Info Sehat

Efek Samping Minum Kopi Berlebihan: Cemas, Gugup dan Insomnia

August 4, 2020 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Kopi memang nikmat dan menjadi minuman andalan banyak orang. Namun jika dikonsumsi berlebihan, efek samping minum kopi justru bisa timbul dan membahayakan kesehatan.

Apa saja ya efek samping minum kopi terlalu banyak? Berikut ulasan lengkapnya untuk kamu:

Efek samping minum kopi berlebihan

Kopi memang memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Sebagian besar jenis kopi mengandung kafein, zat yang dapat meningkatkan mood, metabolisme, dan kinerja mental serta fisik.

Namun perlu kamu ketahui bahwa hal itu akan tetap aman untuk dikonsumsi, jika kamu minum kopi dalam batas yang wajar dan tidak terlalu berlebihan.

Ketika kopi dikonsumsi secara berlebihan, kandungan kafein dosis tinggi yang ada di dalamnya justru berisiko menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Berikut ini beberapa efek samping minum kopi seperi dikutip dari Healthline:

1. Merasa cemas dan gugup terus-menerus

Kafein dikenal dapat meningkatkan kewaspadaan pada seseorang. Hal itu karena cara bekerja kafein dengan memblokir efek adenosin, yaitu zat kimia pada otak yang membuat kamu merasa lelah. 

Namun pada dosis yang lebih tinggi, efek ini dapat menjadi lebih jelas, yang menyebabkan kecemasan dan kegugupan.

2. Insomnia

Kopi memang memiliki manfaat yang ampuh membuat seseorang tetap terjaga. Di sisi lain, terlalu banyak kafein juga dapat menyulitkan kamu untuk mendapatkan tidur yang cukup dan nyenyak. 

Baca juga: Kopi Instan VS Kopi Seduh, Mana Lebih Sehat?

3. Masalah pencernaan

Banyak orang mengonsumsi secangkir kopi di pagi hari untuk membantu perut mereka bekerja dengan baik.

Hal itu karena efek pencahar kopi melepaskan gastrin yaitu hormon yang diproduksi lambung untuk mempercepat aktivitas di usus besar. Terlebih lagi, kopi tanpa kafein telah terbukti menghasilkan respons yang sama. 

Namun, kafein sendiri tampaknya juga merangsang gerakan usus dengan meningkatkan gerak peristaltik yaitu kontraksi yang memindahkan makanan melalui saluran pencernaan.

Mengingat efek samping dari kafein tersebut, tidak mengherankan bahwa dosis besar kafein dapat menyebabkan buang air besar atau bahkan diare pada sebagian orang.

Di sisi lain, beberapa penelitian yang dilansir dari Healthline menunjukkan bahwa minuman berkafein dapat memperburuk penyakit gastroesophageal reflux (GERD) pada beberapa orang.

4. Kerusakan otot

Rhabdomyolysis adalah kondisi yang sangat serius di mana serat otot rusak dan juga memasuki aliran darah. Hal itu dapat menyebabkan gagal ginjal dan masalah kesehatan lainnya.

Penyebab umum rhabdomyolysis diakibatkan oleh trauma, infeksi, penyalahgunaan obat, ketegangan otot dan gigitan ular atau serangga beracun.

Selain itu, ada beberapa laporan kasus rhabdomyolysis terkait dengan asupan kafein yang berlebihan, meskipun ini relatif jarang terjadi.

Penting untuk diketahui bahwa mengonsumsi kafein dengan dosis besar dalam waktu singkat bisa berbahaya, terutama bagi seseorang yang tidak terbiasa atau sangat peka terhadap efek kafein.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline.com (2017) diakses 30 Juli 2020 . 9 Side Effects of Too Much Caffeine
  2. Webmd.com (2020) diakses 30 Juli 2020. COFFEE
  3. Rxlist.com (2019) diakses 30 Juli 2020. COFFEE
  4. Nutritionadvance.com (2019) diakses 30 Juli 2020. 9 Negative Side Effects of Coffee: It’s Not Healthy For Everyone 
    register-docotr