Info Sehat

Jangan Takut Mandi Air Dingin, Ini Lho Manfaatnya untuk Kesehatan!

August 8, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Banyak orang memilih menggunakan air hangat untuk mandi pada pagi dan malam hari. Tapi sesungguhnya, ada banyak manfaat kesehatan dan mental yang bisa kamu dapat dari mandi air dingin, lho.

Terapi air atau disebut juga dengan hydrotherapy ini dikutip dari Healthline sudah digunakan selama berabad-abad untuk menyesuaikan tubuh dengan lingkungan yang keras. Sebagai hasilnya, tubuh menjadi lebih kuat dalam melawan stres.

Manfaat mandi air dingin untuk kesehatan

Berikut ini adalah manfaat mandi air dingin untuk kesehatan yang harus kamu ketahui:

Meningkatkan endorfin

Menurut data Riset Kesehatan Dasar 2018, prevalensi depresi pada penduduk umur 15 tahun mencapai 6,1 persen. Dari jumlah tersebut, hanya 9 persen saja penderita depresi yang minum obat atau menjalani pengobatan medis.

Jika kamu mulai merasa depresi, cobalah untuk mandi air dingin. Karena salah satu manfaat air dingin adalah mengirimkan banyak sinyal elektrik ke otak sehingga menyentak sistem tubuh untuk meningkatkan kewaspadaan dan level energi.

Mandi air dingin juga bisa melepaskan endorfin, yang merupakan hormon kebahagiaan. Hal ini berdampak pada peningkatan optimisme dan kesehatan secara keseluruhan.

Salah satu uji klinis yang dilakukan pada 2007 bahkan menemukan manfaat mandi air dingin dalam meredakan gejala depresi. Peneliti menulis jika efek tersebut muncul saat mandi dengan air dingin selama 5 menit yang dilakukan 2 hingga 3 kali seminggu.

Meningkatkan sistem imun

Sebuah jurnal yang diterbitkan pada tahun 2015 menemukan bahwa jika orang yang mandi air dingin memiliki peluang izin kerja karena sakit 29 persen lebih kecil. Penelitian dalam jurnal itu melibatkan 3.018 responden.

Peneliti berkesimpulan mandi air dingin membuat responden terlihat lebih sehat atau sakit yang mereka derita tidak terasa parah sehingga tidak mengganggu aktivitas. Akan tetapi para peneliti tidak dapat membedakan efek mandi air dingin berdasarkan durasinya.

Hal itu membuat mereka berkesimpulan bahwa air dingin ini dapat meningkatkan imun sistem seseorang berapapun durasi mandinya.

Meningkatkan metabolisme

Selama ini lemak selalu dikaitkan dengan obesitas dan penyakit jantung, tapi faktanya, kita terlahir dengan lemak cokelat, lho. Sebuah penelitian menemukan jika lemak cokelat ini ternyata berperan penting terhadap kesehatan orang dewasa.

Kondisi lemak cokelat yang sehat ini juga menunjukan lemak putih dalam kondisi baik. Dan lemak cokelat ini dipengaruhi oleh paparan dari suhu yang dingin.

Meskipun demikian, kamu yang mengalami obesitas tidak bisa langsung mandi air dingin begitu saja untuk mengurangi berat badan tanpa mengubah gaya hidup. Justru mandi air dingin yang dilakukan 2 atau 3 kali seminggu dianggap dapat meningkatkan metabolisme.

Sebuah penelitian lain yang dilakukan pada 2014 menunjukan jika air dingin dapat menyeimbangkan beberapa level hormon dan menyembuhkan sistem pencernaan yang bermasalah. Efek inilah yang dipercaya sebagai kemampuan air dingin menurunkan berat badan.

Pendinginan yang baik setelah olahraga

Dalam dunia olahraga, terapis selalu menyarankan agar para atlet mandi air dingin untuk mengurangi panas yang berlebihan dan mengurangi inflamasi. 

Hal itu didukung oleh penelitian pada tahun 2016 yang menemukan manfaat mandi air dingin untuk menurunkan hipertermia.

Melawan gejala-gejala penyakit umum

‘Kejutan’ air dingin dapat menstimulasi leukosit yang merupakan bagian penting dalam melawan infeksi di dalam tubuh. Ini berarti mandi air dingin dapat membantu tubuh untuk lebih kebal terhadap penyakit yang umum seperti pilek dan flu.

Mengurangi nyeri

Berdasarkan sebuah artikel dalam North American Journal of Medical Science, aplikasi air dingin dapat memberikan efek seperti anestesi untuk mengurangi nyeri.

Paparan air dingin juga dikatakan dapat mengerutkan pembuluh darah. Alhasil, kondisi ini dapat menurunkan pembengkakan dan edema yang terjadi yang membuat nyeri.

Air dingin juga dapat melambatkan sinyal dari saraf ke otak. Ini berarti, mandi air dingin dapat membantu kamu untuk mengurangi sinyal-sinyal saraf ke otak yang memberi tahu adanya rasa sakit sehingga sensasi sakit itu akan tidak terasa.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline.com (2017) diakses 05 Agustus 2020. https://www.healthline.com/health/cold-shower-benefits
  2. Medicalnewstoday.com (2019) diakses 05 Agustus 2020. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325725
  3. Kesmas.kemkes.go.id (2018) diakses 05 Agustus 2020. https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_519d41d8cd98f00/files/Hasil-riskesdas-2018_1274.pdf
  4. Nejm.org (2009) diakses 05 Agustus 2020. https://www.nejm.org/doi/full/10.1056/NEJMoa0810780
  5. Ncbi.nlm.nih.gov (2014) diakses 05 Agustus 2020. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4049052/
  6. Ncbi.nlm.nih.gov (2007) diakses 05 Agustus 2020. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2211456/
  7. Ncbi.nlm.nih.gov (2016) diakses 05 Agustus 2020. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5025014/
  8. Sciencedirect.com (2007) diakses 05 Agustus 2020. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S030698770700566X
  9. Meridian.allenpress.com (2016) diakses 05 Agustus 2020. https://meridian.allenpress.com/jat/article/51/3/252/112717/Physiologic-and-Perceptual-Responses-to-Cold
    Berita Terkait
    register-docotr