Kehamilan

Yuk, Ketahui Cara Merawat Kesehatan Kulit Selama Masa Kehamilan

October 7, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Banyak hal yang berubah secara fisik di masa kehamilan, begitupun dengan kulit. Untuk itu, ada beberapa hal yang mesti kamu hindari untuk memastikan kulit tetap sehat.

American Family Physician mencatat perubahan pada kulit disebabkan oleh perubahan hormon di masa kehamilan. Beberapa efek yang bisa terjadi di antaranya:

  • Kerutan
  • Kulit kering
  • Melasma atau kulit menggelap
  • Jerawat

Cara menjaga kesehatan kulit di masa kehamilan

Dermatologist Dr. Amy Newburg, MD dalam laman Parents mengatakan beberapa hal di bawah ini dapat Moms ikuti dalam menjaga kesehatan kulit di masa kehamilan:

Cara membersihkan wajah

Di masa kehamilan, Moms harus membersihkan wajah dengan lembut. Dr. Amy merekomendasikan agar Moms menggunakan pembersih wajah nonresidu atau yang mengandung gliserin.

Kalau kulit wajah ternyata sangat kering, maka gunakanlah pembersih yang lembut dan tidak mengandung sabun. Jangan bersihkan wajah lebih dari dua kali sehari untuk mencegahnya terlalu kering.

Cara melembapkan dan melindungi dari paparan sinar matahari

Penting bagi kamu untuk menggunakan pelembap yang minimal mengandung SPF-15 dengan perlindungan spektrum yang luas. Seperti misalnya bekerja juga untuk menahan sinar UVA dan UVB.

Selama masa kehamilan, naiknya level hormon akan menggandakan sel pigmen sehingga Moms mengalami bercak di wajah. Untuk mencegah hal ini, gunakan tabir surya harian yang biasa Moms aplikasikan.

Selain karena matahari, kulit juga bisa kering karena asupan air ke dalam tubuh juga diserap oleh janin. Untuk itu, Moms harus gunakan produk pelembap yang tepat dan aman, seperti mengandung:

Mengatasi wajah berminyak dan berjerawat

Jika kulit wajah mudah berjerawat atau berminyak, maka jerawat mungkin akan banyak timbul selama trimester pertama masa kehamilan. Untuk mengatasi hal ini secara aman, Moms bisa pilih produk yang mengandung asam glikolat, asam alfa hidroksida, erythromycin topikal atau witch hazel.

Mengatasi kerut 

Untuk mengatasi kerut di masa kehamilan, pakailah produk atau kandungan yang kaya akan antioksidan seperti vitamin C. Karena vitamin ini dapat melindungi kulit dari kerusakan dan mempertahankan kolagen.

Antioksidan lain yang aman di masa kehamilan adalah:

  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Vitamin B3
  • Teh hijau

Hindari kandungan skin care yang berbahaya

Di masa kehamilan, kulit harus dirawat secara khusus. Situs kesehatan Healthline menyarankan agar Moms menghindari skin care yang mengandung bahan sebagai berikut:

Retinoid

Moms disarankan menggunakan produk yang tidak terlalu banyak mengandung retinoid. Kandungan ini ternyata bisa mengakibatkan cacat lahir.

Hal ini dilaporkan dalam sebuah kajian dari Canadian Medical Association Journal yang menyebut beberapa resep yang mengandung retinoid seperti Accutane dapat menyebabkan peningkatan 20-35 persen risiko cacat bawaan lahir.

Dosis asam salisilat yang berlebih

Asam salisilat menjadi salah satu kandungan dari obat yang dapat menghilangkan jerawat karena kemampuannya untuk menurunkan inflamasi. Tapi Moms disarankan untuk menggunakan produk yang tidak terlalu banyak mengandung bahan ini.

Hydroquinone

Sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal Canadian Family Physician menyebut tubuh bisa menyerap 25-35 persen kandungan hydroquinone dalam suatu produk. Sementara produk ini banyak dikaitkan dengan cacat bawaan pada anak.

Phthalate

Kandungan ini banyak ditemukan di dalam kosmetik. Sementara sebuah kajian dalam Journal of the American Academy of Pediatrics menyebut kalau kandungan ini berpotensi menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan reproduksi.

Formalin

Kandungan ini sudah jarang ditemukan di dalam produk perawatan kulit wajah. Karena formalin merupakan senyawa karsinogen yang dapat meningkatkan risiko infertilitas dan keguguran.

Akan tetapi, ada senyawa kimia yang dapat melepaskan formalin yang juga ditemukan dalam produk kecantikan seperti:

  • Bronopol
  • DMDM hydantoin
  • Diazolidnyl urea
  • Hydroxymethylglycinate
  • Imidazolidinyl urea
  • Quaternium-15
  • 5-bromo-5-nitro-1,3-dioxane

Demikianlah cara merawat kesehatan kulit yang aman selama masa kehamilan. Jangan sembarangan memberikan produk karena itu bisa berdampak pada kandungan, lho.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline, diakses 06 Oktober 2020. Your Guide to a Pregnancy-Safe Skin Care Routine
  2. Parents, diakses 06 Oktober 2020. Skin Care Tips During Pregnancy
  3. Journal of The American Academy of Pediatrics, diakses 06 Oktober 2020. Baby Care Products: Possible Sources of Infant Phthalate Exposure
  4. US National Library of Medicine, diakses 06 Oktober 2020. Pregnancy and isotretinoin therapy
  5. Canadian Family Physicians, diakses 06 Oktober 2020. Safety of skin care products during pregnancy
    register-docotr