Covid-19

Penting, Ini Cara Menggenjot Sistem Imun Saat Isolasi Mandiri!

July 1, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Sistem imun yang prima sangat penting untuk melawan berbagai penyakit, termasuk COVID-19. Untuk itu, ada beberapa kiat yang bisa kamu ikuti agar sistem imun dapat digenjot untuk mencegah ataupun melawan COVID-19 saat kamu isolasi mandiri.

Baca juga: Saat Isolasi Mandiri, Apa Gejala yang Muncul hingga Perlu Perawatan ke RS?

Kapan harus isolasi mandiri?

Isolasi mandiri perlu kamu lakukan ketika kamu mungkin mengalami infeksi COVID-19. Hal ini dilakukan agar kamu tidak menjadi pembawa virus dan menyebarkannya pada orang lain ketika kamu beraktivitas.

Isolasi mandiri ini harus dilakukan jika:

  • Kamu memiliki gejala COVID-19 baik berupa demam dengan suhu tinggi, batuk yang baru terjadi dan berkepanjangan atau berubahnya kemampuan kamu mengecap atau membaui
  • Kamu terbukti positif terinfeksi COVID-19 lewat tes yang kamu lakukan
  • Melakukan kontak dengan penderita COVID-19

Efek psikologis isolasi mandiri terhadap imun tubuh

Saat isolasi mandiri, kamu tidak boleh keluar rumah. Hal ini dilakukan hingga kamu sembuh supaya tidak menularkan COVID-19 kepada orang lain.

Nah, sebuah penelitian di dalam jurnal Cardiovascular Research menyebut isolasi mandiri ini memang bisa mereduksi potensi penyebaran COVID-19. Akan tetapi, situasi ini pun bisa memengaruhi kardiovaskular dan sistem imun.

Peneliti menyebut lockdown dan social distancing menimbulkan stres dan kesepian. Kondisi ini lah yang dapat memengaruhi sistem imun.

Bagaimana cara menggenjot sistem imun saat isolasi mandiri?

Lalu, bagaimana cara agar isolasi mandiri tidak membuat stres dan melemahkan sistem imun? Jangan khawatir, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

Jauhi hal-hal yang membuat stres

Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, stres kala isolasi dapat menurunkan sistem imun. Hal ini pun diperkuat oleh penelitian yang diterbitkan dalam Immunologic Research.

Dalam penelitian tersebut, peneliti menyebut kalau stres kronis dapat menekan kemampuan proteksi sistem imun. 

Untuk itu, kurangi dan hindarilah hal-hal yang membuat kamu stres selama melakukan isolasi mandiri. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari dan menghilangkan stres adalah:

  • Meditasi
  • Hindari merokok, konsumsi alkohol dan substansi adiktif lainnya

Baca juga: Stres Akibat Pandemi Bisa Picu Herpes Zoster, Benarkah Demikian?

Berjemur

Berjemur bisa jadi satu hal positif yang kamu lakukan di masa isolasi mandiri. Lakukan hal ini jika memang halaman rumah memiliki paparan sinar matahari yang cukup.

Paparan sinar matahari dapat menghasilkan vitamin D bagi tubuh secara alami. Vitamin D ini sangat penting, tapi tubuh tidak mampu membuatnya dalam jumlah yang cukup. Padahal, manfaatnya adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi depresi
  • Membuat tidur lebih cukup
  • Membuat tulang lebih kuat
  • Menggenjot sistem imun

Prof. Dr. Madarina Julia, Sp. A (K), MPH., Ph.D. dari Universitas Gadjah Mada merekomendasikan durasi berjemur selama 10-15 menit. “Waktunya bisa dipilih antara jam 10.00-15.00. Jangan lebih awal dari itu, karena paparannya tidak cukup,” kata dia.

Makan makanan bergizi

Memastikan asupan nutrisi dan mineral yang cukup sangat penting untuk menggenjot sistem imun. Karena itu, makanlah makanan bergizi yang segar dan bukan olahan selama kamu isolasi mandiri.

Berikut ini adalah rekomendasi makanan segar dan tidak diolah selama pandemi dari organisasi kesehatan dunia (WHO):

  • Makan buah, sayur, legume, kacang dan gandum utuh
  • Makanan dengan protein hewani seperti daging, ikan, telur dan susu
  • Untuk makanan harian, konsumsi 4 sajian buah, 5 sajian sayuran, 180 gram gandum, 160 gram daging dan kacang-kacangan
  • Untuk camilan, pilihlah sayur dan buah segar daripada makanan yang tinggi gula, lemak ataupun garam
  • Jangan masak sayuran dan buah terlalu matang karena bisa menghilangkan vitamin penting di dalamnya
  • Jika kamu mengonsumsi sayuran dalam kaleng atau sayuran kering, pilihlah yang jenisnya tidak mengandung tambahan garam atau gula

Sementara untuk asupan minuman, rekomendasinya adalah sebagai berikut:

  • Minum 8-10 gelas air per hari
  • Air adalah jenis cairan yang paling baik untuk tubuh. Tai kamu pun bisa minum jus, teh atau kopi tapi hati-hati terhadap kandungan kafein atau pemanis tambahannya

Demikianlah berbagai kegiatan yang bisa kamu lakukan selama isolasi mandiri untuk menggenjot sistem imun. Selalu jaga kondisi kesehatan kamu selama pandemi, ya!

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

register-docotr