Melahirkan

Perawatan Tubuh Setelah Melahirkan, dari Mengatasi Nyeri Vagina Hingga Bengkak Payudara

July 23, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Di minggu-minggu awal setelah melahirkan, seorang ibu umumnya akan fokus mengurus sang bayi. Tapi perlu diingat juga, penting untuk moms menjalani perawatan tubuh setelah melahirkan. Karena moms akan mengalami berbagai perubahan setelah melahirkan.

Perawatan tubuh setelah melahirkan dibutuhkan agar moms bisa beradaptasi pada perubahan sebagai ibu baru dan membantu masa pemulihan. Apa saja perubahan yang dialami dan seperti apa perawatannya, berikut penjelasan selengkapnya.

Perawatan tubuh setelah melahirkan yang perlu dilakukan

Perawatan vagina, jika melahirkan secara normal

Melahirkan secara normal akan menyebabkan nyeri pada area vagina. Berikut perawatan yang perlu dilakukan selama enam minggu pertama setelah melahirkan:

  • Daerah vagina akan bengkak, apalagi jika mendapatkan episiotomi atau sayatan di bagian perineum (daerah antara vagina dan anus), untuk membantu proses kelahiran. Untuk mengurangi bengkak, moms bisa mengompresnya dengan kompres es.
  • Perawatan lainnya, selalu gunakan air hangat untuk membasuh vagina setelah moms buang air kecil.
  • Selanjutnya, jika dalam beberapa hari vagina masih cukup nyeri, usahakan untuk duduk menggunakan alas bantal.

Perawatan setelah operasi caesar

Sama seperti ibu yang melahirkan normal, dengan operasi pun membutuhkan waktu setidaknya enam minggu untuk membiasakan diri dengan nyeri pada luka jahitan.

Namun, tidak ada salahnya mencoba latihan bergerak dan berjalan beberapa hari setelah operasi. Ini akan membantu melemaskan tubuh dan dapat mengurangi risiko pembekuan darah setelah operasi.

Moms tidak perlu khawatir untuk mencoba berjalan, karena moms akan terus dipantau oleh dokter untuk memastikan tidak ada masalah dan tidak ada infeksi pada luka operasi.

Mengalami lokia setelah melahirkan

Lokia adala perdarahan yang terjadi setelah melahirkan, atau disebut juga dengan darah nifas. Melahirkan secara normal atau caesar, sama-sama akan mengalami proses nifas.

Lokia sendiri sebenarnya adalah proses tubuh membersihkan diri. Di mana rahim akan mengeluarkan darah dan lendir yang tersisa dari proses kehamilan. Lokia akan terjadi selama 4 hingga 6 minggu pertama.

Di minggu pertama, umumnya darah akan lebih banyak dibandingkan dengan darah menstruasi. Moms tidak perlu khawatir dan tidak perlu melakukan perawatan khusus, karena semakin lama darah akan berkurang kemudian berubah menjadi coklat muda hingga kekuningan.

Yang perlu diperhatikan adalah jika darah yang keluar terlalu banyak dan membuat ibu merasakan nyeri hebat disertai demam dan rasa tertekan pada perut bagian bawah.

Inkontinensia

Melahirkan dapat meregangkan otot dasar panggul yang menopang rahim, kandung kemih dan dubur. Karena itu mungkin saja moms akan mengalami masalah buang air.

Karena itu moms perlu melakukan perawatan untuk mengembalikan kekuatan otot panggul. Caranya adalah dengan berlatih senam kegel. Melakukan senam kegel ringan setidaknya tiga kali sehari di masa pemulihan, akan membantu otot lekas membaik setelah melahirkan.

Sulit buang air besar

Melahirkan juga akan memberi dampak saat moms buang air besar. Banyak yang takut buang air besar, karena tak ingin nyeri bertambah parah. Salah satu perawatan yang bisa dilakukan adalah menjaga makanan tinggi serat agar tinja lunak dan mudah dikeluarkan.

Sementara itu, ada beberapa wanita yang mengalami bengkak pada anus setelah melahirkan. Biasanya karena mengalami wasir. Jika mengalaminya, moms bisa menggunakan salep wasir mengandung hidrokortison untuk mengurangi sakit pada anus.

Perawatan payudara setelah melahirkan

Beberapa hari setelah melahirkan, payudara akan bengkak dan kencang. Selain sering memberikan ASI pada bayi, moms juga bisa merawat payudara dengan melakukan kompres hangat. Lakukan kompres hangat sesaat sebelum menyusui atau sebelum memompa ASI.

Hal lain yang perlu dilakukan adalah, tepat dalam memilih bra untuk mendukung ibu menyusui. Bra yang tepat memberikan kenyamanan dan mengurangi nyeri payudara.

Perawatan fisik lainnya

Setelah melahirkan banyak wanita mengalami perubahan kondisi kulit dan kerontokan rambut. Dua hal itu adalah pengaruh dari perubahan hormon. Moms tidak perlu khawatir karena hal tersebut normal terjadi, bahkan bisa berlangsung di tiga hingga empat bulan pertama setelah melahirkan.

Menggunakan shampo yang tepat serta banyak mengonsumsi vitamin alami dari sayur dan buah dapat membantu mengatasi rambut rontok. Sementara itu, untuk mengatasi perubahan kulit, moms perlu minum air yang cukup, mengonsumsi makanan sehat, serta rutin membersihkan kulit.

Jika kulit tubuh menghitam akibat kehamilan, moms bisa melakukan perawatan eksfoliasi untuk mengatasinya. Moms bisa memilih produk alami seperti scrub garam mandi untuk mengeksfoliasi kulit.

Perawatan tubuh setelah melahirkan terkait suasana hati

Perubahan hormonal setelah melahirkan dan kelelahan, dapat memengaruhi suasana hati moms. Moms mungkin saja mengalami baby blues, yaitu kondisi perubahan suasana hati seperti, sedih, sulit tidur, cemas dan stres. Untuk menghindarinya, moms perlu melakukan:

  • Istirahat sebanyak mungkin.
  • Menghirup udara segar dan berolahraga ringan.
  • Melakukan hal yang disukai.
  • Memakan makanan enak dan bergizi.
  • Mendapat dukungan dari pasangan.

Jika moms mengalami baby blues lebih dari 2 minggu dan sampai mengganggu proses merawat bayi, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter untuk mendapat diagnosis yang tepat. Karena mungkin saja moms mengalami depresi pascamelahirkan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Mayoclinic.org diakses 17 Juli 2020 Postpartum care: What to expect after a vaginal birth 
  2. Healthline diakses 17 Juli 2020 Recovery and Care After Delivery 
  3. Webmd diakses 17 Juli 2020 Labor and Delivery Recovery After Vaginal Birth 
  4. Medicalnewstoday diakses 17 Juli 2020 How to speed up recovery from a cesarean delivery 
    register-docotr