Info Sehat

Faktor-faktor Penyebab Gigi Hitam dan Cara Tepat Menghilangkannya

January 29, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Perubahan warna pada gigi menjadi hitam bisa menurunkan rasa percaya diri, terutama jika kamu harus berkomunikasi dengan banyak orang. Tak perlu cemas, ada beberapa cara menghilangkan gigi hitam yang bisa dilakukan.

Lantas, apa saja faktor yang dapat memicu gigi menjadi hitam? Bagaimana cara mengatasinya? Apakah bisa dicegah? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Penyebab gigi menghitam

Secara umum, penyebab gigi menghitam dibedakan menjadi dua, yaitu intrinsik dan ekstrinsik. Penyebab intrinsik adalah perubahan warna yang disebabkan oleh kerusakan dari dalam gigi. Sedangkan penyebab ekstrinsik dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari luar gigi.

Berikut beberapa hal yang bisa memicu gigi menjadi menghitam:

Efek samping obat

Obat-obatan bisa membuat warna gigi berubah menjadi lebih gelap, terutama pada anak-anak. Antibiotik tetrasiklin dan doksisiklin misalnya, dapat memengaruhi dan berdampak pada enamel atau lapisan terluar gigi.

Selain itu, obat kumur dan pencuci mulut yang mengandung klorheksidin dan setilpiridinium klorida juga bisa menimbulkan noda di gigi, yang dapat menyebabkan perubahan warna menjadi lebih gelap.

Faktor penuaan

Penyebab gigi menghitam selanjutnya adalah faktor usia. Seiring bertambahnya usia, lapisan luar gigi atau enamel akan terkikis, hingga dentin yang terletak di belakangnya menjadi terlihat. Kondisi ini dapat mempercepat perubahan warna gigi menjadi lebih gelap.

Baca juga: Apakah Gigi Patah Bisa Tumbuh Lagi? Berikut Penjelasannya!

Kebersihan gigi yang buruk

Tanpa disadari, malas menyikat gigi ternyata bisa membuatnya menghitam, lho. Seperti diketahui, salah satu fungsi menyikat gigi adalah membersihkan kotoran dan sisa makanan yang mungkin menempel.

Jika jarang disikat, kotoran dan sisa makanan tersebut dapat terus menempel hingga berubah menjadi sulit dibersihkan. Akibatnya, perubahan warna pada gigi tak lagi bisa dihindari.

Perubahan warna menghitam pada gigi juga bisa terjadi lebih cepat jika kamu hobi minum kopi terlalu banyak dan merokok.

Efek perawatan tertentu

Penyebab gigi menghitam berikutnya adalah efek dari perawatan tertentu. Kemoterapi misalnya, dapat memicu perubahan warna pada gigi. Begitu pula dengan terapi radiasi, bisa menimbulkan efek serupa.

Tak hanya perawatan penyakit, prosedur merapikan gigi juga dapat menyebabkan gigi menghitam. Bahan atau material seperti perak sulfida dapat memengaruhi warna pada gigi.

Gigi berlubang

Gigi berlubang bisa meninggalkan rongga berwarna hitam, sehingga memengaruhi visual dari gigi di sekitarnya. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan gigi berlubang, sebagian besar dipicu oleh bakteri yang merusak enamel atau lapisan terluar.

Cara menghilangkan gigi hitam

Mengatasi gigi yang menghitam umumnya dilakukan dengan prosedur medis oleh dokter atau ahli. Cara menghilangkan gigi hitam yang paling efektif adalah membersihkan lapisan kotor pemicuny, termasuk karang gigi.

Untuk mengatasinya, karang gigi akan dikikis. Proses ini biasanya menggunakan alat ultrasonik dengan getaran. Teknik tersebut cukup efektif untuk memecah karang gigi dan membuatnya lebih mudah terlepas.

Namun terkadang ada kalanya gigi menghitam tidak bisa dihilangkan, misalnya yang disebabkan oleh kerusakan dari dalam atau faktor intrinsik.

Untuk kondisi tersebut, beberapa alternatif yang bisa dilakukan di antaranya:

1. Pemasangan mahkota gigi

Meski bukan sebagai cara menghilangkan gigi hitam alami, pemasangan mahkota atau crown dapat menutup bagian yang berwarna gelap. Dikutip dari Web MD, crown merupakan penutup untuk dipasang di atas gigi.

Dengan begitu, gigi yang menghitam akan tertutup dan tidak terlihat dari luar.

2. Bleaching atau pemutihan

Selain pemasangan mahkota, bleaching juga bisa dipilih untuk menutup noda hitam pada gigi. Dikutip dari American Dental Association, prosedur ini cukup aman dan cepat, hanya memerlukan satu kali kunjungan ke dokter.

Prosedur dilakukan oleh dokter dengan cara mengoleskan gel pelindung lebih dulu ke area gusi, lalu memberikan zat pemutih ke permukaan gigi. Jika lapisan hitam sudah tertutup, kamu tak perlu malu lagi untuk tersenyum.

3. Veneer gigi

Veneer sering dipilih untuk membuat gigi terlihat lebih putih. Mengutip dari Web MD, veneer adalah cangkang tipis yang dibuat khusus berwarna putih untuk menutup bagian depan (permukaan) gigi.

Tak hanya menutup lapisan hitam pada gigi, veneer bisa menjadi solusi untuk gigi yang rusak, terkelupas, serta menutup celah atau rongga antargigi.

Pencegahan gigi menghitam

Memiliki gigi hitam memang bisa menurunkan rasa percaya diri. Oleh karena itu, kamu dapat melakukan beberapa langkah pencegahan, seperti:

  • Menyikat gigi setidaknya dua kali dalam sehari
  • Menggunakan pasta gigi dengan kandungan flouride
  • Memeriksakan kondisi gigi ke dokter setidaknya setiap 4-6 bulan sekali
  • Hindari makanan manis dan tinggi gula agar tak mengundang bakteri
  • Minimalkan kondisi mulut kering akibat konsumsi obat tertentu dengan cara mencukupi asupan cairan

Nah, itulah ulasan tentang cara menghilangkan gigi hitam dan beberapa faktor pemicunya yang perlu kamu tahu. Untuk meminimalkan munculnya gigi hitam, lakukan langkah pencegahan seperti yang telah disebutkan di atas, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 19 Januari 2021, Why Do Teeth Turn Black?
  2. Medical News Today, diakses 19 Januari 2021, What causes teeth to turn black?
  3. Cleveland Clinic, diakses 19 Januari 2021, Tooth Discoloration.
  4. Cleveland Clinic, diakses 19 Januari 2021, Tooth Discoloration: Management and Treatment.
  5. Medicine Net, diakses 19 Januari 2021, Tooth Discoloration.
  6. American Dental Association, diakses 19 Januari 2021, Whitening: 5 Things to Know About Getting a Brighter Smile.
  7. WebMD, diakses 19 Januari 2021, Dental Veneers.
  8. WebMD, diakses 19 Januari 2021, Dental Crowns.

    register-docotr