune Modulator following a Curative Surgery in Patients with Advanced Colon Cancer. Diakses pada 13 Desember 2019. Journal in Ginseng Research. https://www.researchgate.net/publication/264099368_Prospective_Study_for_Korean_Red_Ginseng_Extract_as_an_Immune_Modulator_following_a_Curative_Surgery_in_Patients_with_Advanced_Colon_Cancer.
9. Efficacy and safety of the standardised Ginseng extract G115 for potentiating vaccination against the influenza syndrome and protection against the common cold [corrected]. Diakses pada 13 Desember 2019. NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/8879982.
10. Antifatigue effects of Panax ginseng C.A. Meyer: a randomised, double-blind, placebo-controlled trial. Diakses pada 13 Desember 2019. NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23613825/.

    Berita Terkait
    register-docotr