Info Sehat

Jangan Dulu Panik, Ini 9 Langkah Penting Saat Kuping Kemasukan Air

August 6, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Kuping kemasukan air mungkin saja terjadi saat kamu mandi atau berenang. Biasanya kamu akan merasa kuping seperti tersumbat atau juga suara menjadi seperti teredam.

Jika mengalami kuping kemasukan air, kamu perlu segera mengeluarkannya. Ini karena air yang ada di saluran kuping dapat membuat bakteri berkembang dan menyebabkan infeksi.

Langkah-langkah yang bisa dilakukan saat kuping kemasukan air

Lakukan cara berikut ini dengan hati-hati agar tidak menyebabkan luka pada gendang telinga atau bagian telinga lainnya. Kamu bisa memilih salah satu di antara 9 cara berikut ini:

1. Miringkan kepala saat kuping kemasukan air

Ini adalah cara paling mudah yang bisa kamu lakukan. Miringkan kepala ke arah telinga yang kemasukan air, kemudian tarik perlahan daun telinga dan gelengkan kepala dalam posisi ini untuk membantu air keluar.

2. Biarkan air keluar saat berbaring

Ini adalah cara yang mengandalkan gravitasi. Kamu perlu tidur miring dan alasi kuping dengan handuk. Tunggu beberapa menit, biarkan air keluar dengan sendirinya dari telinga.

3. Buat ruang hampa saat kuping kemasukan air

Tutup telinga dengan tangan sampai rapat sehingga seperti ruang hampa. Kemudian miringkan kepala dan tarik tangan yang tadinya menutup kuping untuk membantu air keluar.

4. Menggunakan pengering rambut

Panas yang dihasilkan pengering rambut dapat membantu menguapkan air di dalam telinga. Caranya kamu harus menyalakan pengering rambut dengan temperatur paling rendah.

Tarik daun telinga dan arahkan pengering rambut ke lubang telinga dalam jarak setidaknya satu meter. Gerakan pengering rambut agar temperatur tidak membuat kulit sekitar kuping terlalu panas.

5. Menggunakan obat tetes telinga

Kamu bisa membeli obat tetes telinga yang dijual bebas. Tunggu 30 detik dan miringkan kepala.

Tapi ingat ya, cara ini tidak disarankan jika sebelumnya kamu mengalami riwayat infeksi telinga luar, masalah gendang telinga dan memiliki tabung di dalam telinga untuk mengurangi infeksi.

6. Menggunakan obat telinga hidrogen peroksida

Sama seperti obat tetes sebelumnya, obat hidrogen peroksida juga bisa kamu dapatkan bebas di toko obat atau apotek. Obat ini dapat membantu membersihkan kotoran telinga dan juga mengatasi kuping kemasukan air.

Obat ini juga sebaiknya dihindari jika kamu sedang mengalami infeksi telinga luar, masalah gendang telinga dan memiliki tabung di dalam telinga untuk mengurangi infeksi.

7. Menguap atau mengunyah

Air yang masuk ke telinga bisa saja tersangkut di tabung eustachius. Menggerakkan mulut terkadang dapat membantu membuka tabung.

Selain itu, menguap atau mengunyah permen karet adalah gerakan-gerakan lain yang bisa dicoba. Mungkin ini akan membantu air keluar dari telinga.

Atau kamu bisa melakukan manuver valsava, yaitu menutup mulut dan hidung setelah menarik napas panjang. Setelah itu perlahan keluarkan napas lewat hidung. Gerakan ini bisa membantu membuka tabung eustachius.

8. Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun dipercaya dapat mencegah infeksi dan mengatasi air yang masuk ke dalam kuping. Kamu hanya perlu beberapa tetes minyak zaitun untuk diteteskan ke dalam kuping.

Dilansir Healthline, setelahnya kamu perlu berbaring miring dan menunggu selama 10 menit. Terakhir, kamu perlu duduk dan miringkan kepala. Air dan minyak akan keluar setelahnya.

9. Gunakan air

Terdengar tidak masuk akal, tapi ini adalah cara yang bisa dilakukan. Yang kamu perlu lakukan adalah berbaring miring, dengan kuping yang kemasukan air di atas, kemudian masukkan air bersih ke kuping.

Tunggu selama lima detik dan kemudian berbalik, dengan posisi telinga menjadi tumpuan berbaring. Dengan begitu semua air akan keluar bersamaan.

Apa saja hal yang sebaiknya dihindari saat kuping kemasukan air?

Jangan gunakan cotton bud atau korek kuping. Karena dapat menghilangkan pelindung kuping dan mengganggu bakteri alami di dalam kuping dan dapat mengiritasi kulit tipis di saluran telinga.

Sebaiknya hindari juga memaksakan jari masuk ke dalam kuping. Ini dapat membuat air semakin masuk ke dalam saluran telinga, akibatnya dapat melukai kuping dan merusak gendang kuping.

Cara mencegah kuping kemasukan air

  • Gunakan penyumbat telinga saat mandi atau berenang
  • Gunakan topi khusus renang saat berenang
  • Keringkan telinga dengan menyeluruh setelah mandi atau berenang

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan jika kuping kemasukan air. Jika kemudian muncul rasa nyeri atau tidak nyaman, segera cek ke dokter, ya!

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Webmd diakses 3 Agustus 2020 How to Get Water Out of Your Ears 
  2. Healthline diakses 3 Agustus 2020 Ways to Get Water Out of Your Ear
    register-docotr