Info Sehat

5 Manfaat Asuransi Karyawan agar Hidup Terjamin

June 11, 2022 | aldi heryadi
feature image

Seberapa penting asuransi karyawan bagi seorang pekerja?. Saat bekerja, Anda dan keluarga pasti ingin memiliki perlindungan dari risiko sakit serta beban finansial yang akan dikeluarkan jika Anda, sebagai pencari uang utama, sakit. Itulah pentingnya memiliki asuransi karyawan untuk kesehatan. Asuransi karyawan adalah bentuk proteksi dari perusahaan untuk menjaga keberlangsungan kinerja pekerja tanpa perlu khawatir akan terjadi risiko selama bekerja.

Terdapat beragam pilihan asuransi yang bisa Anda dapatkan sebagai karyawan. Paling sederhana adalah BPJS Kesehatan dan pilihan lainnya adalah asuransi swasta untuk karyawan. Fitur proteksi yang ditawarkan pun sangat beragam. Mulai dari asuransi kesehatan murni, asuransi kesehatan dan jiwa, asuransi kesehatan dan investasi, serta ketiga fitur tadi digabungkan menjadi satu.

Manfaat Asuransi Kesehatan Karyawan

Berdasarkan data yang dikutip dari Willis Towers Watson, tahun 2020, kenaikan biaya kesehatan di Indonesia mencapai 11% per tahun. Untuk itu, kesehatan karyawan tentu menjadi prioritas perusahaan. Sebab, bila banyak karyawan yang tidak terproteksi, pasti akan memengaruhi kinerja perusahaan karena produktivitas karyawan menurun.

Ada beragam manfaat asuransi untuk pekerja khususnya kesehatan yang bisa Anda rasakan. Dengan melindungi karyawan, Anda sebagai pemberi kerja, tidak perlu khawatir akan beban finansial yang akan ditanggung oleh perusahaan. Sebab, bila Anda mendaftarkan asuransi karyawan, beban finansial saat anggota tim sakit akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Tentu ini akan mengurangi turn-over maupun pinjam-meminjam antara pegawai dan perusahaan untuk membayar biaya kesehatan mereka.

Baca juga: Hasil Survei: Ini Alasan Kamu Perlu Asuransi Kesehatan

Ada beberapa manfaat dari asuransi kesehatan karyawan terbaik, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Membantu Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan

Karyawan merupakan salah satu aset untuk perusahaan yang harus dijaga dengan baik. Karenanya, saat karyawan sakit atau terkena risiko saat bekerja akan membutuhkan biaya yang banyak. Belum lagi kebutuhan keluarga yang juga ikut membengkak. Oleh sebab itu, asuransi pekerja dibutuhkan untuk menghindari kondisi tersebut. Karyawan tidak perlu mengeluarkan semua gaji atau bahkan terlibat pinjaman online  untuk biaya perawatan kesehatannya. Sebab, semua biaya tersebut sudah ditanggung oleh pihak asuransi.

Ketika sakit, mereka tidak perlu memikirkan biaya, sehingga uang gaji bisa digunakan  untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Bila karyawan sehat, tentu kinerja perusahaan akan semakin baik bukan?

2. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Adanya proteksi saat bekerja akan membuat karyawan, bahkan keluarganya, tidak perlu mengkhawatirkan akan pengeluaran mengenai kesehatan atau risiko kecelakaan kerja. Hal ini, membuat para karyawan akan bahagia dan meningkatkan produktivitas bekerja

Dengan adanya manfaat yang bisa karyawan dapatkan, perusahaan pun akan mendapatkan kinerja terbaik dari para karyawan. Hal ini tentu akan meningkatkan performa karyawan yang akan berdampak baik pada pendapatan perusahaan. 

3. Meminimalisir Risiko Ketika Terkena Musibah

Musibah dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Tidak ada manusia yang bisa menghindari musibah. Namun, Anda bisa meminimalisir dampak dan risiko yang terjadi saat terkena musibah. Mendaftarkan asuransi karyawan untuk para pekerja akan membantu meminimalisir risiko-risiko seperti cacat tetap atau bahkan kematian. Untuk itu, perlindungan terhadap karyawan dengan membayarkan premi asuransi karyawan sangatlah penting.

4. Melindungi Karyawan Secara Finansial

Siapa sih yang tidak ingin hidup sehat dan panjang umur? Tentu hal ini adalah dambaan setiap orang. Namun, beragam risiko mengincar setiap detik hidup Anda. Beragam masalah kesehatan yang paling mengkhawatirkan adalah biaya rumah sakit yang terus meningkat setiap tahunnya. Belum lagi biaya pemulihan untuk mengembalikan kesehatan karyawan tersebut. 

Dengan menjadi pemegang polis asuransi, karyawan bisa bernafas lega karena tidak perlu mengkhawatirkan risiko akan kecelakaan atau sakit. Ada beragam asuransi kesehatan terbaik untuk karyawan dengan premi yang terjangkau dengan proteksi maksimal. Akhirnya, asuransi karyawan baik perlindungan terhadap penyakit maupun kecelakaan akan menjadikan perusahaan Anda memiliki performa yang baik serta reputasi yang baik di mata para pegawai. 

Baca juga: Memanfaatkan Instrumen Manajemen Kesehatan Digital untuk Mendukung Keberhasilan Kebangkitan Kembali Ekonomi Indonesia

5. Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Semakin maksimal proteksi yang didapatkan dari asuransi karyawan tentu akan semakin menunjukkan bahwa perusahaan peduli dengan kebahagiaan karyawannya. Dengan demikian, mereka akan semakin loyal kepada perusahaan. 

Dengan meningkatnya loyalitas karyawan, tentu akan menghemat biaya dari segi biaya perekrutan karyawan baru. Asuransi karyawan yang tepat  akan meningkatkan loyalitas pegawai karena tentu saja karyawan merasa aman dan nyaman bekerja di perusahaan itu.

Kebutuhan asuransi karyawan memang tak kalah penting dari promosi jabatan atau kenaikan gaji. Biaya kesehatan yang terus naik tiap tahunnya, bisa menguras gaji walaupun keadaan keuangan masih mumpuni dan tentu bisa mengganggu stabilitas keuangan karyawan maupun stabilitas dalam perusahaan. Punya keluhan kesehatan saat bekerja? Konsultasikan dengan dokter berpengalaman melalui aplikasi Good Doctor! Download sekarang!

Sudah punya asuransi kesehatan dari perusahaan tempatmu bekerja? Ayo, manfaatkan layanannya dengan menghubungkan benefit asuransi milikmu ke aplikasi Good Doctor! Klik link ini, ya.

register-docotr