Info Sehat

5 Manfaat Daun Seribu untuk Kesehatan Tubuh

November 18, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Daun seribu atau Achillea millefolium telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional. Tanaman ini juga biasa disebut sebagai yarrow plants yang ternyata khasiatnya bukan hanya isapan jempol belaka.

Di balik bentuk dan rupanya yang cantik, yuk, kenali manfaat daun seribu untuk kesehatan tubuh!

Manfaat daun seribu bagi kesehatan tubuh

1. Mempercepat penyembuhan luka

Sejak jaman dahulu, daun seribu telah digunakan sebagai salep untuk mengobati luka. 

Berdasarkan penelitian, daun seribu diketahui memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang keduanya berperan dalam menyembuhkan luka. 

Bukan hanya itu, penelitian juga menemukan ekstrak daun seribu dapat meningkatkan fibroblas yakni sel yang bertanggung jawab untuk meregenerasi jaringan ikat dan membantu tubuh pulih dari cedera. 

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Daun seribu telah lama digunakan untuk mengobati masalah pencernaan. Seperti iritasi usus besar dan maag yang ditandai dengan sakit perut, diare, kembung, dan sembelit.

Bukan tanpa alasan, berdasarkan penelitian daun seribu memang memiliki kandungan senyawa flavonoid dan alkaloid yang dapat meredakan serangkaian keluhan pencernaan. 

3. Mengurangi gejala depresi dan kecemasan

Selain meredakan gangguan pencernaan, senyawa flavonoid dan alkaloid yang ada di dalam daun seribu juga dapat meredakan gejala depresi dan kecemasan. 

Penelitian juga menunjukkan alkaloid dapat mengurangi keluarnya hormon kortikosteron, yakni hormon yang keluar selama stres kronis. 

Penelitian lain menemukan bahwa minyak esensial dari daun seribu yang diberikan secara oral kepada tikus dapat mengurangi kecemasan dan mendorong aktivitas mental dan fisik setiap hari. 

Namun, penelitian tersebut masih perlu kajian lebih lanjut dan tidak berlaku untuk kecemasan pada manusia.

4. Membantu memelihara kesehatan saraf dan otak

Daun seribu telah terbukti membantu gangguan otak tertentu, seperti sklerosis ganda, Alzheimer, Parkinson serta radang otak dan sumsum tulang belakang yang disebabkan oleh infeksi virus.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada hewan, yarrow plant ini diketahui dapat mengatasi peradangan otak dan sumsum tulang belakang serta kerusakan otak pada kasus encephalomyelitis. 

Studi lain yang dilakukan pada hewan juga menemukan daun seribu dapat mencegah gejala penyakit Alzheimer dan Parkinson, seperti kehilangan memori dan gangguan dalam gerakan fisik dan kekencangan otot. Namun, untuk membuktikannya pada manusia, perlu penelitian lebih lanjut. 

5. Membantu melawan peradangan

Peradangan adalah respons tubuh yang alami. Namun, peradangan kronis dapat menyebabkan kerusakan sel, jaringan, dan organ. 

Nah, konsumsi daun seribu diketahui dapat mengurangi peradangan kulit dan hati, yang dapat membantu mengobati infeksi kulit, tanda-tanda penuaan kulit, dan penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD). 

Studi lainnya mengungkapkan bahwa ekstrak ini dapat mengurangi peradangan hati serta melawan demam. Meski begitu penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan. 

Baca juga: Bukan Hanya Penyedap Makanan, Ini Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Manfaat lain dari daun seribu

Dilansir dari berbagai penelitian lain, daun seribu juga punya potensi manfaat yang meliputi:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Mengatur gula darah pada diabetes
  • Melindungi hati dan kantong empedu
  • Merangsang menstruasi
  • Membantu tidur
  • Mengobati wasir
  • Meredakan demam
  • Mempercepat buang air kecil

Baca juga: 5 Cara Mengolah Daun Kelor agar Manfaatnya Optimal untuk Kesehatan

Dosis daun seribu

Untuk mendapatkan manfaat dari daun seribu ada beberapa cara yang bisa kamu coba. Mula dari meminum daun dan bunganya, mengoleskan salepnya, atau menggunakan daun seribu dalam bentuk bubuk. 

Bagian dari daun dan bunga dari tanaman ini dapat dibuat menjadi teh dengan menyeduh 1–2 sendok teh (5–10 gram) ke dalam air mendidih selama 5–10 menit. Atau jika ingin yang lebih praktis, kamu juga bisa pilih daun seribu dalam bentuk teh kantung. 

Belum ada cukup bukti yang bisa menentukan dosis tepat dari daun seribu untuk kesehatan. Untuk itu, pastikan kamu membaca label produk dan menggunakannya sesuai anjuran.

Efek samping daun seribu

Meskipun tergolong sebagai tanaman herbal, tidak berarti konsumsi daun seribu 100 persen aman. Ada beberapa kemungkinan efek samping yang bisa ditimbulkan, seperti:

  • Memicu keguguran 
  • Memengaruhi siklus menstruasi
  • Meningkatkan risiko perdarahan
  • Menyebabkan reaksi alergi

Setelah mengetahui manfaat dari daun seribu, kamu mungkin tertarik untuk mengonsumsinya. Namun perlu diingat, konsultasi dengan dokter akan membuatmu merasa lebih aman dan terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan. 

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar konsumsi tanaman herbal? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr