Info Sehat

Jangan Panik! Begini Cara Menolong Orang Kesetrum Listrik yang Aman dan Tak Membahayakan Diri Sendiri

August 28, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Kesetrum atau tersengat aliran listrik adalah sebuah kondisi gawat yang sering membuat panik. Kamu perlu mengetahui cara menolong orang kesetrum listrik agar tidak gegabah memberikan bantuan dan tak membahayakan kamu yang berniat menolong.

Sebelum mengetahui bagaimana cara menolong orang yang tersengat aliran listrik, sebaiknya perlu diketahui apa saja yang menjadi faktor penyebabnya.

Apa yang menyebabkan seseorang kesetrum listrik?

Sengatan listrik yang masuk ke tubuh dapat menimbulkan kerusakan pada organ tubuh bahkan kematian. Kesetrum listrik terjadi ketika seseorang berhubungan langsung dengan sumber listrik. Kesetrum juga terjadi saat arus listrik menyentuh atau mengalir melalui tubuh.

Selain itu, seseorang mungkin terkena sengatan listrik dari perangkat elektronik yang rusak. Sengatan listrik terjadi ketika arus listrik mengalir dari stop kontak listrik ke bagian tubuh.

Berikut beberapa benda yang dapat menyebabkan kesetrum listrik:

  • Alat elektronik rusak dengan kabel terbuka.
  • Korsleting listrik.
  • Petir.

Bahaya kesetrum listrik

Bahaya kesetrum listrik yang dialami seseorang tergantung dari seberapa besar arus listrk. Selain itu, hal lainnya yang juga mempengaruhi adalah jenis arus listrik, dan lama kontak dengan sumber listrik.

Sengatan listrik dengan arus di atas 500 volt dapat berdampak permanen pada kesehatan. Dampak atau bahaya kesetrum listrik, antara lain:

1. Luka bakar permanen

Luka bakar yang parah dapat meninggalkan bekas luka permanen. Seperti kita ketahui, luka bakar umumnya pulih dalam waktu relatif lama.

Selain menyakitkan, luka bakar permanen juga sangat mengganggu karena meninggalkan bekas di permukaan kulit.

2. Risiko katarak

Jika arus listrik melewati mata, orang yang mengalami kesetrum bisa menderita katarak

Risiko ini umumnya terjadi dalam kasus kesetrum listrik dengan tegangan tinggi dan durasi waktu cukup lama. 

3. Cedera organ dalam tubuh

Guncangan yang diakibatkan kesetrum juga dapat menyebabkan cedera pada bagian organ dalam tubuh. Karena tidak terlihat, cedera ini bisa menyebabkan rasa sakit berkepanjangan.

Hampir setiap orang pernah mengalami kesetrum listrik dan berisiko menimbulkan efek bagi kesehatan. Itulah mengapa penting untuk memahami cara menolong orang kesetrum listrik.

Cara menolong orang kesetrum listrik

Kesetrum listrik terjadi ketika seseorang bersentuhan dengan sumber energi listrik. Aliran listrik kemudian mengalir melalui bagian tubuh yang menyebabkan getaran.

Jika orang lain mengalami kesetrum listrik, ingatlah untuk membantu mereka dan menjaga diri kamu tetap aman. Berikut cara menolong orang kesetrum listrik yang bisa kamu lakukan:

1. Jangan menyentuh korban yang kesetrum listrik

Jika seseorang yang mengalami kesetrum listrik masih bersentuhan dengan sumber listrik, jangan sentuh dia. Jika kamu mencoba menyentuhnya, aliran listrik akan mengalir ke tubuhmu dan pastinya kamu juga akan kesetrum.

Hal ini karena manusia adalah penghantar listrik yang baik, atau juga dikenal dengan konduktor.

Jika ingin menolong korban sengatan listrik pastikan tubuh dalam keadaan kering dan menggunakan sepatu, serta sarung tangan berbahan karet. Bahan karet adalah penghantar listrik yang buruk, sehingga bisa menghindarkan kamu dari kesetrum.

2. Matikan aliran listrik

Jika memungkinkan, matikan sumber aliran listrik. Cara ini dapat membuat sengatan listrik pada tubuh seseorang berhenti dengan cepat.

3. Jauhkan korban dengan sumber listrik

Saat mematikan aliran listrik tidak memungkinkan, dorong atau jauhkan orang yang mengalami kesetrum dengan kayu.

Kamu juga bisa menggunakan benda lainnya yang bersifat non-konduktor atau tidak menghantarkan listrik. Jangan gunakan benda apapun dalam keadaan basah dan benda berbahan dasar logam.

4. Minta pertolongan orang sekitar

Jika korban mengalami kesetrum listrik bertegangan tinggi, segeralah minta pertolongan orang sekitar. 

Jika tidak memungkinkan, hubungi layanan darurat. Ceritakan bahwa seseorang di dekatmu sedang kesetrum listrik dan butuh pertolongan segera.

Efek sengatan listrik berkisar dari tidak ada sama sekali hingga cedera parah dan kematian. Meskipun begitu, siapa pun yang mengalami sengatan tegangan tinggi harus segera mendapat penanganan medis.

5. Periksa kondisi korban

Ini adalah cara menolong orang kesetrum listrik setelah ia terlepas dari sumber listrik. Meski situasi seperti ini terlihat cukup aman, kamu harus memeriksa kondisi korban.

Pertama, periksa kondisi pernapasannya. Jika perlu, beri dia napas buatan.

Bila orang tersebut menunjukkan tanda-tanda syok, pingsan atau sangat pucat, angkat sedikit kakinya. Atau jika kondisi fisiknya terlihat parah, segeralah bawa dia ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan medis.

6. Obati luka bakar pada korban

Kesetrum dalam waktu yang cukup lama mungkin akan menimbulkan luka bakar. Yang harus kamu lakukan adalah memberi pertolongan pertama pada luka bakar korban.

Tutupi luka bakar dengan kain kasa steril. Jangan gunakan perban kering atau apapun yang mungkin menempel pada luka bakar.

Kejadian kesetrum listrik sangat banyak dan berisiko menimbulkan efek bagi kesehatan. Itulah mengapa penting untuk memahami cara menolong orang kesetrum listrik.

Sumber listrik bisa bahaya jika tidak dipergunakan dengan benar, alangkah lebih baiknya jika kamu mencegah terjadinya sengatan listrik dengan menggunakan alat-alat listrik yang aman dan jauhkan dari anak-anak.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Web MD (2020). Diakses pada 25 Agustus 2020. Electric Shock

Medical News Today (2020). Diakses pada 25 Agustus 2020. What to know about an electric shock

Healthline (2018). Diakses pada 25 Agustus 2020. First Aid 101: Electric Shocks

    register-docotr