Covid-19

Bantu Tubuh Cegah COVID-19 dengan 6 Kebiasaan Ini, Nomor 6 Paling Mudah!

April 15, 2020 | Bernadette Anya | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Good Doctor – Menjaga daya tahan tubuh atau imunitas tidak dipungkiri bisa membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit. Semakin sehat badan kita, maka akan semakin kuat juga sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai penyakit, termasuk yang saat ini sedang mewabah, COVID-19.  

Kasus positif COVID-19 di Indonesia masih terus meningkat. Data yang diakses dari laman covid19.go.id per Rabu, 15 April 2020, menyebutkan, kasus positif COVID-19 ada 5.136, sebanyak 446 pasien dinyatakan sembuh dan 469 pasien meninggal dunia. 

Tidak menutup kemungkinan angka ini akan terus meningkat ditambah lagi dengan kondisi cuaca yang saat ini tidak menentu dapat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan kita.

Cegah terpapar COVID-19 dengan tingkatkan imunitas tubuh

Salah satu upaya pencegahan terinfeksi COVID-19 adalah menggunakan masker. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Selain melakukan upaya-upaya pencegahan seperti yang terus didengungkan pemerintah, seperti rajin mencuci tangan dengan sabun, jaga jarak atau physical distance, hingga menggunakan masker, kita juga perlu memastikan bahwa tubuh kita dalam kondisi selalu fit.

Artinya, tubuh dalam kondisi sehat karena kekebalan tubuh terjaga baik. Tahukah kamu, bahwa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dapat dilakukan secara alami. Kuncinya yakni dengan menjalankan pola hidup sehat.  

Kebiasan-kebiasan yang bisa tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Berikut kebiasaan-kebiasaan yang selama ini mungkin kamu anggap “receh” ternyata berperan sangat penting untuk menjaga sistem imun tubuh.

1. Cukup waktu tidur

Waktu tidur yang cukup dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Mungkin tidak kita sadari bahwa tubuh kita sering terserang flu atau tidak fit jika kita kurang tidur. Kurang tidur nyatanya dapat meningkatkan hormon stres.

2. Olahraga

Biasakan untuk olahraga sebagai upaya meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Biasakanlah berolahraga secara teratur, seperti berjalan sehari 30 menit 3 kali dalam 1 minggu. 

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, olahraga teratur juga dapat meningkatkan kualitas tidur kita.

3. Pola makan yang sehat

Menjaga pola makan yang baik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Tahukah kamu mengonsumsi makanan dan minuman manis terlalu banyak dapat menghambat sistem kekebalan tubuh kita melawan bakteri selama beberapa jam setelahnya?

Daripada mengonsumsi makanan dan minuman yang manis, konsumsi banyak buah, sayur, dan makanan yang kaya nutrisi seperti vitamin C, vitamin E, betakaroten, dan zinc.

Bawang putih segar dapat pula meningkatkan tubuh dalam melawan bakteri dan virus. Beberapa studi juga menyatakan jamur shitake dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Hindari stres

Bermeditasi dapat menjadi suatu upaya mencegah stres berkepanjangan. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Manajemen stres penting untuk kita lakukan. Stres berkepanjangan dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh kita.

Kamu bisa mencoba bermeditasi sebagai upaya manajemen stres. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa orang yang bermeditasi selama delapan minggu memiliki antibodi terhadap flu lebih banyak dibandingkan yang tidak bermeditasi.

Penelitian juga menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh meningkat pada orang yang bermeditasi selama 4 bulan.

5. Memiliki relasi dan hubungan pertemanan yang baik

Memiliki lingkungan pertemanan yang baik, terutama di masa sulit dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Ternyata memiliki dan menjaga relasi pertemanan yang baik memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh, loh.

Sebuah studi menyebutkan seorang penyendiri memiliki respon kurang baik terhadap vaksin flu dibandingkan dengan orang yang memiliki lingkungan pertemanan yang baik.

6. Tertawa

Tertawa terbukti memiliki manfaat kesehatan. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Dengan tertawa, kita dapat menurunkan hormon stres dan meningkatkan sejumlah sel darah putih yang berfungsi untuk melawan infeksi.

Meningkatkan imunitas tubuh dapat dimulai dari diri kita sendiri dengan cara yang mudah dan alami. Hal ini penting untuk dilakukan untuk menjaga kondisi fisik dan mental kita untuk menghadapi wabah COVID-19. Selamat mencoba!


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. WebMD.com/cold-guide/10-immune-system-busters-boosters
  2. Health.harvard.edu/staying-healthy/how-to-boost-your-immune-system
  3. Corona.jakarta.go.id
    register-docotr