Info Sehat

Mencuci Sayuran dengan Benar Penting Dilakukan, Simak Ini 5 Tipsnya!

February 17, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Sayuran memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh. Namun, sebelum diolah dan dikonsumsi sayuran harus dibersihkan terlebih dahulu untuk mencegah serta menghilangkan residu dan kuman yang berbahaya. Lantas, bagaimana cara mencuci sayuran yang benar?

Baca juga: Menyimpan Makanan di Kulkas Tak Boleh Asal-asalan Lho! Ini Cara yang Benar

Mengapa cara mencuci sayuran yang benar penting dilakukan?

Sayuran mengandung banyak sekali vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Mencuci sayuran sebelum mengolahnya menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Ini bertujuan untuk menghilangkan residu pestisida dan kuman yang berpotensi berbahaya.

Salmonella, E.coli, dan Listeria merupakan bakteri yang perlu untuk diwaspadai. Sebab, jika sayuran mentah terkontaminasi bakteri tersebut, ini dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan.

Glenda Lewis, seorang ahli dari U.S Food and Drug Adminstration (FDA) mengatakan bahwa produk segar dapat terkontaminasi dengan banyak cara. Pada fase pertumbuhan, produk dapat terkontaminasi oleh hewan atau zat berbahaya dalam tanah maupun air.

Bahkan, kontaminasi juga dapat terjadi setelah produk dipanen, dibeli, selama penyimpanan makanan, atau penyimpanan makanan yang tidak tepat. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan sayuran.

Cara mencuci sayuran yang benar

Mencuci sayuran dengan benar sebelum mengonsumsinya merupakan langkah penting dalam hal kebersihan, kesehatan, serta keamanan makanan. Meskipun demikian, perlu diketahui bahwa produk sayuran segar tidak boleh dicuci sampai kamu siap untuk mengolahnya.

Sebab, mencuci sayuran sebelum menyimpannya dapat menciptakan lingkungan yang memungkinkan bakteri tumbuh. Nah, berikut ini adalah cara mencuci sayuran dengan benar yang penting untuk diketahui.

1. Mencuci tangan terlebih dahulu

Sebelum mencuci sayuran, cuci tangan terlebih dahulu dengan menggunakan air dan sabun setidaknya selama 20 detik. Kamu juga harus mencuci tangan setelah menyiapkan sayuran.

Tak hanya itu, peralatan dapur, dan permukaan yang akan digunakan untuk menyiapkan sayuran, termasuk talenan, ataupun meja dapur juga perlu untuk dibersihkan terlebih dahulu, baik itu sebelum ataupun sesudah menyiapkan sayuran.

2. Hilangkan bagian sayuran yang rusak

Jika terdapat bagian sayuran yang rusak, hilangkan bagian tersebut dengan cara memotongnya terlebih dahulu sebelum menyiapkan sayuran.

3. Mencuci sayuran

Jika kamu menangani sayuran yang akan dikupas, seperti kentang cucilah terlebih dahulu sebelum dikupas untuk mencegah bakteri yang terdapat pada permukaan memasuki sayuran.

Berdasarkan FDA, membilas sayuran sebelum dikupas juga dapat mencegah agar kotoran dan bakteri tidak berpindah dari pisau ke buah dan sayuran. Cara mencuci sayuran dengan benar ini penting untuk dilakukan.

Cuci sayuran dengan air mengalir, termasuk permukaan sayuran. Sebab, kuman yang terdapat pada permukaan bisa masuk ke dalam sayuran saat kamu memotongnya. Mulailah mencuci sayuran dari bagian yang paling kotor.

Setelah membersihkan sayuran, bilas dengan menggunakan air bersih. Ingat, jangan pernah menggunakan sabun atau produk pencuci untuk membersihkan sayuran, karena ini tidak disarankan.

Baca juga: Jangan Lakukan Lagi! Ini Alasan Ayam Mentah Tidak Perlu Dicuci Sebelum Dimasak

4. Tips lain membersihkan sayuran

Melansir dari laman Healthline, terdapat beberapa tips lain sebagai cara mencuci sayuran yang juga perlu kamu ketahui, di antaranya adalah:

  • Untuk membersihkan sayuran dengan permukaan yang lebih keras seperti kentang, wortel dan lobak kamu dapat menggosoknya secara perlahan untuk menghilangkan residu
  • Pada sayuran hijau, seperti bayam, selada, serta bok choy atau pakcoy harus dihilangkan lapisan terluarnya, kemudian direndam dalam semangkuk air, dan bilas dengan menggunakan air bersih
  • Untuk sayuran dengan permukaan yang tidak keras dapat dibersihkan dengan air bersih dengan aliran yang stabil dan bersihkan secara perlahan

5. Keringkan sayuran

Setelah sayuran sudah dibersihkan dan dibilas menggunakan air bersih. Keringkan sayuran dengan menggunakan tisu atau handuk bersih.

Untuk produk sayuran yang lebih rapuh, kamu dapat meletakkan sayuran di atas handuk bersih, kemudian tepuk-tepuk sayuran secara perlahan untuk mengeringkannya.

Selain cara mencuci sayuran dengan benar, perhatikan juga hal ini

Cara mencuci sayuran dengan benar memang penting untuk dilakukan, akan tetapi terdapat beberapa hal-hal lain yang juga perlu kamu untuk perhatikan, seperti:

  • Pisahkan sayuran dari makanan mentah yang berasal dari sumber hewani, seperti daging, unggas, serta makanan laut. Tak hanya berlaku bagi sayuran saja, tetapi ini juga berlaku untuk buah-buahan
  • Pisahkan bahan makanan yang belum diolah, termasuk sayuran dari makanan siap saji
  • Gunakan talenan, pisau, dan peralatan lain yang berbeda untuk makanan mentah dan siap makan, atau kamu dapat mencuci peralatan tersebut di sela-sela penggunaan

Nah, itulah beberapa cara mencuci sayuran dengan benar. Agar kebersihan sayuran tetap terjaga, jangan lupa untuk mencuci sayuran dengan cara yang benar, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Centers for Disease Control and Prevention (2021). Diakses pada 10 Februari 2021. Fruit and Vegetable Safety 

Food and Drug Administration. Diakses pada 10 Februari 2021. 7 Tips for Cleaning Fruits, Vegetables 

Healthline (2020). Diakses pada 10 Februari 2021. How to Wash Fruits and Vegetables: A Complete Guide 

NHS (2018). Diakses pada 10 Februari 2021. How to wash fruit and vegetables 

    register-docotr