Info Sehat

Waspada! Ternyata Daun Kelor Memiliki Efek Samping Berbahaya

April 27, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Meski baik untuk tubuh, ternyata ada efek samping daun kelor yang bisa membahayakan kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Simak ulasannya yuk!

Sudah bukan rahasia lagi, daun kelor memiliki banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan tubuh kamu. Daun kelor sering digunakan sebagai bahan ramuan tradisional yang dipercaya untuk mengatasi berbagai penyakit.

Apa saja efek samping daun kelor yang membahayakan kesehatan?

Daun kelor yang memiliki sejuta manfaat baik untuk tubuh, ternyata bisa membahayakan tubuh kamu loh. Agar lebih waspada dan hati-hati mengonsumsinya, inilah beberapa efek samping daun kelor:

  1. Hindari Bagian Akar

Hati-hati mengonsumsi bagian akar ini, sebaiknya para ibu hamil jangan mongonsumsi akar dari daun kelor. Hal ini dapat menyebabkan rahim ibu hamil mengalami kontraksi bahkan dapat menyebabkan keguguran.

Para peneliti juga sudah membuktikan kebenaran akan hal ini loh, jadi tetap waspada ya bumil!

  • Diare

Meski daun kelor dipercaya dapat mengatasi masalah sembelit, ternyata hal ini dapat menjadi hal yang membahayakan bagi tubuh kamu jika salah menggunakannya.

Sebelum mengonsumsi daun kelor, sebaiknya kamu menghindari makanan yang mengandung zat pencahar lainnya seperti papaya, agar-agar, dll).

  • Hipoglikemia

Mungkin banyak yang belum mengetahui masalah kesehatan yang satu ini. Hipoglikemia terjadi ketika kadar gula darah di bawah kondisi normal.

Jika kadar gula darah kamu sudah rendah, sebaiknya hindari mengonsumsi daun kelor. Karena daun kelor dipercaya dapat menurukan tekanan darah.

  • Kerusakan organ dalam tubuh

Sudah kita ketahui bahwa segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik untuk tubuh. Jika kamu mengonsumsi daun kelor secara jangka panjang, hal ini dapat mengakibatkan kerusakan hati dan ginjal.

Sebaiknya sebelum mengambil keputusan ini, kamu konsultasikan ke dokter yang lebih tahu bagaimana cara mengonsumsinya.

  • Kurang baik untuk ibu menyusui

Memang jika daun kelor dikonsumsi dengan cukup dan beberapa hari saja dipercaya dapat melancarkan ASI. Tetapi patut digali lebih lagi apakah hal ini benar efektik dapat melancarkan ASI, karena hingga saat ini belum ada informasi yang akirat mengenai kebenaran hal tersebut.

Apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan?

Sudah banyak yang mengetahui jika daun kelor memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita. Berikut beberapa manfaat daun kelor yang bisa kamu gunakan untuk kesehatan:

  1. Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi

Antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh kita dari radikal bebas yang sangat berbahaya. Daun kelor memiliki kandungan antioksidan tinggi yang baik untuk tabuh kamu.

Dengan mengonsumsi daun kelor, kamu dapat menetralisir radikal bebas, menghindari berbagai penyakit seperti diabetes dan jantung.

  • Memiliki kandungan nutrisi yang lengkap

Daun kelor merupakan sumber energi yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh kamu. Jika kamu mengonsumsi daun kelor dengan kadar yang cukup, kamu dapat memenuhi asupan vitamin dan mineral yang kamu butuhkan setiap harinya.

  • Bisa menurunkan kadar gula darah

Biasanya para penderita diabetes menggunakan daun kelor untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Kandungan vitamin A, C, E, dan asam askorbat yang ada di daun kelor dapat membantu para penderita diabetes untuk menurukan kadar gula darah.

  • Bisa nenurunkan kolesterol 

Selain itu, manfaat lain yang bisa didapatkan dari daun kelor ini dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Kandungan B-sitosterol yang ada di daun kelor dapat menurunkan kolesterol jahat yang ada di tubuh kamu.

Sudah kita ketahui, bahwa kolesterol dapat menyebabkan penyakit jantung yang berbahaya.

Pada kenyataannya, di zaman sekarang ini tidak hanya orang tua saja yang terkena penyakit kolesterol, tetapi banyak juga ada muda  yang terkena penyakit ini. Kebiasaan dan gaya hidup yang kurang disiplin yang dapat menimbulkan berbagai penyakit salah satunya kolesterol.

Agar tubuh kita terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, kita harus hidup disipin dan menerapkan gaya hidup sehat sehari-hari. Banyak cara yang dapat dilakukan, seperti mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, rajin olahraga, dan memiliki pikiran yang positif. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. webmd.com diakses 27 April 2020. Health Benefits of Moringa. Diakses 22 April 2020 pukul 19.00.
  2. healthline.com (2018) diakses 27 April 2020. 6 Science-Based Health Benefits of Moringa Oleifera. Diakses 22 April 2020 pukul 19.10.
  3. organiclessons.com (2020) diakses 27 April 2020. 5 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya. Diakses 22 April 2020 pukul 19.20.
    Berita Terkait
    register-docotr