Covid-19

Belum Dapat Sertifikat Vaksin COVID-19 atau Data Bermasalah? Ini Solusi Tepatnya!

August 24, 2021 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Usai mendapatkan suntikan vaksin COVID-19, setiap orang pasti akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti telah mendapatkan dosis lengkap. Namun, hingga saat ini ada saja yang melaporkan salah data hingga belum mendapatkan sertifikat padahal sudah divaksinasi.

Apabila mengalami hal tersebut, bagaimana solusi terbaiknya? Agar tidak salah, simak yuk solusi lengkap yang bisa kamu lakukan jika mengalami permasalahan pada data hingga belum mendapatkan sertifikat vaksin COVID-19. 

Solusi jika sertifikat vaksin COVID-19 dan data yang bermasalah 

Seseorang bisa mendapatkan sertifikat vaksin jika telah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 baik dosis pertama maupun dosis kedua.

Vaksinasi COVID-19 saat ini memang tergolong penting karena menjadi syarat dalam melakukan perjalanan atau syarat akses ke sejumlah fasilitas publik.

Hingga saat ini banyak sekali kendala yang dikeluhkan oleh masyarakat, terutama soal kesalahan data dan belum mendapatkan sertifikat tersebut.

Melansir laman Sehat Negeriku Kemkes, terkait dengan pertanyaan-pertanyaan seputar kendala tersebut pun bermunculan di media sosial Kementerian Kesehatan, baik di Instagram, Twitter, maupun Facebook.

Kemudian dijelaskan oleh Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan, drg. Widyawati, MKM bahwa masyarakat yang bermasalah dengan data hingga belum mendapatkan sertifikat bisa menyampaikan kendala yang dihadapi melalui email. 

Kamu bisa kirimkan email ke sertifikat@pedulilindungi.id serta jangan lupa untuk menyertakan kendala apa yang kamu alami terkait dengan sertifikat vaksin COVID-19.

“Proses perbaikan dapat dilakukan dengan mudah melalui email sertifikat@pedulilindungi.id,” katanya di Jakarta.

Format email keluhan ke Peduli Lindungi

Kemudian bagi masyarakat yang mengalami kendala tersebut, tentunya harus mengirimkan email dengan format yang sudah ditetapkan seperti: 

  • Nama Lengkap
  • Nomor Induk Kependudukan KTP (NIK)
  • Tempat Tanggal Lahir
  • Nomor HP
  • Lampirkan foto dan kartu vaksin.

Penting untuk diperhatikan juga, agar bisa langsung diproses, user atau pelapor sertifikat vaksin COVID-19 yang bermasalah bisa langsung menyampaikan biodata lengkap, swafoto dengan memegang KTP, dan menjelaskan keluhannya, ya. 

Cara mengecek sertifikat vaksin COVID-19 

Agar mengetahui apakah kamu sudah mendapatkan sertifikat vaksin atau adanya data bermasalah adalah melakukan pengecekan terlebih dahulu di website atau aplikasi Peduli Lindungi. 

Tentu saja pengecekan sertifikat vaksin COVID-19 ini menjadi langkah penting di masa pandemi. Penggunaan sertifikat vaksin ini sendiri sebagai syarat perjalanan selama PPKM berlangsung.

Tak hanya sekadar itu saja, di beberapa kota sertifikat vaksin juga digunakan sebagai syarat untuk masuk ke mal. Berikut ini cara cek sertifikat vaksin di Peduli Lindungi seperti dilansir dari laman COVID19

Cara cek sertifikat vaksin yang pertama adalah melalui situs Peduli Lindungi 

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan jika ingin melakukan pengecekan sertifikat vaksin melalui website atau situs Peduli Lindungi: 

  1. Buka situs pedulilindungi.id
  2. Jika sudah mendaftar di Peduli Lindungi, kamu bisa langsung login dengan memasukkan email atau nomor ponsel. 
  3. Jika belum memiliki akun di Peduli Lindungi, pilih buat akun baru. Masukkan nama lengkap, email/nomor ponsel, lalu lakukan verifikasi melalui email atau nomor ponsel.
  4. Masukkan kode OTP yang masuk ke SMS atau email. 
  5. Apabila sudah berhasil masuk ke akun Peduli Lindungi, klik nama pengguna di kanan atas, pilih Sertifikat Vaksin. 
  6. Klik lagi nama pengguna untuk melihat sertifikat vaksin. Kamu bisa mengunduhnya agar bisa disimpan di ponsel atau dicetak.

Perlu kamu ingat bahwa sertifikat vaksin akan berisi nama, NIK, tanggal lahir, tanggal vaksinasi, dan jenis vaksin. Namun apabila saat pengecekan kamu menemukan adanya kesalahan pada data, segeralah untuk melaporkannya untuk segera diubah. 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan, drg. Widyawati, MKM, mengatakan masyarakat bisa menyampaikan kendala yang dihadapi melalui email.

Pengecekan sertifikat vaksin juga bisa kamu lakukan melalui aplikasi Peduli Lindungi. Kamu bisa lebih dulu mengunduhnya melalui Play Store atau App Store.

Kemudian langkah-langkah selanjutnya tidak berbeda jauh dengan situs Peduli Lindungi, jika sudah memiliki akun bisa langsung login, tetapi apabila belum buatlah akun terlebih dahulu.

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

Reference
  1. Sehatnegeriku.kemkes.go.id (2021) diakses pada 23 Agustus 2021. Sertifikat Vaksin & Data Bermasalah? Ini Solusinya
  2. Covid19.go.id (2021) diakses pada 23 Agustus 2021. Cek Sertifikat Vaksin di www.pedulilindungi.id/periksa-sertifikat
    register-docotr