Kehamilan

Penting Moms Ketahui! Ini Sederet Penambah Darah yang Aman untuk Ibu Hamil

July 31, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Penambah darah untuk ibu hamil, baik itu suplemen maupun yang alami lewat makanan, mengandung zat besi hingga asam folat. Ini penting untuk dikonsumsi karena Moms membutuhkan banyak darah untuk mendukung pertumbuhan dari bayi yang dikandung.

Selama masa kehamilan, zat besi dan beberapa nutrisi lain sangat dibutuhkan tubuh. Kekurangan material ini akan mengganggu produksi sel darah merah yang dibutuhkan untuk menambah darah.

Baca Juga: Fakta di Balik Cryptic Pregnancy: Ada Gejala Kehamilan Tapi Hasil Test Pack Negatif

Kekurangan darah saat hamil dan bahayanya

Berdasarkan artikel dalam Cardiovascular Journal of Africa, kehamilan membuat suplai darah dalam tubuh Moms meningkat hingga 50 persen.

Di sinilah peran dari zat besi sebagai penambah darah bagi ibu hamil. Kalau Moms tidak memberi asupan zat besi yang cukup bagi tubuh, maka Moms bisa terkena anemia, suatu kondisi yang umum terjadi pada saat kehamilan.

Anemia saat hamil akan membuat Moms dan bayi yang dikandung memiliki risiko beberapa komplikasi penyakit berbahaya, jika tidak diatasi dengan asupan zat besi dan nutrisi lainnya. Komplikasi fatal seperti kelahiran prematur dan berat badan bayi di bawah normal.

Nah untuk mencegah hal itu terjadi, Moms bisa mengatasinya dengan konsumsi penambah darah untuk ibu hamil berikut ini:

Makanan penambah darah untuk ibu hamil

Zat besi merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan sebagai penambah darah untuk ibu hamil. Sayangnya, tubuh tidak secara alami menghasilkan mineral ini.

Zat besi bisa didapatkan dari makanan yang Moms konsumsi. Itu sebabnya, meningkatkan asupan makanan kaya zat besi merupakan hal yang penting, terutama saat hamil.

Beberapa makanan yang kaya akan zat besi sebagai penambah darah untuk ibu hamil, seperti:

Daging sapi tanpa lemak

Daging merah merupakan sumber yang baik untuk zat besi yang mudah dicerna. Dalam setiap 85 gram daging sapi tanpa lemak sirloin, Moms akan mendapatkan sekitar 1,5 miligram zat besi.

Tapi saat hamil, Moms jangan makan daging yang kurang matang atau mentah ya! Karena itu akan membuat Moms mudah terkena kontaminasi bakteri.

Daging ayam sebagai makanan penambah darah untuk ibu hamil

Sumber zat besi yang mudah dicerna ini juga baik sebagai penambah darah di masa kehamilan. Daging ayam sendiri mengandung 1,5 mg zat besi per 226 gram porsinya. 

Sama seperti daging sapi pastikan Moms mengonsumsi daging ayam dengan kematangan yang cukup. Masaklah dengan suhu sekitar 73,8 derajat celsius untuk mematikan bakteri yang di dalamnya, seperti Listeria.  

Ikan salmon kaya akan zat besi

Dalam setiap ikan salmon, ada sekitar 1,6 miligram zat besi di dalamnya yang bisa menjadi sumber penambah darah untuk ibu hamil. Pastikan Moms memasak ikan ini dengan suhu 62,8 derajat celsius.

Selain itu, salmon juga mengandung asam lemak omega-3 dan nutrisi lain yang penting untuk kesehatan masa kehamilan Moms.

Buncis dan kacang-kacangan

Kedua bahan makanan ini memiliki zat besi yang tidak mudah dicerna, tapi tetap bisa dijadikan alternatif sebagai penambah darah jika Moms tidak memakan daging.

Dalam satu mangkuk kacang-kacangan, terdapat 6,6 miligram zat besi. Jumlah yang sama juga terdapat dalam satu mangkuk kacang merah putih yang sudah dikeringkan dan dimasak.

Bayam dan kubis juga kaya zat besi

Kedua sayuran ini kaya akan antioksidan, vitamin dan juga zat besi. Satu mangkuk kubis yang sudah dimasak mengandung 1 miligram zat besi. Sementara bayam lebih superior, karena dalam satu mangkuk sajiannya, Moms bisa mendapatkan 6,4 mg zat besi.

Baca Juga: 13 Makanan Penambah Darah yang Baik Dikonsumsi Pengidap Anemia

Suplemen penambah darah untuk ibu hamil

Moms bisa mengonsumsi suplemen di masa kehamilan. Beberapa suplemen yang aman sebagai penambah darah adalah:

  • Suplemen B12 dan asam folat: kekurangan asam folat dan vitamin B12 dapat berujung pada kurangnya level hemoglobin dan darah. Karena itu, Moms bisa konsumsi suplemen yang mengandung kedua nutrisi ini
  • Penambah zat besi: Jika makanan Moms masih tidak mengandung cukup zat besi, usahakan untuk mengonsumsi suplemen zat besi
  • Vitamin C: mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C sangat penting di masa kehamilan, karena vitamin C dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi dan juga meningkatkan kesehatan Moms dengan antioksidan yang dikandungnya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. healthline.com (2019) diakses 28 Juli 2020. https://www.healthline.com/health/pregnancy/iron-rich-foods-for-pregnancy
  2. Webmd.com (2020) diakses 28 Juli 2020. https://www.webmd.com/baby/guide/anemia-in-pregnancy#1
  3. Ncbi.nlm.nih.gov (2016) diakses 28 Juli 2020. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4928162/
    Berita Terkait
    register-docotr