Kenali Manfaat Buah Tin serta Efek Sampingnya untuk Tubuh

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Apakah kamu pernah mengonsumsi buah tin? Faktanya, buah tin ternyata memiliki banyak manfaatnya lho.

Buah yang berasal dari daerah Timur Tengah ini juga dikenal sebagai buah ara atau figs. Yuk, kenali apa saja manfaat dan khasiat buah tin untuk kesehatan di sini! 

Khasiat dan manfaat buah tin untuk kesehatan

Berkat kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, buah tin punya banyak manfaat dan khasiat untuk tubuh kamu. Berikut beberapa di antaranya!

1. Manfaat buah tin untuk kesehatan kulit

Khasiat buah tin yang pertama adalah membantu menjaga kesehatan kulit. Dalam pengobatan tradisional, buah tin digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit seperti eksim, vitiligo, dan psoriasis.

Selain itu, buah tin juga dapat dijadikan bahan masker wajah lho. Kandungan antioksidan di dalamnya sangat baik untuk merawat kulit wajahmu. Mengonsumsi buah tin secara rutin dapat membantumu mendapatkan kondisi kulit yang maksimal.

Kalau kamu ternyata cocok dan tidak memiliki reaksi alergi saat mengomsumsi buah ini, lanjutkan terus ya. Namun, jika kamu memiliki reaksi alergi, segera hentikan konsumsi buah tin.

2. Khasiat buah tin untuk kesehatan jantung

Manfaat buah tin atau buah ara yang kedua adalah menjaga kesehatan jantung. Kandungan yang ditemukan dalam buah tin kering adalah fenol, omega-3 dan omega-6. Asam lemak tersebut membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Di samping itu, daun dari buah tin memiliki manfaat yang signifikan untuk menurunkan trigliserida dalam tubuh. Trigliserida adalah faktor utama lain di balik terjadinya berbagai penyakit jantung, termasuk jantung koroner. 

Baca juga: 12 Manfaat Buah Bit, Salah Satunya Bisa Turunkan Risiko Anemia!

3. Khasiat buah tin untuk kesehatan tulang 

Manfaat buah ara yang selanjutnya adalah membantu jaga kesehatan tulang kamu. Tahukah kamu bahwa ½ gelas buah tin kering menghasilkan kalsium yang jumlahnya hampir sebanyak ½ gelas susu? 

Buah tin memiliki kandungan kalsium, magnesium, dan strontium yang baik untuk membantu menjaga kesehatan tulang.

Di samping itu, strontium juga umum digunakan untuk mengobati osteoporosis pasca-menopause.

4. Menurunkan tingkat kolesterol

Manfaat buah ara yang berikutnya adalah menjaga kadar kolesterol tetap aman. Buah yang satu ini mengandung serat yang dapat larut dalam air bernama pektin.

Uniknya, saat bergerak di dalam sistem pencernaan, pektin akan membawa kolesterol yang berlebih ke sistem ekskresi untuk kemudian dikeluarkan dari tubuh. 

Di samping itu, pektin juga dapat merangsang pergerakan usus yang sehat dan memiliki efek pencahar. Jumlah serat yang tinggi dalam buah tin juga dapat menghindari jenis kanker perut tertentu dan kanker usus besar. 

5. Manfaat buah tin untuk kesehatan rambut

Untuk mendapatkan rambut yang indah dan sehat, kamu membutuhkan asupan zat besi yang cukup. Konsumsilah buah tin secara rutin karena buah yang satu ini diketahui memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi.

Meski begitu penelitian mengenai kaitan buah tin dengan kesehatan rambut masih sedikit. Penting untuk kamu ingat, sebelum memutuskan mengonsumsi ekstrak atau suplemen buah tin konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ya. 

6. Disfungsi ereksi

Manfaat buah ara yang berikutnya juga bisa membantu kesehatan seksual pria lho. Buah tin juga dianggap efektif untuk mengatasi beberapa permasalahan seksual seperti daya tahan atau disfungsi ereksi.

Buah yang berasal dari Asia Barat ini juga dapat digunakan sebagai suplemen seksual dan obat kuat. Namun, penelitian mengenai hal ini masih perlu dilakukan lebih lanjut. 

Baca juga: 6 Manfaat Buah Mangga, Jaga Kesehatan Kulit hingga Cegah Kanker

Manfaat daun buah tin

Selain buahnya, ternyata daun buah tin juga memiliki banyak manfaat serta khasiat untuk kesehatan tubuh kita lho.

Berikut beberapa manfaat daun buah tin yang harus kamu tahu:

1. Manfaat daun buah tin untuk penderita diabetes

Mengonsumsi daun buah tin atau buah ara dapat memberikan manfaat bagi penderita diabetes.

