Info Sehat

10 Penyebab Pergelangan Tangan Sakit dan Cara Mengatasinya

April 2, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Pergelangan tangan sakit adalah kondisi yang umum terjadi. Bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satu yang paling umum adalah carpal tunnel syndrome. 

Selain itu, cedera dan peradangan juga mungkin menjadi penyebab pergelangan tangan sakit. Untuk lebih lengkapnya, berikut sejumlah penyebab sakit di pergelangan tangan dan cara mengatasinya. 

10 penyebab pergelangan tangan sakit

Berikut adalah 10 penyebab pergelangan tangan sakit yang paling umum terjadi.

1. Carpal tunnel syndrome

Kondisi ini disebut juga sindrom terowongan karpal, yaitu kondisi saat salah satu dari tiga saraf utama di lengan bawah terjepit atau tertekan. 

Umumnya kondisi ini akan menyebabkan nyeri di pergelangan tangan, tangan terasa lemas, mati rasa dan kesemutan di dekat ibu jari. 

Beberapa kondisi yang bisa memicu carpal tunnel syndrome antara lain:

  • Melakukan tugas berulang dengan tangan, seperti mengetik, menggambar, atau menjahit
  • Kelebihan berat badan, hamil, atau mengalami menopause
  • Memiliki kondisi medis tertentu, seperti diabetes, artritis, atau tiroid yang kurang aktif

2. Osteoartritis

Orang yang mengalami osteoartritis akan mengalami peradangan pada persendian, dan dapat dapat memengaruhi berbagai sendi, termasuk pergelangan tangan. 

Kondisi osteoartritis yang memengaruhi pergelangan tangan umumnya terjadi pada orang yang sudah berusia paruh baya atau lebih tua. Bisa juga terjadi pada mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan kondisi ini. 

3. Rheumatoid arthritis

Ini adalah kondisi peradangan sendi yang terjadi karena sistem kekebalan tubuh salah membaca lapisan sendi sebagai hal yang membahayakan. Karenanya, kondisi ini termasuk ke dalam penyakit autoimun. 

Kemudian, sistem kekebalan tubuh menyerang lapisan sendi dan akhirnya menyebabkan bengkak dan kaku pada bagian tubuh yang mengalami kondisi ini. Pergelangan tangan adalah salah satu yang bisa mengalami rheumatoid arthritis 

4. Penyakit De Quervain

Tidak diketahui penyebab pasti penyakit ini, tapi sering dikaitkan dengan cedera pada area tersebut atau karena penggunaan tangan yang berlebihan. 

Orang yang mengalaminya akan merasakan nyeri di pergelangan tangan, bengkak, lemah di sepanjang pergelangan tangan, lengan bawah dan bagian ibu jari.

5. Sindrom gerak berulang

Sindrom ini terjadi karena tangan digunakan melakukan pergerakan yang berulang, terus menerus. Misalnya merajut atau mengetik. 

Gerakan berulang itu dapat menekan saraf dan memengaruhi sendi di sekitarnya, termasuk pergelangan tangan. Sehingga menyebabkan pergelangan tangan sakit. 

6. Cedera triangular fibrocartilage complex

Triangular fibrocartilage complex (TFCC) adalah area di antara jari dan salah satu dari dua tulang struktur di bawah lengan yang disebut ulna. Jika terjadi cedera pada area ini akan menyebabkan bengkak di pergelangan. 

Cedera juga termasuk salah satu penyebab pergelangan tangan sakit. Gejala lain dari cedera ini, adanya bunyi “klik” saat kamu menggerakan pergelangan tangan. 

7. Tendonitis pergelangan tangan

Tendonitis pergelangan tangan adalah adanya robekan atau iritasi dan peradangan pada tendon pergelangan tangan. Biasanya disebabkan oleh pergerakan tangan yang berulang. 

8. Bursitis

Persendian memiliki sebuah kantung berisi cairan yang berfungsi untuk melindungi persendian. Kantung tersebut bernama bursa. Jika terjadi peradangan pada bursa, maka disebut bursitis. 

Bursitis ini bisa terjadi di beberapa lokasi termasuk pergelangan. Jika terjadi di pergelangan tangan akan menimbulkan gejala bengkak dan merah di area tersebut.

9. Kista ganglion

Penyebab pergelangan tangan sakit berikutnya adalah kista. Kista merupakan jaringan lunak berisi cair, dan sering ditemukan di pergelangan tangan. Ini menimbulkan rasa sakit, dan biasanya kista berukuran lebih kecil lebih menyakitkan dari yang berukuran besar. 

10. Keseleo menyebabkan pergelangan tangan sakit

Jatuh atau menggunakan tangan dengan posisi yang kurang tepat bisa menyebabkan masalah pada ligamen. Ini dapat menyebabkan sakit di pergelangan tangan kamu. 

Bagai mana mengatasi pergelangan tangan sakit?

Perawatan atau pengobatan pergelangan tangan sakit tergantung dari penyebabnya. Kamu harus konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui kondisi yang tepat. Namun secara umum, berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasinya:

  • Perawatan di rumah: Istirahatkan pergelangan tangan dan melakukan kompres es bisa kamu lakukan untuk mengurangi nyeri dan peradangan. Gunakan pereda nyeri jika dibutuhkan.
  • Bebat: Membebat tangan mencegah gerakan tertentu yang dapat menyebabkan iritasi. Ini berguna untuk beberapa kasus tertentu saja. 
  • Latihan: Meregangkan dan melatih otot dan tendon dapat membantu mengatasi beberapa masalah nyeri di pergelangan tangan. Sebelum memilih jenis peregangan tangan, ada baiknya konsultasikan dulu kepada dokter atau ahli terapi fisik. 
  • Perawatan tambahan: Misalnya mendapatkan suntikan kortison yang dapat mengurangi nyeri dan mengurangi peradangan. 
  • Pembedahan: Ini hanya dilakukan jika perawatan lain tidak berhasil. Misalnya, pembedahan untuk carpal tunnel syndrome melibatkan pemotongan ligamen di pergelangan tangan untuk melepaskan tekanan pada saraf.

Demikian informasi penyebab nyeri di daerah pergelangan tangan dan juga beberapa cara mengatasinya. 

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 27 Maret 2021
10 Penyebab Pergelangan Tangan Sakit dan Juga Cara Mengatainya
Medical News Today, diakses 27 Maret 2021
Why does my wrist hurt?
Mayoclinic, diakses 27 Maret 2021
Wrist Pain
WebMd, diakses 27 Maret 2021
Why does my hand hurt?

    register-docotr