Info Sehat

Penyebab Air Liur Berdarah, Apakah Bisa Menandakan Penyakit Tertentu?

February 20, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Kemunculan darah yang tak terduga, bisa membuat siapa pun panik dan ketakutan. Misalnya ketika darah terlihat di dalam air liur.

Kondisi ini bisa jadi disertai dengan rasa besi berkarat yang cukup mengganggu di dalam mulut. Lalu apakah ini berbahaya?

Baca juga: Cara Mengatasi Gusi Turun, Yuk Simak Beberapa Tips Berikut Ini

Penyebab air liur berdarah

Air liur dikeluarkan dari kelenjar ludah dan memiliki banyak fungsi. Termasuk pembersihan dan perlindungan mulut, efek antibakteri, sampai membantu proses pencernaan.

Air liur berdarah kemungkinan besar adalah tanda bahwa saluran pencernaan atau sistem pernapasan mengalami perdarahan. Kondisi ini bisa terjadi dalam tingkat keparahan yang berbeda-beda pada setiap individu.

Jika sumbernya adalah sistem pencernaan, air ludah biasanya disertai dengan muntah. Tapi apabila penyebabnya datang dari saluran pernapasan, kondisi ini dapat terjadi diiringi dengan batuk.

Berikut adalah beberapa faktor penyebab air liur mengandung darah:

1. Radang gusi

Dilansir Healthline, gingivitis adalah penyakit gusi yang ditandai dengan pembengkakan dan kemerahan pada gusi di sekitar pangkal gigi. Penyebab utamanya adalah kebersihan mulut yang tidak terjaga.

Penanganannya mencakup pembersihan gigi secara professional, diikuti dengan melakukan rutinitas kebersihan mulut dengan baik. Tahap selanjutnya dari kondisi ini mungkin memerlukan perawatan bedah.

2. Sariawan

Sariawan adalah luka kecil menyakitkan yang berkembang di gusi, di dalam bibir, dan di dalam pipi. Mereka sering kali dipicu oleh:

  1. Cedera ringan, seperti menggigit pipi secara tidak sengaja
  2. Menyikat gigi secara agresif
  3. Baru mengalami tindakan perawatan gigi, misalnya pencabutan, atau penambalan
  4. Diet rendah vitamin B12, asam folat, zat besi, atau seng
  5. Sensitif terhadap makanan pedas atau asam.

Perawatan untuk sariawan biasanya tidak diperlukan, karena biasanya akan sembuh dengan sendirinya.

Namun jika kondisinya malah bertahan selama lebih dari beberapa pekan, dokter mungkin akan merekomendasikan obat kumur resep dengan kandungan deksametason atau lidokain.

Baca juga: Bisa Melawan Sel Kanker, Inilah Segudang Manfaat Daun Kucai untuk Kesehatan

3. Kanker penyebab darah masuk air liur

Beberapa jenis kanker, seperti kanker paru-paru dan kanker esofagus, dapat menyebabkan kamu batuk berdahak disertai darah.

Ini mungkin terlihat seperti air liur berdarah jika sebagian dahak tersebut tertinggal di dalam mulut. Padahal sebenarnya air liur tersebut tidak mengandung darah.

Kanker yang dapat menyebabkan kamu mengalami kondisi ini adalah:

  1. Kanker mulut, ini terjadi di bagian dalam mulut di gusi, lidah, atau pipi, atau atap dan dasar mulut.
  2. Kanker tenggorokan yang ditandai dengan tumor yang berkembang di faring (tenggorokan), laring (kotak suara), atau amandel.
  3. Leukemia, merupakan kanker yang memengaruhi darah dan sumsum tulang.

Demikian informasi tentang penyebab-penyebab air liur berdarah. Jika perlu, segera konsultasi ke dokter untuk memastikan pemicunya, ya.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Blood in saliva of HIV seropositive drug abusers: possible implication in AIDS transmission, https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/1840796/ diakses pada 20 Februari 2021

Why Do I Have Saliva Blood?, https://www.healthline.com/health/saliva-blood#causes diakses pada 20 Februari 2021

What Causes Blood in Saliva in the Morning? https://www.epainassist.com/face-mouth-throat/blood-in-saliva-in-the-morning diakses pada 20 Februari 2021

 

    register-docotr