Saat dikonsumsi oleh pengidap diabetes, daun buah ara bisa menurunkan jumlah insulin yang dibutuhkan tubuh.

Efek ini memungkinkan penderita diabetes untuk mengelola lebih sedikit insulin melalui suntikan, proses yang mahal dan seringkali seumur hidup.

2. Khasiat daun buah tin untuk trigliserida

Daun buah tin juga punya khasiat untuk menurunkan kadar trigliserida tubuh. Trigliserida adalah bentuk penyimpanan lemak di dalam tubuh.

Meskipun pasokan trigliserida tertentu diperlukan untuk kesehatan dan fungsi tubuh yang tepat, terlalu banyak trigliserida bisa meningkatkan risiko obesitas dan penyakit jantung.

Nah, diet dengan konsumsi daun buah tin secara teratur dapat membantu menurunkan risiko kesehatan ini karena secara bertahap menurunkan kadar trigliserida.

3. Pengobatan rumahan

Selain anti-diabetes dan mampu turunkan trigliserida, daun buah tin juga kerap digunakan sebagai alternatif obat rumahan, mulai dari bronkitis hingga bisul.

Teh daun buah ara atau buah tin memiliki manfaat untuk masalah kardiovaskular, pasien kanker, dan orang dengan tekanan darah tinggi. Untuk membuat teh daun buah tin, cukup rebus daunnya dalam air setidaknya selama 15 menit. 

Pengobatan rumahan untuk bisul melibatkan mengunyah dan menelan dua daun buah tin utuh setiap hari.

4. Pengobatan bronkitis

Khasiat dari buah tin lainnya yakni membantu mengatasi penyakit yang terkait dengan pernapasan.

Teh dari daun buah tin telah lama dikenal memiliki manfaat untuk mengatasi beberapa gangguan pernapasan salah satunya adalah bronkitis.

Di samping itu, buah tin juga dimanfaatkan untuk mencegah dan mengurangi gejala dari penderita asma. Wah, selain buah, daunnya juga berguna ya!

Buah tin kering

Buah tin memang lebih sering dan populer dipasarkan dalam bentuk yang sudah dikeringkan. Namun, apakah kandungan dan khasiatnya sama saja?

Buah tin kering mengandung lebih banyak gula dan juga tinggi akan kalori, jadi kamu tidak boleh memakannya secara berlebihan. Apalagi kalau kamu adalah penderita diabetes.

Namun, buah tin kering juga punya kelebihan, ia dinilai lebih efektif mengobati sembelit ketimbang buah tin yang masih segar.

Buah tin untuk promil

Bagi Moms yang sedang melakukan promil atau program hamil, pasti sering dong mendapat saran untuk konsumsi buah tin? Namun, apakah buah tin memang sangat berkhasiat sehingga bisa bantu Moms cepat hamil?

Menurut orang Yunani kuno, buah ara dianggap sebagai buah suci dan juga dianggap sebagai simbol kesuburan dan cinta. Karena mengandung mineral seperti seng, magnesium, dan zat besi, semuanya membantu meningkatkan kesehatan reproduksi.

Buah tin memang mengandung banyak zat besi, dan inilah alasan mengapa buah ara meningkatkan kesuburan dan baik untuk promil.  

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa buah tin kering merupakan sumber utama serat, sehingga membantu mencegah kanker payudara dan ketidakseimbangan hormon. Namun, konsultasi dengan dokter dulu ya kalau Moms mau konsumsi buah tin untuk promil.

Efek samping buah tin

Memang sih buat tin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tetapi di sisi lain buah ini juga memiliki efek samping yang perlu kamu waspadai. 

Menurut penelitian yang pernah dilakukan pada 2010, orang yang alergi dengan lateks karet juga mungkin alergi terhadap buah tin. Selain itu, bila kamu alergi terhadap buah-buahan lain dalam keluarga murbei seperti nangka, srikaya, atau osage orange mungkin juga alergi terhadap buah tin.

Selain alergi, buah tin juga dapat menimbulkan interaksi obat. Bila kamu mengonsumsi obat pengencer darah seperti warfarin kamu perlu menghindari buah tin baik yang segar maupun yang sudah dikeringkan.

Hal ini dianjurkan karena buah tin mengandung banyak vitamin K yang mampu mengentalkan darah. 

Efek samping lain yang perlu kamu waspadai adalah gangguan pencernaan. Buah tin memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat menjadi obat pencahar alami. Namun, mengonsumsi buah tin yang terlalu banyak dapat menyebabkan diare.

Ayo jangan ragu untuk konsultasikan masalah kesehatanmu bersama Good Doctor. Temui dokter terpercaya kami melalui aplikasi Grab Health. Kini, semua informasi kesehatan ada dalam genggamanmu.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin