Kehamilan

Sering Tak Disadari, Ternyata Ini Ciri-Ciri Hamil Muda yang Wajib Diketahui!

July 13, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Kehamilan merupakan momen yang paling dinantikan bagi banyak pasangan. Namun, banyak wanita yang tidak menyadari bahwa dirinya tengah hamil. Padahal mengetahui ciri-ciri hamil muda merupakan hal yang penting.

Terlepas dari tes kehamilan atau ultrasonografi yang dapat menentukan kehamilan, terdapat ciri-ciri hamil muda untuk diketahui. Ciri-ciri tersebut bisanya menyebabkan perubahan dalam tubuh yang menyebabkan seorang wanita mengalami gejala tertentu.

Baca Juga: Sekilas Nampak Mirip, Ternyata Ini Bedanya Pilates dan Yoga

Apa ciri-ciri hamil muda?

Hamil muda memiliki banyak ciri maupun tanda yang mudah untuk diketahui, meskipun demikian setiap wanita berbeda. Tidak semua wanita mengalami gejala yang sama. Maka dari itu, pengalaman kehamilan pada setiap wanita pasti berbeda.

Akan tetapi ada beberapa ciri-ciri hamil muda yang paling umum yang bisa dirasakan oleh seseorang. Berikut adalah ciri-ciri awal kehamilan seperti yang dilansir dari Webmd.

1. Keluar bercak darah dan kram

Setelah pembuahan, sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim. Ini dapat menyebabkan salah satu tanda awal kehamilan, yakni keluar bercak darah dari vagina dan terkadang menyebabkan kram.

Hal tersebut disebut dengan perdarahan implantasi. Ini terjadi antara 6 hingga 12 hari setelah sel telur dibuahi.

Kram yang dialami pada awal kehamilan ini terasa seperti kram yang terjadi saat menstruasi, sehingga hal ini menyebabkan beberapa wanita mengira bahwa perdarahan yang terjadi merupakan periode awal menstruasi mereka.

2. Ciri-ciri hamil muda seperti terjadi perubahan pada payudara

Kadar hormon wanita berubah dengan cepat setelah pembuahan. Karena perubahan hormon tersebut, payudara dapat menjadi bengkak, sakit, atau bahkan terasa lebih sensitif satu atau dua minggu kemudian.

Payudara juga dapat terasa lebih berat atau padat. Daerah di sekitar puting susu atau yang disebut dengan aerola juga bisa menjadi gelap.

3. Merasa lelah

Kelelahan merupakan hal normal yang terjadi pada awal kehamilan. Seseorang dapat merasakan kelelahan luar biasa setelah satu minggu kehamilan. Hal ini sering dikaitkan dengan kadar hormon progesteron yang tinggi.

Akan tetapi faktor lain seperti kadar gula darah lebih rendah, tekanan darah rendah, serta peningkatan produksi darah semuanya dapat berkontribusi.

Jika kamu mengalami ciri-ciri hamil mudah ini, sebaiknya perbanyaklah beristirahat serta perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan protein serta zat besi yang mampu untuk memberikan tenaga pada tubuh.

4. Morning sicknees, ciri-ciri hamil muda yang sering dirasakan

Morning sickness merupakan kondisi mual dan muntah yang menjadi ciri paling terkenal pada kehamilan. Namun yang perlu diperhatikan adalah tidak semua wanita mengalami ciri ini.

Penyebab pasti terjadinya morning sicknees tidak diketahui, tetapi hormon kehamilan dapat berkontribusi terhadap terjadinya hal ini. Mual dan muntah selama kehamilan dapat terjadi kapan saja, namun umumnya terjadi pada pagi hari.

Seorang wanita juga dapat mengalami masa ngidam atau bahkan tidak suka dengan suatu makanan tertentu. Sebagian wanita bahkan merasa lebih sensitif terhadap suatu bebauan, dan ini biasanya terjadi selama trimester pertama.

Baik rasa mual dan muntah, ngidam, serta tidak suka dengan suatu makanan, ketiganya dapat terjadi selama kehamilan.

Namun untungnya banyak wanita yang merasakan gejala tersebut berkurang di sekitar 13 atau 14 minggu kehamilan mereka.

Baca juga: Ini Daftar Makanan Sehat untuk Kesehatan Ibu Hamil

5. Telat menstruasi

Ciri-ciri hamil muda yang paling jelas dan mendorong seseorang untuk melakukan tes kehamilan adalah telatnya menstruasi. Akan tetapi hal ini tidak semua berarti disebabkan oleh kehamilan.

Beberapa wanita bahkan mengalami perdarahan saat kehamilan. Sebaiknya jika kamu mengalami hal tersebut berkonsultasilah dengan dokter.

Terlepas dari kehamilan, telatnya menstruasi juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya saja kenaikan atau penurunan berat badan yang terlalu signifikan, masalah hormonal, kelelahan, atau bahkan stres.

Sebagian wanita tidak mengalami menstruasi ketika mereka berhenti minum pil KB.

Meskipun jarang dirasakan, ini ciri-ciri hamil muda lainnya yang perlu diketahui

Seorang wanita tidak hanya dapat mengalami ciri-ciri hamil muda yang umum atau sering dirasakan saja, tetapi juga mereka dapat mengalami ciri yang kurang umum dan jarang dirasakan pada awal kehamilan.

Berikut adalah ciri-ciri hamil muda lainnya yang perlu kamu ketahui.

  • Sering buang air kecil
  • Sembelit
  • Perubahan mood
  • Sakit kepala dan nyeri punggung
  • Pusing bahkan hingga pingsan

Seorang wanita memang dapat mengalami beberapa ciri-ciri hamil muda pada awal kehamilannya. Meskipun demikian, sebaiknya lakukanlah tes kehamilan dan lakukan USG atau berkonsultasi pada dokter untuk memastikan kehamilanmu.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2018). Diakses pada 06 Juli 2020. Early Pregnancy Symptoms 

Webmd (2018). Diakses pada 06 Juli 2020. Early Pregnancy Symptoms

    register-docotr