Kehamilan

Sulit Hamil? Pahami Dulu Penyebab Infertilitas pada Perempuan dan Pria Berikut!

July 16, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Infertilitas pada perempuan dan pria terjadi ketika pasangan tidak dapat hamil meski telah melakukan hubungan seks tanpa kondom secara teratur. Infertilitas atau ketidaksuburan dapat disebabkan oleh masalah dengan diri sendiri atau pasangan hingga kombinasi faktor yang mencegah kehamilan.

Untungnya, ada banyak terapi yang aman dan efektif sehingga dapat secara signifikan meningkatkan peluang untuk hamil. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut berikut beberapa penyebab infertilitas pada perempuan dan pria.

Baca juga: Pemicu Kambuhnya Epilepsi, Bisa Diakibatkan Kebiasaan Buruk hingga Penyakit Tertentu!

Penyebab infertilitas pada perempuan dan pria

Menurut Office on Women’s Health, sekitar sepertiga dari kasus infertilitas dapat dikaitkan dengan faktor dalam diri wanita dan sepertiga lainnya diakibatkan oleh masalah pria. Sementara itu, sepertiga kasus yang tersisa mungkin disebabkan oleh kombinasi infertilitas pria dan wanita atau hal yang belum diketahui sebabnya.

Seorang wanita yang mengalami infertilitas biasanya akan ditandai dengan ketidakteraturan periode menstruasi.

Untuk pria, infertilitas bisa menyebabkan beberapa tanda masalah hormon, seperti perubahan dalam pertumbuhan rambut atau fungsi seksual. Dilansir dari Medical News Today, berikut beberapa penyebab umum masalah infertilitas.

Penyebab infertilitas pada pria

Penyebab umum infertilitas pada pria adalah semen dan sperma yang diproduksi. Semen sendiri merupakan cairan susu yang dikeluarkan oleh kemaluan pria saat orgasme. Semen ini terdiri dari cairan serta sperma dan berasal dari kelenjar prostat, vesikula seminalis, dan kelenjar seks lainnya.

Jumlah sperma rendah

Salah satu faktor utama pria mengalami infertilitas adalah jumlah sperma yang rendah. Perlu diketahui, sekitar sepertiga dari pasangan memiliki kesulitan untuk hamil karena jumlah sperma yang rendah.

Sperma abnormal

Sperma mungkin memiliki bentuk yang tidak biasa sehingga membuatnya sulit untuk bergerak dan membuahi sel telur. Jika sperma berbentuk abnormal maka akan sulit untuk bergerak dengan cepat dan akurat ke arah sel telur sehingga pembuahan tidak terjadi. 

Testis kepanasan

Penyebab lain seorang pria bisa mengalami infertilitas adalah testis yang kepanasan. Hal ini biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, seperti menggunakan kolam air panas, mengenakan pakaian ketat, dan bekerja di lingkungan yang panas.

Faktor lingkungan

Paparan berlebihan akibat faktor lingkungan tertentu, seperti pestisida dan bahan kimia lainnya bisa menjadi penyebab utama infertilitas. Tak hanya itu kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, ganja, dan steroid anabolik juga bisa memengaruhi kesuburan pria.

Penyebab infertilitas pada perempuan

Kesuburan seorang wanita akan mulai menurun setelah memasuki usia 30 tahun. Infertilitas atau ketidaksuburan pada wanita dapat dikarenakan oleh berbagai faktor risiko, salah satunya adalah pola hidup yang buruk.

Nah, beberapa penyebab infertilitas pada wanita yang perlu diketahui, antara lain sebagai berikut:

Kebiasaan merokok

Merokok secara signifikan dapat meningkatkan risiko infertilitas karena merusak efek perawatan kesuburan. Tak hanya itu, merokok selama kehamilan bisa menyebabkan terjadinya peningkatan risiko keguguran.

Diet tidak sehat

Kekurangan asam folat, zat besi, seng, dan vitamin B12 akibat diet tidak sehat bisa memengaruhi kesuburan. Karena itu, jika kamu ingin melakukan diet maka bisa bertanya pada dokter mengenai suplemen yang cocok untuk mencegah kekurangan nutrisi untuk tubuh.

Kerusakan pada tuba falopi

Kerusakan atau penyumbatan ini sering disebabkan oleh radang tuba falopi atau salpingitis. Masalah ini juga bisa dikarenakan penyakit radang panggul akibat adanya infeksi menular seksual, endometriosis, atau adhesi.

Kanker tertentu

Penyebab infertilitas pada perempuan lainnya adalah karena memiliki penyakit kanker tertentu, terutama pada saluran reproduksi. Pengobatan terhadap kanker, berupa radiasi dan kemoterapi juga akan mengganggu kesuburan wanita sehingga mengakibatkan infertilitas.

Baca juga: Tidak Melulu Pakai Obat, Sejumlah Makanan Ini Bisa untuk Memutihkan Gigi!

Pencegahan terhadap masalah infertilitas

Infertilitas umumnya bisa dicegah dengan menerapkan beberapa strategi yang dapat meningkatkan peluang untuk hamil. Untuk pasangan, cobalah untuk melakukan hubungan intim secara teratur beberapa kali sekitar waktu ovulasi.

Lakukanlah hubungan seksual dimulai setidaknya lima hari sebelum dan sampai sehari setelah ovulasi untuk meningkatkan peluang hamil. Beberapa pencegahan yang bisa dilakukan oleh perempuan dan pria, seperti berikut ini.

Mencegah infertilitas pada pria

Ketidaksuburan pria bisa dicegah dengan menghindari penggunaan narkoba, tembakau, dan konsumsi minuman beralkohol. Jauhi juga paparan racun industri, berendam dalam air panas dan mengenakan pakaian ketat karena bisa memengaruhi produksi sperma.

Mencegah infertilitas pada perempuan

Tak berbeda dengan pria, wanita juga bisa mencegah infertilitas dengan menghentikan kebiasaan merokok, kurangi konsumsi kafein dan hindari kelebihan berat badan. Lakukanlah olahraga secara teratur karena bisa memengaruhi menstruasi dan kesuburan pada wanita.

Penyebab infertilitas pada perempuan dan pria bisa dihindari dengan segera melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli. Dokter biasa akan menanyakan riwayat kesehatan, kehidupan seksual, dan segala kondisi atau penyakit yang dapat menyebabkan infertilitas.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Medical News Today (2018), diakses 10 Juli 2020. Infertility in men and women
  2. Mayo Clinic (2019), diakses 10 Juli 2020. Infertility
  3. Healthline (2019), diakses 10 Juli 2020. Everything You Need to Know About Infertility
    register-docotr