Info Sehat

Fungsi Lambung Selain Tempat Menyimpan Makanan, Ini yang Perlu Kamu Ketahui

June 25, 2020 | Husni Efendi | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Lambung merupakan salah satu organ penting yang terletak di bagian perut atas, tepatnya sebelah kiri. Fungsi lambung paling umum diketahui adalah sebagai tempat makanan dicerna. Lambung terletak di bagian perut atas, tepatnya sebelah kiri.

Selain memiliki peran dalam pencernaan, lambung juga menghasilkan enzim yang akan membuat pencernaan menjadi lebih mudah dan lancar. Namun, lebih dari itu, lambung juga menjalankan banyak mekanisme penting lainnya bagi tubuh.

Beberapa fungsi lambung

1. Tempat menyimpan makanan

Makanan yang kamu konsumsi dan masuk ke dalam mulut akan melewati tenggorokan dan kerongkongan saat ditelan. Makanan yang masuk akan disimpan sementara, sekitar dua jam atau lebih di dalam lambung.

Tapi berapa lama makanan berada di lambung ditentukan oleh banyak hal, misalnya saja jenis makanan. Jika yang banyak dikonsumsi adalah karbohidrat, akan lebih singkat berada di lambung, sedangkan makanan yang tinggi protein bisa bertahan lebih lama.

2. Tempat memroses makanan

Fungsi lambung selanjutnya adalah untuk mencerna makanan, dalam proses pencernaan makanan yang masuk dari mulut akan menuju ke esofagus, kemudian menuju lambung. Pada saat itulah proses pencernaan lambung dimulai.

Pemroresan makanan dibantu oleh otot-otot dinding lambung, cara kerjanya adalah seperti mengaduk dan mencampur makanan dengan getah lambung. Setelah kurang lebih 3 jam, makanan akan menjadi seperti bubur.

Proses pencernaan makanan dibantu oleh enzim-enzim yang disekresikan oleh kelenjar dinding lambung. Enzim ini terdiri dari pepsin, lipase dan asam klorida, enzim-enzim inilah yang berfungsi memecah karbohidrat, protein dan lemak menjadi molekul yang lebih kecil.

Setelah proses tersebut selesai, protein dan lemak yang berubah menjadi molekul tersebut akan diserap usus, dan masuk ke dalam darah. Barulah setelah seluruh proses tadi selesai, makanan yang diproses lambung bisa berubah menjadi energi untuk tubuh.

3. Menyingkirkan zat-zat berbahaya

Lambung menghasilkan asam yang disebut asam hidroklorik, fungsinya selain membantu memecah makanan yang masuk ke tubuh. Asam ini juga akan menyingkirkan zat-zat berbahaya yang terkandung di dalam makanan yang masuk.

4. Menyerap zat yang baik untuk tubuh

Selain enzim dan asam, lambung juga memproduksi zat lain yang akan mempermudah tubuh untuk menyerap zat-zat yang baik untuk kesehatan, seperti vitamin B12.

Vitamin B12 sangat penting untuk tubuh, di antaranya untuk pembentukan sel darah merah, membantu proses pembentukan DNA, dan menjaga sistem saraf.

Baca juga: Coba Redakan Sakit Maag dengan 5 Makanan Berikut

Bagian-bagian penting dari lambung

Fungsi lambung
Bagian-bagian lambung. Sumber Foto: WebMD.com

Setelah mengetahui fungsi lambung yang menjadi salah satu bagian vital di dalam tubuh, mengetahui bagian-bagiannya juga tidak kalah penting. Berikut bagian-bagian penting dari lambung:

1. Kardiak

Kardiak adalah bagian ujung lambung teratas yang berhubungan langsung dengan esofagus, kardiak menjadi tempat pertama masuknya makanan setelah dari kerongkongan.

Pada ujung lambung ini terdapat cincin otot yang berfungsi sebagai klep, fungsinya untuk mencegah makanan yang sudah masuk ke lambung kembali naik ke kerongkongan.

2. Fundus

Setelah memasuki kardiak, makanan kemudian disalurkan menuju fundus. Fundus adalah area yang berbentuk lengkungan di bagian atas lambung dan terletak di bawah diafragma.

Bagian lambung yang satu ini menjadi tempat makanan mulai mengalami proses pencernaan.

3. Badan lambung

Badan lambung adalah bagian dari anatomi lambung yang paling penting, karena badan lambung menjadi tempat makanan dicerna dan diproses. Yang kemudian menjadi bentuk kecil-kecil dengan bantuan enzim lambung.

4. Antrum

Antrum adalah bagian terbawah dari lambung, terkadang disebut juga dengan antrum pilorus. Antrum memiliki fungsi sebagai tempat menampung makanan yang sudah dicerna sebelum disalurkan menuju usus halus.

5. Pilorus

Pilorus adalah anatomi lambung paling akhir yang terhubung langsung dengan usus halus. Pada pilorus terdapat sfingter pilorus, yaitu cincin otot tebal yang berfungsi sebagai katup yang mengatur keluarnya makanan dari lambung.

Bagian tersebut berfungsi untuk mencegah makanan supaya tidak kembali ke lambung.

Cara menjaga fungsi lambung

Mengingat fungsi lambung yang penting untuk tubuh, menerapkan gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan lambung perlu kamu lakukan, beberapa di antaranya:

  • Mengunyah makanan sampai teksturnya halus, bertujuan untuk membantu kerja lambung supaya tidak terlalu keras bekerja.
  • Memperbanyak konsumsi buah dan sayuran kaya serat, kurangi makanan dengan kadar lemak yang tinggi.
  • Batasi konsumsi minuman berkarbonasi, juga jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas atau asam.
  • Banyak minum air putih, setidaknya 8 gelas sehari atau sesuai aktivitas.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

– WebMD.com, Picture of the Stomach, diakses 22 Juni 2020

https://www.webmd.com/digestive-disorders/picture-of-the-stomach#1

 

– Livescience.com, Stomach: Facts, Functions & Diseases, diakses 22 Juni 2020

https://www.livescience.com/52046-stomach-facts-functions-diseases.html

 

– Ncbi.nlm.nih.gov, How does the stomach work? diakses 22 Juni 2020

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK279304/

 

– Healthline.com, Cross Section of the Stomach Diagram & Function, diakses 22 Juni 2020   https://www.healthline.com/human-body-maps/stomach-cross-section#1

 

– Integrativepro.com, HOW TO PROTECT DIGESTIVE HEALTH AND THE STOMACH’S BARRIER, diakses 22 Juni 2020

https://www.integrativepro.com/Resources/Integrative-Blog/2016/How-to-Protect-Digestive-Health

    register-docotr