Info Sehat

Daftar 7 Buah Penambah Darah untuk Penderita Anemia

January 19, 2021 | Fitri Chaeroni | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Anemia bisa terjadi kalau kamu tak punya cukup sel darah merah yang sehat. Penyebabnya banyak, mulai dari kehilangan darah, kerusakan sel darah merah, atau ketidakmampuan tubuh kamu dalam memproduksi sel darah merah.

Untuk mengatasi anemia, salah satu upaya yang biasanya disarankan adalah memperbaiki pola makan. Rencana diet terbaik untuk anemia meliputi makanan yang kaya zat besi dan vitamin lain yang penting untuk produksi hemoglobin dan sel darah merah.

Nah, kalau kamu sedang mencari referensi buah-buah yang bisa membantu atasi anemia untuk diet yang sehat, mari simak pembahasan berikut!

Anemia dan pola makan sehat

Anemia adalah akibat dari rendahnya zat besi dalam tubuh. Ada dua jenis sumber zat besi yang perlu diperhatikan dari makanan: heme dan non-heme.

Heme mudah diserap dan ditemukan dalam daging hewan dengan konsentrasi yang lebih tinggi terdapat pada daging merah. Non-heme berasal dari sumber nabati dan suplemen, juga merupakan sumber zat besi yang baik, tetapi daya serapnya lebih sedikit. 

Oleh karena itu, meskipun sayuran dan buah memang mengandung zat besi, menggabungkannya dengan sumber zat besi berprotein tinggi akan membantu tubuh lebih mudah menyerap zat besi.

Penyerapan zat besi non-heme juga meningkat dengan adanya vitamin C. Salah satu strategi yang disarankan adalah mengonsumsi makanan kaya vitamin C dengan makanan apa pun yang menggabungkan makanan nabati kaya zat besi.

Baca Juga : Ampuh Cegah Anemia, Ini Deretan Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Buah-buah yang bagus untuk penderita anemia

Buah-buahan tertentu mengandung banyak zat besi dan nutrisi lain yang dapat mendorong produksi sel darah merah pada penderita anemia.

Berikut beberapa buah penambah darah yang baik dikonsumsi penderita anemia:

1. Pisang

Buah penambah darah yang pertama adalah pisang, yang sangat mudah ditemukan di sekitar kamu. 

Pisang merangsang produksi hemoglobin dalam darah. Bersamaan dengan zat besi, pisang juga menjadi sumber asam folat yang baik yang merupakan vitamin B kompleks yang dibutuhkan untuk membuat sel darah merah.

2. Apel

Selain pisang, buah penambah darah lain yang mudah kamu temukan di sekitar adalah apel. Apel memang punya banyak kandungan nutrisi baik.

Buah apel adalah sumber zat besi yang kaya dengan berbagai komponen ramah kesehatan lainnya yang diperlukan untuk merangsang jumlah hemoglobin. Makan setidaknya satu apel beserta kulitnya setiap hari.

3. Jeruk

Seperti dibahas pada poin sebelumnya, bahwa vitamin C berperan penting dalam penyerapan zat besi oleh tubuh.

Nah, jeruk merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C dan dapat kamu konsumsi sebagai buah penambah darah.

Jadi, kamu bisa mulai mengonsumsi jeruk setiap hari sebagai bagian dari diet sehat kamu ya!

4. Pomegranate

Pomegranate atau yang juga dikenal sebagai buah delima juga sangat baik dikonsumsi oleh para penderita anemia. Delima membantu tubuh untuk menyerap zat besi yang menghasilkan lebih banyak sel darah merah dan peningkatan kadar hemoglobin.

Buah delima mengandung zat besi, vitamin A, C dan E. Asam askorbat yang ada dalam buah delima juga dapat meningkatkan kandungan zat besi dalam tubuh yang mengatur jumlah darah.

Satu gelas jus delima buatan sendiri setiap hari lebih baik daripada jus olahan. Kamu bisa memasukkan jus delima dalam menu Anda atau makan buah berukuran sedang setiap hari.

5. Kurma

Buah yang khas dikonsumsi saat Ramadhan ini juga baik dikonsumsi setiap hari lho. Kurma kaya akan zat besi dan vitamin C yang membantu tubuh menyerap zat besi.

Kamu bisa merendam 2-3 kurma dalam susu semalaman dan memakannya di pagi hari atau pastikan untuk makan kurma kering dengan perut kosong di pagi hari.

6. Persik

Buah persik juga kaya akan vitamin C dan zat besi, di mana vitamin C membantu menyerap zat besi dan selanjutnya mencegah duplikasi sel darah merah yang rusak.

Persik juga kerap disebut memiliki manfaat untuk penurunan berat badan, memperbaiki kulit, dan meningkatkan kesehatan mata juga.

7. Buah-buahan kering

Selain buah-buahan segar, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan kering sebagai agen penambah darah.

Buah kering memiliki kandungan zat besi lebih banyak daripada buah segar.

Sertakan buah-buahan kering seperti kenari, kacang mete, almond, kismis, aprikot, dll dalam makanan kamu untuk meningkatkan hemoglobin dan penyerapan zat besi dalam darah.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar anemia? Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline. Diakses pada 18 Januari 2021. Best Diet Plan for Anemia

Fruits and Veggies. Diakses pada 18 Januari 2021. What fruits and vegetables are good sources to treat anemia?

NDTV. Diakses pada 18 Januari 2021. Fruits for Anaemia: Load Up on these 6 Fruits to Boost Your Haemoglobin

Medlife. Diakses pada 18 Januari 2021. 9 Healthy Foods to Overcome Anemia

    register-docotr