Info Sehat

Yuk Jadi Konsumen Cerdas, Ketahui Cara Mudah Cek BPOM

June 30, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Apakah kamu melakukan cek Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) ketika membeli produk obat atau suplemen? Sebagai konsumen kamu perlu memastikan produk yang kamu beli tidak mengandung bahan berbahaya. Ada beberapa cara cek BPOM yang bisa kamu lakukan.

Mulai dari mengecek secara manual, sampai bisa melalui online. Mau tahu cara cek BPOM? Mari baca panduannya di bawah ini!

Baca Juga: Makanan Mengandung Lemak Baik dan Manfaat untuk Kesehatan

Pentingnya mengecek BPOM

Melakukan pengecekan BPOM penting dilakukan. Badan POM selaku lembaga juga sudah mendorong orang-orang untuk semakin sadar mengecek BPOM terutama pada produk obat, suplemen dan kosmetik. 

Ini juga tertuang dalam visi BPOM agar obat dan makanan yang diterima dan dikonsumsi oleh konsumen sudah dipastikan aman dengan harapan meningkatkan kesehatan masyarakat.

Cara cek BPOM

Ada tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan cek BPOM. Pertama adalah cara manual, dan yang kedua adalah dengan cara online, ketiga melalui aplikasi resmi BPOM.

Jika sebuah produk tidak terdaftar BPOM, kamu patut mencurigai keamanannya karena dikhawatirkan produk mengandung zat-zat yang membahayakan bagi kesehatan.

Berikut ini cara cek BPOM yang harus kamu lakukan untuk mengetahui produk yang kamu beli sudah terdaftar BPOM atau belum.

1. Cara cek BPOM secara manual

Untuk mendorong kesadaran konsumen, BPOM pun menciptakan sebuah kampanye yang disebut CeKLIK. CeKLIK sendiri adalah sebuah prosedur yang dapat kamu lakukan ketika membeli produk obat untuk memastikan bahwa obat atau suplemen sudah terdaftar dan memiliki izin edar.

Langkah-langkahnya yaitu:

  • Cek: Mengecek 
  • K: Cek kemasan apakah dalam kondisi yang baik, atau tidak
  • L: Cek label, bacalah informasi produk yang tercantum dalam label
  • I: Cek izin edar, pastikan produk memiliki izin edar
  • K: Cek kedaluwarsa, pastikan produk tidak melebihi masa kedaluwarsa.

2. Cara cek BPOM secara online

Selain cara manual, untuk dapat cek BPOM, saat ini juga sudah bisa secara online melalui situs resmi BPOM. Dengan cara sebagai berikut:

1. Jika kamu sudah mengetahui nomor registrasi BPOM

Setelah kamu masuk dalam situs resmi BPOM, pilih pencarian produk berdasarkan ‘Nomor Registrasi’. Lalu, masukan nomor BPOM yang terdiri dari kombinasi angka dan huruf sebanyak 13- 15 digit. Terakhir tekan cari atau enter.  

Dengan pengecekan produk seperti ini, kamu bisa mengetahui keaslian nomor registrasi atau mencocokan produk yang kamu beli dengan produk yang terdaftar di BPOM. Bila dari hasil pengecekan menunjukkan data tidak ditemukan, bisa jadi produk yang kamu beli belum terdaftar.

Atau jika ternyata hasil menunjukkan nama produk lain, berarti produk yang kamu beli telah memalsukan nomor BPOM, ini sering terjadi. Sebaiknya kamu mengurungkan niat untuk menggunakan produk tersebut.

2. Jika kamu belum mengetahui nomor registrasi BPOM

Cara lain untuk melakukan cek BPOM adalah dengan mengecek melalui nama merek dan produk. Langkah ini tidak jauh berbeda dengan pengecekan melalui nomor registrasi, kamu cukup memilih ‘Merek’ atau ‘Nama Produk’.

Lalu masukan nama produk atau merek, dan klik cari atau enter.

Dengan cara ini, kamu juga bisa mengetahui produk berdasarkan kategori yang kamu pilih. Kamu juga bisa mengetahui pendaftar dan tanggal penerbitan nomor registrasi BPOM dari produk tersebut.

3. Cara cek BPOM melalui aplikasi

Saat ini, kamu juga sudah bisa mengunduh aplikasi BPOM di gadget kamu untuk cek BPOM pada produk. 

Setelah kamu mengunduh aplikasi Cek BPOM. Pilihlah kategori bisa melalui nama produk atau nomor registrasi yang akan kamu masukan. Masukan kata kunci, lalu tekan enter atau cari.

Jika produk terdaftar, kamu akan melihat hasilnya, tapi jika tidak, aplikasi akan menunjukkan ‘Data Tidak Ditemukan’. 

Baca Juga: Tak Boleh Sembarangan! Ini Efek Bahaya Suntik Silikon bagi Tubuh

Cara melaporkan pengaduan ke BPOM

Jika ternyata kamu menemukan produk yang tidak terdaftar, kamu juga bisa secara aktif melakukan pelaporan ke BPOM. Dengan pelaporan ini, BPOM juga bisa melakukan sidak untuk menarik peredaran produk di pasaran. 

Kamu bisa langsung melakukan pengaduan dengan mengunjungi situs BPOM, lalu klik menu ‘Pengaduan’, pilih layanan ‘Formulir Pengaduan’. Setelah itu, akan muncul Form pengaduan yang perlu kamu isi dengan lengkap.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

BPOM (n.d). Diakses 23/06/20. Fungsi BPOM 

BPOM (2018). Diakses 23/06/20. Pastikan Obat dan Makanan Aman dengan Cek KLIK

BPOM (n.d). Diakses 23/06/20. Cek Produk BPOM

POM (2016). Diakses 23/06/20. Cara Menggunakan CEK BPOM

 

    Berita Terkait
    register-docotr