Info Sehat

Jari Tangan Bengkak dan Bernanah, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

January 10, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Jari tangan bengkak dan bernanah tiba-tiba? Biasanya ini terjadi karena infeksi kulit. Dalam istilah medis disebut juga dengan paronikia.

Tidak cuma terjadi di sekitar jari tangan, tapi juga mungkin terjadi di jari kaki. Apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya?

Penyebab jari tangan bengkak dan bernanah

Jari tangan bengkak dan bernanah adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri jenis Candida. Kondisi ini bisa muncul tiba-tiba, bisa bertahan hingga berminggu-minggu tapi ada juga yang berlangsung selama satu atau dua hari.

Bengkak dan bernanah di jari tangan atau kaki ini dapat diatasi dengan cepat. Tapi jika dibiarkan bisa menjadi kondisi yang lebih parah. Bahkan bisa menyebabkan kamu kehilangan kuku jari tangan atau kaki.

Dalam bahasa sehari-hari paronikia juga disebut dengan cantengan. Cantengan ini terbagi menjadi dua, yaitu akut dan kronis.

  • Cantengan akut: infeksi terjadi di jari, lebih tepatnya di sekitar kuku dan berkembang cepat. Bisa berawal karena kebiasaan menggigit kuku, manikur atau trauma lainnya. Ini terjadi bukan karena bakteri Candida, tetapi umumnya karena bakteri Staphylococcus dan Enterococcus.
  • Cantengan kronis: biasanya terjadi perlahan dan dapat berlangsung hingga beberapa minggu dan dapat berulang. Biasanya disebabkan oleh bakteri lain. Umumnya terjadi pada mereka yang bekerja di lingkungan yang basah.

Gejala paronikia yang umum terjadi

Meski ada dua jenis paronikia, tetapi keduanya memiliki gejala yang sama, yaitu:

  • Merah pada kulit di sekitar kuku
  • Kulit di sekitar jari menjadi lebih lunak
  • Ada lepuhan yang kemudian terisi nanah
  • Perubahan bentuk, warna dan tekstur pada kulit dan kuku

Bagaimana mengatasinya?

Umumnya kondisi tangan bengkak dan bernanah bisa diatasi di rumah. Jika masih dalam kondisi ringan, kamu bisa mengatasinya dengan cara merendam jari tangan yang bengkak dan bernanah di dalam air hangat beberapa kali dalam sehari dan keringkan setelahnya.

Merendam jari akan membantu jari bernanah mengering dengan sendirinya. Tapi jika kondisi tidak membaik, sebaiknya kamu memeriksakan diri ke dokter. Dilansir Medscape, perendaman dapat dilakukan 3 hingga 4 kali sehari.

Setelah pemeriksaan dokter mungkin akan meresepkan antibiotik jika infeksi dalam kondisi parah. Kamu juga mungkin akan diminta melakukan prosedur mengeluarkan nanah untuk mempercepat penyembuhan. Ini dilakukan juga dilakukan untuk menghindari penyebaran infeksi.

Jika mengalami paronikia kronis, selain diberikan resep obat antijamur seperti ketoconazole, itraconazole, atau fluconazole, dokter mungkin akan melakukan pengangkatan sebagian kuku. Kamu juga akan diberikan obat oles untuk memblokir peradangan.

Apakah jari tangan bengkak dan bernanah dapat dicegah?

Tidak ada cara pasti untuk mencegah paronikia. Tapi kamu bisa melakukan pencegahan secara umum seperti menjaga kebersihan jari tangan dan kaki. Kebersihan yang terjaga dapat mencegah bakteri masuk ke sela-sela kuku dan kulit jari.

Selain itu sebaiknya hindari kebiasaan menggigit jari dan lakukan menikur pedikur dengan hati-hati agar terhindar dari infeksi jari. Jika kamu bekerja di lingkungan yang lebih sering terkena air, usahakan untuk selalu mengeringkan jari tangan dan kaki setiap kali ada kesempatan.

Penyebab lain jari tangan bengkak

Selain paronikia, ada beberapa penyebab jari tangan bengkak, namun tidak semuanya membuat tangan bernanah. Berikut penyebab yang umum terjadi.

  • Deep space infection: Disebabkan oleh luka yang sangat dalam yang membuat bakteri mencapai jaringan terdalam di jari atau sekitar tangan. Penderita diabetes atau dengan sistem imun lemah lebih berisiko mengalaminya.
  • Whitlow herpetic: Disebabkan oleh virus herpes simpleks 1 atau 2, yang menjangkiti mulut dan area genital. Biasanya orang yang mengidap herpes menulari jarinya sendiri.
  • Selulitis: Tidak hanya terjadi di tangan tetapi bisa di berbagai anggota tubuh lain. Disebabkan oleh bakteri yang masuk melalui luka terbuka dan membuat infeksi menyebar.
  • Felon: Berawal dari luka tusuk yang kemudian membuat bakteri masuk dan menimbulkan infeksi di sekitar jari tangan.

Demikian ulasan penyebab dan mengatasi jari tangan yang bengkak dan bernanah. Semoga membantu untuk kamu yang mengalaminya.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan? Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Medscape, diakses 29 Desember 2020
Paronychia
Healthline, diakses 29 Desember 2020
Paronychia
Medical News Today, diakses 29 Desember 2020
What’s to know about finger infection?
Webmd, diakses 29 Desember 2020
Finger Infection

    register-docotr