Melahirkan

Mengenal Fenomena ‘Bayi Bungkus’, Apakah Hal Ini Wajar Terjadi?

July 22, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Melahirkan adalah pengalaman yang sangat luar biasa, bahkan tak jarang beberapa orang menyebutnya sebagai sebuah keajaiban. Tapi apa kamu tahu kalau ada proses kelahiran bayi yang lebih unik daripada yang biasa kamu temui?

Ya, kondisi yang disebut kelahiran en caul ini adalah momen adalah ketika bayi keluar dalam keadaan terselubungi kantung ketuban (caul) yang utuh. Dilansir Healthline, keindahan langka ini hanya terjadi kurang dari 1 dari 80.000 kelahiran.

Di Indonesia, fenomena ini sering disebut sebagai fenomena ‘bayi bungkus’. Meski langka, fenomena kelahiran ini termasuk normal, lho.

Baca juga: 8 Penyebab Telat Haid Selain Kehamilan, Kapan Perlu ke Dokter?

Apa yang menyebabkan kelahiran en caul?

Kelahiran en caul, kadang-kadang disebut sebagai kelahiran terselubung, terjadi ketika janin dilahirkan masih di dalam kantung ketuban yang benar-benar utuh.

Kelahiran en caul lebih jarang terjadi pada persalinan lewat vagina, dan lebih umum terjadi saat seorang wanita melahirkan dengan prosedur operasi caesar.

Penyebabnya adalah karena saat persalinan normal, kantung ketuban biasanya sudah pecah atau dipecahkan telebih dulu melalui induksi. Sementara dalam operasi caesar, dokter biasanya tidak memecahkan kantung ketuban untuk mengangkat bayi.

Apa perbedaan kelahiran caul dengan en caul?

Kelahiran caul tidak sama dengan kelahiran en caul. Kelahiran caul terjadi ketika sepotong kecil selaput atau kantung menutupi kepala atau wajah bayi maupun keduanya.

Terkadang potongannya cukup besar untuk disampirkan di bahu dan dada bayi. Jadi ini tidak seperti kelahiran en caul, di mana bayi sepenuhnya terbungkus dalam kantung. Kelahiran caul juga lebih umum daripada kelahiran en caul.

Apa yang terjadi setelah ‘bayi lahir terbungkus’?

Jika bayi lahir en caul, penyedia layanan kesehatan akan dengan lembut memotong kantung untuk membukanya. Tindakan ini hampir mirip saat kamu membuka tas atau balon berisi air.

Air kemudian mulai mengalir keluar dari kantung, lalu kantung menyusut sedikit di sekitar bayi. Terkadang bayi yang menggeliat akan membuka en caul tepat setelah lahir. Kejadian ini bisa dikatakan seolah-olah bayi sedang ‘menetas’.

Kelahiran en caul tidak jauh berbeda dengan kelahiran lainnya. Jika kamu melahirkan persalinan normal, perbedaan utamanya adalah kamu tidak akan merasakan air ketuban pecah.

Manfaat kelahiran en caul

Dilansir Very Well Health, berikut adalah beberapa manfaat dari ‘kelahiran terbungkus’:

Aman bagi janin berisiko tinggi

Dalam beberapa kasus, kelahiran en caul dapat memberikan perlindungan bagi janin yang dianggap berisiko tinggi.

Ini karena kantung ketuban dapat menyediakan penyangga bagi janin yang belum lahir dan melindunginya dari tekanan selama persalinan. Kondisi tersebut juga dapat melindungi janin dari memar selama kontraksi.

Untuk janin yang sangat prematur, persalinan operasi caesar en caul dapat melindungi janin dari trauma terkait tekanan selama persalinan.

Perlindungan prolaps tali pusat

Prolaps yakni ketika tali pusat masuk ke dalam serviks di depan atau di bawah janin, kemudian dapat ditekan oleh janin. Ini dianggap sebagai situasi darurat untuk janin.

Persalinan normal en caul disebut dapat mengurangi risiko kepala janin tersangkut jika serviks tidak cukup melebar.

Kemungkinan komplikasi yang terjadi

Sebagian besar kelahiran en caul terjadi pada kelahiran prematur dan ketika seseorang memiliki jumlah kehamilan yang rendah. Beberapa kemungkinan komplikasi setelah kelahiran en caul meliputi:

  1. Gangguan pernapasan
  2. Sepsis
  3. Pendarahan
  4. Operasi caesar en caul juga dapat menyebabkan anemia neonatal

Baca juga: Dapatkah Stres Menyebabkan Vertigo? Simak 6 Fakta Menarik Mengenai Hal Ini

Apakah proses persalinan ini aman ‘diminta’ saat operasi caesar?

Tidak ada bukti nyata bahwa memiliki kelahiran en caul lebih baik daripada kelahiran pada umumnya. Jadi, itu bukan sesuatu yang perlu kamu minta atau coba.

Apalagi kelahiran en caul bisa jadi rumit. Jika kantung pecah selama persalinan, segalanya bisa menjadi licin dan sulit untuk ditangani. Jadi ini adalah sesuatu yang perlu didiskusikan dengan tim medis secara mendalam terlebih dahulu.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline diakses pada 22 Juli 2021

Very Well Health diakses pada 22 Juli 2021

Web MD diakses pada 22 Juli 2021

    register-docotr