Info Sehat

Jangan Pakai Cotton Bud, Ini Cara Membersihkan Telinga yang Tersumbat Kotoran dengan Aman

January 9, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Ada berbagai cara membersihkan telinga yang tersumbat kotoran. Yang pasti, salah satunya bukan menggunakan cotton bud

Penggunaan cotton bud ke dalam lubang telinga justru berbahaya. Ada risiko gendang telinga pecah kalau menggunakan alat ini. Bahkan, kamu bisa kehilangan pendengaran secara permanen, lho!

Cara membersihkan telinga yang tersumbat kotoran

Kotoran telinga dihasilkan di lubang telinga. Kehadirannya sebenarnya normal dan baik untuk kesehatan, karena tiap bakteri, serangga kecil dan kotoran tidak mudah masuk ke telinga karena kotoran telinga ini.

Akan tetapi, kehadirannya juga bisa membuat kamu tidak nyaman dan dalam beberapa kasus mengganggu pendengaran. Berikut ini adalah beberapa cara membersihkan telinga yang tersumbat kotoran:

Obat tetes pembersih telinga

Spesialis telinga hidung dan tenggorokan (THT) Anh Nguyen Huynh, MD dalam situs kesehatan Cleveland Clinic menyebut ada obat tetes pembersih telinga yang bisa kamu beli di toko obat atau apotek tanpa harus menggunakan resep dokter.

Obat ini dipakai sebagai cara untuk membersihkan telinga yang tersumbat sedikit kotoran. Carilah produk yang mengandung hidrogen atau sejenis peroksida, karena peroksida sangat baik untuk menghancurkan kotoran telinga.

Beginilah cara membersihkan telinga dengan menggunakan obat tetes:

  • Berbaring menyamping: Pastikan bagian telinga yang hendak dibersihkan menghadap ke atas, lalu teteskan obat tersebut secara langsung
  • Biarkan sebentar: Biarkan cairan tersebut berdiam di dalam kuping sebentar selama 5 menit. Ini untuk membuat cairan tersebut membasahi dan melunakkan kotoran yang menyumbat telinga
  • Bersihkan telinga: Ketika kamu berdiri, cairan itu pun akan keluar dengan sendirinya dari telinga, bersama dengan kotoran telinga yang sudah pecah. Bersihkan telinga untuk menyingkirkan kotoran yang keluar ini

Gunakan bulb syringe

Bulb syringe, bisa digunakan untuk membersihkan telinga. Foto: https://fontoplumo.nl

Bulb syringe adalah alat pengisap dari karet yang bisa jadi satu cara andalan dalam membersihkan telinga yang tersumbat kotoran. Untuk menggunakan alat ini, kamu bisa memadukannya dengan air hangat.

Hampir sama dengan obat tetes, bulb syringe memungkinkan kamu untuk meneteskan air hangat ke dalam telinga. Karena itu, kamu pun harus menggunakan alat ini juga sambil berbaring menyamping dengan telinga yang hendak dibersihkan menghadap ke atas.

Kamu harus hati-hati ketika meneteskan air ke lubang telinga, karena hal ini bisa membuat sedikit pusing. Jangan lupa juga gunakan air yang hangat, tidak terlalu dingin atau panas.

Baking soda

Baking soda bukan cuma sekadar bahan untuk bikin kue saja. Kamu pun bisa menggunakannya untuk membersihkan telinga, lho.

Cara untuk membersihkan telinga dengan baking soda adalah sebagai berikut:

  • Larutkan ½ sendok teh baking soda ke dalam 60 ml air hangat
  • Kamu bisa gunakan bulb syringe juga untuk meneteskan cairan ini ke dalam telinga. 5-10 tetes sudah cukup
  • Diamkan cairan berada di telinga setidaknya selama 1 jam, lalu bersihkan dengan air
  • Lakukan hal ini sekali sehari sampai kotoran telinga menjadi bersih. Biasanya dibutuhkan beberapa hari agar hasilnya terlihat, tapi jangan lakukan lebih dari dua minggu, ya!

Gunakan minyak

Kotoran telinga merupakan substansi yang mirip dengan minyak. Karena itu, beberapa minyak dapat menyebabkan kotoran telinga melunak ketika kedua substansi ini saling bersentuhan.

Situs kesehatan Healthline merekomendasikan minyak ini untuk membersihkan telinga:

  • Baby oil
  • Minyak kelapa
  • Gliserol
  • Minyak mineral
  • Minyak zaitun

Cara untuk membersihkan kotoran telinga yang menyumbat dengan menggunakan minyak adalah sebagai berikut:

  • Jika berkenan, kamu bisa menghangatkan dulu minyak yang sudah kamu pilih. Jangan dihangatkan di microwave, ya! Jangan lupa juga untuk memastikan kalau minyak tersebut tidak terlalu panas
  • Kamu bisa gunakan alat tetes seperti bulb syringe dan berikan beberapa tetes ke lubang telinga
  • Biarkan kepala miring selama lima menit
  • Ulangi hal ini satu hingga dua kali sehari

Demikianlah beberapa cara untuk membersihkan telinga yang tersumbat kotoran yang bisa kamu praktikkan. Jangan gunakan cara berbahaya yang berisiko bagi telinga, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Cleveland Clinic, diakses 03 Januari 2021. Ear Wax Removal 101: The Best (and Safest) Ways to Clear Clogged Ears
  2. MedicalNewsToday, diakses 03 Januari 2021. How to remove an earwax blockage
  3. Healthline, diakses 03 Januari 2021. Earwax Removal Home Remedy: Safely Clean Your Ears
    register-docotr