Info Sehat

Jangan Disepelekan, Ini Penyakit yang Bisa Ditimbulkan Lalat Hijau!

May 19, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Lalat hijau (Chrysomya megacephala) banyak ditemukan di rumah-rumah hingga tempat yang kebersihannya kurang baik. Hewan ini termasuk salah satu pembawa berbagai jenis penyakit.

Di ekosistem, lalat berperan dalam proses pembusukan, sebagai predator, parasit pada serangga hingga ada beberapa jenis lalat yang memengaruhi kesehatan masyarakat. Itu sebabnya lalat bisa merupakan satu vektor penyakit yang mudah ditemui.

Baca juga: Cara Mengusir Lalat dari Makanan Tanpa Bahan Berbahaya & Aman bagi Kesehatan

Apa saja penyakit yang bisa disebabkan lalat hijau?

Dari beberapa penelitian, berikut ini adalah penyakit-penyakit yang bisa disebabkan oleh lalat hijau:

Diare

World Gastroenterology Organisation mencatat 2 miliar kasus diare terjadi di seluruh dunia setiap tahunnya. Sedangkan Center for Disease Control and Prevention (CDC) menyebut sekitar 1,9 juta anak-anak di bawah 5 tahun meninggal karena penyakit ini.

Ketika mengalami diare, kotoran menjadi tidak normal atau lebih mirip cairan. Penyakit ini terjadi dengan tingkat keparahan yang beragam, mulai dari ringan, sedang hingga membahayakan nyawa, lho!

Diare kebanyakan disebabkan oleh bakteri, virus atau parasit. Nah, salah satu parasit usus penyebab diare, Balantidium coli, dapat dibawa oleh lalat hijau.

Hal ini disebutkan dalam penelitian yang diterbitkan Jurnal Analis Medika Bio Sains. Penelitian tersebut mengkaji 16 lalat hijau dan 16 lalat rumah yang ditemukan di 4 pasar di Kota Mataram.

Baca juga: Beda Gastroenteritis dan Diare: Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Myiasis

Myiasis merupakan infeksi jaringan tubuh yang disebabkan oleh maggot atau larva lalat. Ada beberapa cara agar larva ini bisa masuk ke dalam tubuh, berikut penjelasannya:

  • Lalat akan menaruh telur di sekitar luka atau koreng yang ada di tubuh manusia. Larva yang menetas kemudian akan masuk ke dalam kulit
  • Beberapa lalat akan menempelkan telur mereka ke nyamuk, jenis lalat lain atau tungau dan kemudian serangga pembawa telur ini akan menggigit manusia sehingga larva tersebut masuk melalui luka gigitan

Bengkak atau benjol akan muncul di jaringan yang ditumbuhi oleh larva lalat ini. Meskipun larva di dalam kulit bisa bergerak bebas, tapi pada kebanyakan kasus larva tetap tinggal dan tidak bergerak ke berbagai penjuru tubuh.

Penyakit ini bisa dibawa oleh lalat hijau, lho! Sebuah penelitian di Thailand melaporkan kasus ini. Dalam laporannya, peneliti menyebut kondisi ini menimpa pasien wanita berusia 53 tahun dan larva lalat tersebut masuk melalui tumor di kaki kanan bagian bawah.

Membawa berbagai bakteri

Sebuah penelitian dari University of Campinas, Pennsylvania State University dan Nanyang Technological University menyebut lalat hijau mengandung berbagai bakteri penyebab penyakit serius. 

Penelitian yang dipresentasikan dalam acara Advanced Topics in Genomics and Cell Biology tersebut mencatat daftar bakteri sebagai berikut:

  • Yersinia pestis yang menyebabkan bubonic plague
  • Helicobacter pylori penyebab gastritis, tukak lambung hingga kanker usus

Selain itu, ada beberapa spesies juga yang menyebabkan penyakit seperti gastroenteritis, pneumonia dan infeksi di kandung kemih.

Cara mengusir lalat hijau dari rumah

Populasi lalat hijau dapat dikontrol supaya tidak terlalu banyak di rumah dengan cara sebagai berikut:

Merubah kebiasaan

Patogen yang ditemukan pada lalat hijau rumahan lebih banyak ketimbang jenis lingkungan yang lain. Oleh karena itu, kamu harus mengubah beberapa kebiasaan supaya lalat ini tidak terlalu banyak membawa penyakit yang berbahaya.

Salah satu cara terbaik adalah menyingkirkan kotoran-kotoran yang ada di sekitar rumah yang bisa jadi tempat lalat ini menaruh telur mereka. Kotoran ini bisa berupa sisa makanan atau kotoran hewan peliharaan.

Karena itu rajin-rajinlah membersihkan rumah. Kamu bisa membersihkan rumah setidaknya satu minggu sekali dan jangan biarkan tempat sampah terbuka dan menarik perhatian lalat.

Menggunakan insektisida

Menggunakan insektisida merupakan cara efektif untuk mengontrol lalat hijau di rumah. Gunakanlah semprotan anti serangga yang mengandung pyrethrins.

Insektisida dapat ditemukan di supermarket atau toko peralatan rumah tangga di sekitar kamu, sehingga tidak akan terlalu sulit untuk dicari.

Demikianlah berbagai penyakit dan cara mengontrol lalat hijau yang perlu kamu ketahui. Selalu praktikkan gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit yang membahayakan, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr