Info Sehat

7 Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru yang Mudah Diterapkan

May 29, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Paru-paru adalah organ yang berperan vital pada proses pernapasan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara menjaga kesehatan paru-paru agar terhindar dari berbagai risiko penyakit.

Saat penyakit sudah menyerang, kamu akan merasakan beberapa rasa yang tidak nyaman, misalnya sulit bernapas dan sesak di dada.

Nah, ini dia 7 cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru:

Baca juga: 7 Penyebab Batuk di Malam Hari yang Perlu Kamu Tahu

1. Tidak merokok

Merokok bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit paru-paru. Setiap kali merokok, seseorang menghirup ribuan bahan kimia berbahaya ke dalam paru-paru, di antaranya adalah karbon monoksida, tar, dan nikotin.

Senyawa-senyawa tersebut akan meningkatkan produksi lendir, membuat paru-paru lebih sulit untuk membersihkan diri. Akibatnya, iritasi pada jaringan paru-paru tak bisa dihindari.

Dalam jangka panjang, saluran udara untuk bernapas akan menyempit, dan menyebabkan gangguan saat bernafas.

2. Cara menjaga kesehatan paru-paru dengan olahraga

Percaya atau tidak, rutin berolahraga ternyata dapat membuat paru-paru menjadi lebih sehat, lho. Menurut sebuah publikasi di US National Library of Medicine, aktivitas olahraga bisa memacu jantung berdetak lebih kencang, sehingga paru-paru bekerja lebih keras.

Saat aktivitas paru-paru meningkat, ada perputaran oksigen di sana.

Saat berolahraga, pernapasan akan meningkat tiga hingga empat kali lipat dari biasanya. Secara tidak langsung, ini bisa mengoptimalkan kinerja kantong udara pada paru-paru.

3. Menghindari paparan polusi

Menggunakan masker saat berada di tempat umum, terutama jalan raya, adalah sebuah keputusan yang bijak. Selain dapat mencegah masuknya bakteri dan virus, masker juga bisa menangkal paparan polutan dari polusi.

Polutan adalah racun yang bisa membahayakan paru-paru. Organ pernapasan manusia memang dirancang untuk melawannya. Hanya saja, semakin bertambahnya usia, fungsi dari paru-paru akan menurun.

Tak selamanya polutan berada di jalan raya, tapi bisa juga ada di ruangan kantormu. Bahkan menurut The US Consumer Product Safety Commission, polutan di dalam ruangan bisa jadi lebih berbahaya, karena biasanya tidak terpantau dengan baik.

Oleh karena itu, pastikan ruangan tersebut memiliki sirkulasi udara yang baik, bebas asap rokok, dan bersihkan perabotannya minimal sekali dalam seminggu.

4. Cara menjaga kesehatan paru-paru dengan air putih                              

Air putih memiliki sejuta manfaat untuk tubuh, termasuk bagi kesehatan paru-paru. Selain membuat tubuh tetap terhidrasi, asupan cairan yang cukup bisa mengencerkan sekresi lendir yang menumpuk di paru-paru.

Lendir yang menumpuk akan menyulitkanmu dalam bernapas.

Tidak hanya itu, air putih juga bisa melancarkan penyerapan nutrisi di dalam tubuh. Hasilnya, sistem imun dan metabolisme akan terbentuk dengan baik, menghindarkanmu dari berbagai penyakit yang mengganggu.

Baca juga: 8 Gejala Paru-Paru Basah yang Tidak Boleh Disepelekan

5. Cara menjaga kesehatan paru-paru dengan teh hijau

Cara menjaga kesehatan paru-paru berikutnya adalah dengan rajin minum teh hijau. Satu cangkir green tea memiliki banyak senyawa antioksidan yang baik. Salah satu manfaatnya adalah mengurangi aktivitas peradangan di organ pernapasan.

Hebatnya lagi, senyawa tersebut mampu melindungi paru-paru dari sejumlah efek berbahaya, seperti asap yang tak sengaja terhirup.

Sebuah studi di Korea pada 2017 yang melibatkan 1.000 orang memaparkan, mereka yang minum minimal dua cangkir green tea setiap hari mempunyai fungsi paru-paru yang lebih baik, jika dibandingkan dengan yang tidak meminumnya.

6. Memperbanyak makanan pencegah inflamasi

Memperbanyak konsumsi makanan pencegah inflamasi bisa menjadi cara menjaga kesehatan paru-paru termudah. Ada banyak makanan dengan kandungan senyawa anti-inflammantory yang bisa mencegah dan meredakan peradangan.

Makanan itu meliputi kacang-kacangan, kacang polong, buah ceri, sayuran hijau, dan rempah tradisional kunyit yang mudah ditemukan di Indonesia.

7. Lakukan teknik pernapasan khusus

Cara menjaga kesehatan paru-paru terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan teknik pernapasan. Teknik yang dimaksud adalah bernafas dengan perlahan, menghembuskan udara lebih panjang dari pada udara yang di hirup,berdasarkan rekomendasi American Lung Association.

Meski terkadang menimbulkan rasa kurang nyaman, teknik pernapasan ini membuat perputaran oksigen di dalam paru-paru menjadi lebih optimal.

Nah, itulah tujuh cara menjaga kesehatan paru-paru yang mudah diterapkan. Paru-paru yang sehat dapat menghindarkanmu dari berbagai penyakit seperti kanker dan peradangan. Selamat mencoba!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

  1. Healthline, diakses 22 Mei 2020, 5 Ways to Keep Your Lungs Healthy and Whole.
  2. Medical News Today, diakses 22 Mei 2020, Natural ways to cleanse your lungs.
  3. Genesis Medical, diakses 22 Mei 2020, 6 Simple Ways You Can Take Care Of Your Lungs & Live A Healthier Life.
  4. American Lung Association, diakses 22 Mei 2020, Breathing exercise.

    register-docotr