Covid-19

Mengenal High Flow Nasal Cannula Buatan Indonesia untuk Pasien COVID-19

December 31, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Virus corona yang menyerang sistem pernapasan kerap kali menyebabkan gangguan napas pada pasien positif COVID-19. Oleh karena itu, kebutuhan akan alat bantu pernapasan semakin meningkat.

Salah satu alat yang bisa membantu pernapasan pasien COVID-19 yang saat ini kian populer yakni ventilator non-invasif high flow nasal cannula.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berhasil memproduksi alat ini secara mandiri. Lalu seperti apa sistem kerjanya dalam membantu pasien COVID-19? Ini ulasannya!

Apa itu alat high flow nasal cannula?

High flow nasal cannula atau HFNC adalah alat sistem suplai oksigen yang mampu mengalirkan oksigen yang dilembapkan dan dipanaskan hingga 100 persen. Laju aliran oksigen ini mencapai hingga 60 liter per menit. 

Komponen dasar alat HFNC terdiri dari:

  • Generator aliran yang menyediakan laju aliran gas hingga 60 liter per menit
  • Pencampur oksigen udara yang mencapai peningkatan FIO2 dari 21 persen menjadi 100 persen terlepas dari laju aliran
  • Pelembab yang menjenuhkan campuran gas pada suhu 31 hingga 37 derajat Celcius.

Baca Juga : Apakah Latihan Pernapasan Bisa Bantu Ringankan Gejala COVID-19?

Apa fungsi alat high flow nasal cannula?

Fungsi high flow nasal cannula atau HFNC adalah untuk merawat pasien-pasien medis yang membutuhkan bantuan pada sistem pernapasan.

Berikut beberapa jenis pasien yang mungkin membutuhkan alat HFNC:

  • Kegagalan pernapasan hipoksia akut
  • Kegagalan pernapasan pascabedah
  • Gagal jantung akut atau edema paru
  • Kegagalan pernapasan hiperkapnia
  • Oksigenasi pra dan pasca ekstubasi
  • Apnea tidur obstruktif atau sleep apnea
  • Digunakan di unit gawat darurat

Efektivitas high flow nasal cannula pada pasien COVID-19

Sebuah studi dari Prancis membandingkan HFNC dengan terapi oksigen standar pada kohort dari 379 pasien yang didiagnosis dengan COVID-19. Mereka menemukan bahwa HFNC secara signifikan mengurangi kebutuhan untuk intubasi dan ventilator.

Dalam studi prospektif crossover acak dari Italia, para peneliti membandingkan HFNC dengan terapi oksigen menggunakan masker wajah pada pengaturan FiO2 yang kira-kira sama.

Temuan mereka menunjukkan bahwa HFNC secara signifikan meningkatkan oksigenasi, penurunan laju pernapasan, dan ventilasi menit.

Baca Juga : Apa Hubungan antara Mendengkur dan Infeksi COVID-19? Ini Penjelasannya!

Mengenal alat high flow nasal cannula buatan Indonesia

Ada banyak perusahaan medis yang memproduksi alat ini, salah satunya adalah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI.

LIPI memproduksi alat bernama Gerlink LIPI High Flow Nasal Cannula-01 (GLP HFNC-01) yang dapat digunakan untuk merawat pasien COVID-19 tahap awal.

Alat ini sudah melalui berbagai riset sejak April 2020 lalu dan sudah lolos uji dari Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan Kementerian Kesehatan.

Gerlink LIPI High Flow Nasal Cannula-01 juga sudah mendapatkan izin edar alat kesehatan dengan nomor KEMENKES RI ADK 20403020951.

Fungsi GLP HFNC-01 buatan LIPI

Alat high flow nasal cannula buatan LIPI ini dapat digunakan untuk merawat pasien COVID-19 tahap awal yang masih bisa bernapas sendiri.

GLP HFNC-01 dapat mencegah pasien mengalami gagal napas dan tidak mengharuskan mereka diinkubasi menggunakan ventilator invasif.

Selain untuk merawat pasien COVID-19, alat high flow nasal cannula buatan LIPI ini juga dapat digunakan untuk merawat pasien lain seperti:

  • Pasien diagnosis paru obstruktif kronik
  • Restrictive Thoracic Disease (RTD)
  • Obesity Hypoventilation Syndrome 5
  • Deformitas dinding dada
  • Penyakit neuromuskular
  • Decompensated Obstructive Sleep Apnea

Cara kerja GLP HFNC-01 buatan LIPI

Melansir situs Jabar Prov, Ketua Kelompok Penelitian Otomasi Industri Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik LIPI, Hendri Maja Saputra menjelaskan cara kerja alat ini.

Secara teknis, alat terapi oksigen beraliran tinggi ini menggunakan sistem aliran tinggi menggunakan tabung venturi yang berbasis pada penyempitan aliran masuk.

Alat jenis nasal cannula atau alat bantu pernapasan ini menyalurkan oksigen melalui selang yang bening transparan dan lentur. 

GLP HFNC-01 buatan LIPI ini dapat diproduksi 100 unit per bulan yang dapat digunakan di fasilitas kesehatan ataupun digunakan langsung oleh masyarakat umum.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Med Scape. Diakses pada 31 Desember 2020. Noninvasive Ventilation

NCBI. Diakses pada 31 Desember 2020. High Flow Nasal Cannula

RT Magazine. Diakses pada 31 Desember 2020. THE USE OF HIGH-FLOW NASAL CANNULA IN PATIENTS WITH COVID-19

Jabar Prov. Diakses pada 31 Desember 2020. High Flow Nasal Cannula, Teknologi Pertama di Indonesia Ciptaan LIPI

Sekretariat Kabinet. Diakses pada 31 Desember 2020. Inilah 5 Inovasi Ventilator yang Telah Diproduksi Hasil Karya Putra-Putri Indonesia

LIPI. Diakses pada 31 Desember 2020. Gerlink LIPI High Flow Nasal Cannula – 01 (GLP HFNC-01)

    Berita Terkait
    register-docotr