Info Sehat

8 Manfaat Buah Kesemek: Baik untuk Jantung & Bantu Turunkan Berat Badan

March 16, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Buah persimmon, atau yang lebih dikenal dengan kesemek, adalah buah yang berasal dari Tiongkok, telah ditemukan ribuan tahun lalu. Memiliki rasa yang manis seperti madu, ada banyak manfaat buah kesemek yang bisa kamu dapatkan dengan rutin mengonsumsinya.

Lantas, apa saja manfaat buah kesemek untuk tubuh dan kesehatan? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Manfaat buah kesemek untuk kesehatan

Memiliki nama Latin Diospyros kaki, kesemek dapat memberi banyak kebaikan untuk tubuh. Tak hanya menjaga kesehatan, tetapi juga bisa membantu mencegah terjadinya beberapa penyakit. Berikut manfaat buah kesemek yang perlu kamu tahu:

1. Kaya nutrisi

Meski ukurannya kecil dan mungil, kesemek memiliki nutrisi beragam yang tentunya baik untuk tubuh. Satu buah kesemek dengan berat 168 g mempunyai kandungan:

  • Kalori: 118 kkal
  • Karbohidrat: 31 g
  • Protein: 1 g
  • Serat: 6 g
  • Vitamin A: 55 persen dari total kebutuhan harian
  • Kandungan Vitamin C: 22 persen dari total kebutuhan harian
  • Vitamin E: 6 persen dari total kebutuhan harian
  • Kandungan Vitamin K: 5 persen dari total kebutuhan harian
  • Vitamin B6: 8 persen dari total kebutuhan harian
  • Zat tembaga: 9 persen dari total kebutuhan harian
  • Zat mangan: 30 persen dari total kebutuhan harian

Tak hanya itu, seperti kebanyakan produk nabati, kesemek juga memiliki senyawa aktif seperti flavonoid, thiamin, riboflavin, tanin, dan karotenoid.

2. Menjaga kesehatan jantung

Banyak orang tak tahu bahwa kesemek bisa membantu kesehatan jantung. Manfaat buah kesemek yang satu ini tak lepas dari beragamnya antioksidan yang dimiliki, terutama flavonoid.

Menurut sebuah studi yang terbit di American Journal of Clinical Nutrition, orang yang rutin mengonsumsi makanan tinggi flavonoid berisiko 18 persen lebih rendah untuk memiliki penyakit jantung.

Senyawa tersebut dapat mendukung kesehatan jantung dengan cara menstabilkan tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

3. Mengatasi peradangan

Beberapa penyakit peradangan yang dialami banyak orang di antaranya adalah radang sendi, diabetes, dan kanker. Buah kesemek bisa membantu meredakan gejala gangguan kesehatan tersebut, karena membawa zat antiinflamasi di dalamnya.

Vitamin C pada kesemek bisa bereaksi untuk meringankan peradangan, didukung oleh antioksidan lain dengan fungsi serupa seperti karotenoid dan flavonoid.

Baca juga: Menakjubkan! Ini 7 Manfaat Nanas untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

4. Bantu jaga kesehatan mata

Manfaat buah kesemek berikutnya adalah mampu membantu menjaga kesehatan mata. Ini tak lepas dari vitamin A yang dimiliki, dengan kadar 55 persen dari total kebutuhan harian. Seperti diketahui, vitamin A merupakan nutrisi yang sangat baik untuk mata.

Selain mendukung penglihatan yang sehat, vitamin A dapat meminimalkan risiko beberapa gangguan seperti konjungtivitis dan degenerasi makula. Vitamin tersebut bekerja efektif mengoptimalkan fungsi dari kornea, retina, dan bagian lain pada mata.

5. Mencegah osteoporosis

Tak hanya buahnya, daun kesemek juga bisa memberi manfaat untuk tubuh, termasuk kesehatan tulang. Menurut sebuah penelitian, senyawa aktif seperti polisakarida yang dimiliki bisa menghambat reaksi tertentu pada tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan tulang.

Dengan begitu, tak hanya kekuatannya, kepadatan tulang akan ikut terjaga. Sehingga, risiko terkena pengeroposan atau yang lebih dikenal dengan osteoporosis bisa diminimalkan.

6. Baik untuk kesehatan otak

Salah satu manfaat buah kesemek yang jarang diketahui banyak orang adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan otak. Kesemek mengandung senyawa alami yang disebut fisetin, antioksidan yang bisa meningkatkan memori jangka panjang dan mencegah disfungsi saraf.

Tak hanya itu, menurut sebuah publikasi, fisetin juga dapat melindungi otak dari risiko penurunan kemampuan kognitif yang berhubungan dengan faktor usia.

7. Melancarkan sistem pencernaan

Jika kamu sering mengalami sembelit atau sulit buang air besar, tak ada salahnya untuk mulai rutin mengonsumsi kesemek. Kandungan serat pada kesemek bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, termasuk proses pembuangan zat sisa makanan.

Sebuah studi menjelaskan, serat bisa menjadi sumber makanan bagi bakteri baik di usus, sehingga mekanisme di dalamnya bisa berjalan optimal secara keseluruhan.

8. Bantu turunkan berat badan

Manfaat buah kesemek yang terakhir adalah bisa membantu menurunkan berat badan. Ini tak lepas dari rendahnya kalori yang dimiliki. Semakin sedikit kalori yang masuk, maka pembakarannya akan lebih mudah.

Peningkatan berat badan kerap dikaitkan dengan penumpukan kalori di dalam tubuh. Dikutip dari Live Science, penumpukan kalori bisa terjadi saat jumlah energi yang dibakar tak sebanding atau lebih sedikit dengan apa yang didapat dari makanan.

Nah, itulah beberapa manfaat buah kesemek untuk kesehatan yang perlu kamu tahu. Agar tubuh tetap bugar, imbangi juga dengan olahraga teratur, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 4 Maret 2021, Top 7 Health and Nutrition Benefits of Persimmon.
  2. Verywell Fit, diakses 4 Maret 2021, Persimmon Nutrition Facts and Health Benefits.
  3. Live Science, diakses 4 Maret 2021, Weight Gain: How Food Actually Puts on Pounds.
  4. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 4 Maret 2021, Dietary Fiber and the Human Gut Microbiota: Application of Evidence Mapping Methodology.
  5. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 4 Maret 2021, Flavonoid intake and cardiovascular disease mortality in a prospective cohort of US adults.
  6. MDPI, diakses 4 Maret 2021, Anti-Osteoporotic Effects of Polysaccharides Isolated from Persimmon Leaves via Osteoclastogenesis Inhibition.
  7. Liebert Pub, diakses 4 Maret 2021, Fisetin: A Dietary Antioxidant for Health Promotion.

    register-docotr