Info Sehat

Penting! Cara Membersihkan Pembuluh Darah Agar Tak Banyak Plak Pemicu Penyakit

October 23, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Cara membersihkan pembuluh darah yang terbaik adalah dengan menghentikan perkembangan plak dan mencegah tumpukan plak di masa mendatang. 

Meskipun demikian, kamu membutuhkan cara penanganan yang bersifat invasif untuk benar-benar membersihkan pembuluh darah.

Bagaimana pembuluh darah bisa tersumbat?

Penyumbatan di pembuluh darah dapat terjadi karena pembekuan darah atau plak yang terbentuk karena tingginya level kolesterol di dalam darah.

Penyumbatan ini akan menyebabkan tekanan yang sangat kuat terhadap darah, terutama karena tidak dapat bergerak dengan bebas ke seluruh tubuh sebagaimana mestinya. Kondisi ini akan menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Sistem imun tubuh yang merasakan adanya penyumbatan akan mengirimkan sel darah putih untuk menyerang kolesterol lalu menghasilkan reaksi yang berujung pada inflamasi.

Cara-cara membersihkan pembuluh darah

Sampai saat ini tidak ada cara membersihkan pembuluh darah dengan menggunakan makanan tertentu yang sudah terbukti secara ilmiah. 

Oleh karena itu, cara terbaik adalah dengan melakukan kegiatan seperti menurunkan berat badan, olahraga hingga makan makanan yang rendah kolesterol untuk mengurangi plak. Meskipun demikian, langkah ini tidak bisa menghilangkan plak dari dalam pembuluh darah.

Selain itu, ada juga prosedur invasif yang bisa dilakukan dokter untuk menghilangkan plak di pembuluh darah.

Membersihkan pembuluh darah dengan olahraga

Ketika berolahraga dan melatih otot, maka dia akan membutuhkan lebih banyak darah. Sebagai responsnya, pembuluh darah akan berkembang dengan lebih banyak dengan cara menambah jaringan kapiler.

Sebuah artikel yang diterbitkan Harvard Health Publishing menyebut olahraga rutin akan meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Produksi oksida nitrat sel endotel akan lebih banyak ketika tubuh sering berolahraga.

Olahraga juga akan merangsang sumsum tulang untuk menghasilkan endothelial progenitor cells, yang akan memasuki aliran darah untuk mengganti sel endotel yang sudah tua dan memperbaiki pembuluh darah yang rusak.

Prosedur invasif membersihkan pembuluh darah

Prosedur invasif memungkinkan dokter untuk melihat dan membersihkan pembuluh darah atau membuat jalur untuk melintas melewati pembuluh darah yang tersumbat. Berikut ini adalah detail penanganannya:

Angiography, angioplasty dan stenting

Prosedur invasif ini dilakukan dengan cara memasukan kateter ke pembuluh darah arteri di kaki atau tangan untuk memudahkan dokter memasuki pembuluh darah yang bermasalah. Prosedur ini dinamakan cardiac catheterization.

Pembuluh darah yang tersumbat akan terlihat dengan jelas di layar x-ray. Balon kecil yang berada di kateter dapat diisi untuk menekan plak kolesterol di lokasi pembuluh darah yang tersumbat.

Setelah itu sebuah pipa yang dinamakan stent bisa ditempatkan di pembuluh darah tersebut untuk membuatnya tetap terbuka. Stent biasanya terbuat dari besi dan bersifat permanen di sana.

Beberapa stent biasanya dibekali dengan obat yang dapat mencegah pembuluh darah untuk kembali tersumbat.

Operasi bypass

Operasi akan mengambil pembuluh darah dari kaki atau dada. Kemudian pembuluh darah ini akan dipakai untuk melintasi pembuluh darah yang tersumbat.

Mencegah plak baru tumbuh di pembuluh darah

Inti dari mencegah plak baru tumbuh adalah dengan mengurangi level LDL dan meningkatkan level HDL. LDL sendiri merupakan kolesterol jahat yang berada di dalam darah.

Saat LDL terlalu banyak di darah, kolesterol yang berlebihan ini akan menempel di dinding pembuluh darah. Sementara HDL, kolesterol baik akan membantu tubuh menyingkirkan sel LDL dan mencegah plak terbentuk

Berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan dan mencegah plak tumbuh di pembuluh darah:

Makan makanan yang sehat bagi jantung

Diet atau pola makan menjadi kunci penting dalam kesehatan jantung dan mengurangi risiko terbentuknya plak di pembuluh darah.

Tidak ada kata terlambat untuk makan makanan yang sehat. Misalnya saat kamu membiarkan makanan tidak sehat untuk dikonsumsi dan merusak tubuh, maka makanan yang sehat dapat membantu mengembalikan kondisi semula.

Makanan yang sehat bagi jantung mengandung banyak lemak sehat dan rendah lemak jahat. Berikut ini tipsnya:

  • Tambahkan lebih banyak lemak yang baik di makanan kamu
  • Kurangi sumber lemak jenuh dalam makanan
  • Hilangkan sumber lemak trans buatan
  • Tingkatkan asupan serat
  • Kurangi konsumsi gula

Banyak berolahraga

Dengan berolahraga dan makan yang sehat, maka efek alaminya adalah kamu bisa mengalami penurunan berat badan. Kalau kamu memiliki berat badan yang berlebihan, level LDL juga akan meningkat.

Berhenti merokok dan minum minuman beralkohol

Berhenti merokok bisa meningkatkan level HDL juga, lho. Sementara itu kesehatan jantung juga bisa ditingkatkan dengan mengurangi konsumsi alkohol.

Demikianlah cara untuk membersihkan pembuluh darah yang bisa kamu ikut. Selalu ingat untuk mencegah timbulnya plak dalam pembuluh darah, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline, diakses 14 Oktober 2020. Is It Possible to Unclog Your Arteries?
  2. MedicalNewsToday, diakses 14 Oktober 2020. Is it possible to unclog your arteries?
  3. WebMD, diakses 14 Oktober 2020. Cholesterol and Artery Plaque Buildup
  4. Harvard Health Publishing, diakses 14 Oktober 2020. Exercise and your arteries
    register-docotr