Covid-19

Pemerintah Wajibkan Semua Pakai Masker, Mana yang Cocok untuk Kamu?

April 15, 2020 | Bernadette Anya | dr. Andrew & dr. Elizabeth
no-image

Good Doctor – Salah satu cara untuk mencegah penularan penyakit, termasuk Coronavirus Disease (COVID-19) adalah dengan menggunakan masker. Saat ini pemerintah pun telah mewajibkan semua orang menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Dari sekian banyaknya jenis masker yang dijual di sekitar kita, jenis masker apa yang sebenarnya tepat digunakan untuk melindungi diri dari infeksi? 

Sifat dan kegunaan setiap masker

Untuk mengetahui jenis masker yang tepat, perlu dikenali sifat dan tujuan perancangan masing-masing masker ini. Berikut penjelasannya.

  1. Masker Respirator N95
Masker N95. Sumber foto: https://www.liputan6.com

Masker respirator N95 adalah masker yang dirancang agar kotoran atau kontaminan udara tidak mudah terhirup oleh seseorang. Kemampuan filter yang dimiliki masker ini adalah 95% dan mampu memfilter partikel udara berukuran 0.3 micron, seukuran beberapa bakteri atau virus. 

Masker jenis ini juga memiliki berbagai ukuran dan lebih ketat dibandingkan masker biasa. 

  1. Surgical masks atau masker bedah
Masker bedah. Sumber foto: https://www.healthline.com

Digunakan untuk melindungi seseorang dari cairan tubuh (droplets) seperti darah dan air liur dan juga mencegah partikel cairan yang dikeluarkan oleh mulut agar tidak memapar kelingkungan sekitar. 

Kemampuan filter masker ini sekitar 80% dan bersifat water resistant. Biasanya, surgical mask digunakan orang yang sakit, agar tidak berisiko menularkan penyakitnya, serta pekerja layanan kesehatan ketika menangani orang yang sakit untuk mengurangi risiko transmisi cairan tubuh pasien yang ditangani tersebut.

  1. Masker lainnya
Masker kain. Sumber foto: https://www.kompas.com

Seperti K94, paper mask, cotton mask, pitta mask dirancang untuk menjaga agar cairan yang dikeluarkan dari mulut tidak memapar lingkungan sekitar, namun jenis masker ini tidak bersifat water-resistant. 

Jenis masker ini juga bermanfaat untuk melindungi diri dari kotoran yang berukuran lebih besar seperti debu dan pollen atau serbuk sari, namun tidak memfilter partikel udara yang lebih kecil.

Masker yang paling tepat digunakan untuk orang awam

Nah, berdasarkan paparan diatas, dapat disimpulkan bahwa jenis masker N95 lah yang dirancang agar dapat menyaring kontaminan udara yang berukuran sangat kecil, termasuk virus COVID-19. 

Namun, jenis masker ini mahal dan sangat tidak nyaman untuk digunakan. Seperti yang dinyatakan WHO, jenis masker ini hanya perlu digunakan oleh mereka yang menangani pasien atau beresiko tinggi terpapar COVID-19. 

Penggunaan masker bedah cukup bagi mereka yang sedang sakit karena ini dapat mengurangi resiko penularan penyakit melalui cipratan air ludah.

Namun yang paling penting dilakukan adalah menjaga kondisi tetap fit dan selalu menjaga kebersihan diri terutama kebersihan tangan (menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol/ sabun). Ini merupakan cara yang paling efektif untuk antisipasi penularan COVID-19. Janganlah panik namun tetap waspada ya!

Kamu bisa bertanya seputar topik ini dengan dokter profesional di Good Doctor yang dapat diakses di aplikasi Grab 24/7 sekarang.

Kamu juga bisa membeli berbagai produk kesehatan seperti obat dan vitamin untuk meningkatkan imun tubuhmu lho.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Berita Terkait
register-docotr