Alat Pencet Komedo, Apakah Ada Efek Sampingnya?

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Alat pencet komedo sudah banyak digunakan karena caranya yang mudah, namun jangan salah, alat ini juga memiliki efek samping penggunaanya lho! Ya, banyak cara yang dilakukan untuk mengeluarkan komedo salah satunya menggunakan alat penyedot.

Cara membersihkan komedo pada wajah harus dilakukan dengan benar karena bisa saja menyebabkan tumbuhnya jerawat jika salah pencet. Nah, untuk lebih lengkapnya yuk simak penjelasan mengenai manfaat alat pencet komedo serta efek samping berikut ini.

Baca juga: 5 Manfaat Menyusui bagi Ibu: Turunkan Berat Badan hingga Cegah Depresi

Bagaimana cara kerja alat pencet komedo?

Alat pencet komedo merupakan salah satu media yang digunakan untuk membersihkan komedo di wajah. Biasanya, kekuatan alat pencet atau penyedot komedo cukup ringan dan efektif mengeluarkan minyak serta kulit mati dari pori-pori.

Komedo sendiri terjadi akibat pori-pori tersumbat minyak dan sel kulit mati. Penyumbatan kemudian akan teroksidasi oleh udara sehingga mengubahnya menjadi gelap. Karena itu, sering juga disebut sebagai komedo terbuka atau blackhead.

Beberapa penyedot komedo termasuk salah satu perangkat profesional yang disetujui oleh Food and Drug Administration atau FDA. Menurut University of Utah, penyedot pori dapat membantu mengatasi komedo yang telah dikendurkan. 

Meski menggoda, jangan pernah memencet komedo terutama dengan tangan yang belum dicuci. Memencet komedo sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kerusakan kulit termasuk munculnya jaringan parut.

Dilansir dari Healthline, eksfoliasi dan penetrasi biasanya akan dilakukan untuk mempermudah pembersihan komedo. Nah, terdapat beberapa teknik alternatif yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan komedo, seperti berikut ini:

  • Gunakan pembersih over-the-counter dengan asam salisilat. Asam salisilat sendiri berguna untuk memecah sel kulit mati dan minyak yang menyumbat pori-pori.
  • Eksfoliasi dengan beta hydroxy acid atau BHA, seperti asam glikolat. Biasanya pembersihan ini dapat mempermudah komedo untuk keluar dari pori-pori.
  • Gunakan masker wajah. Masker yang bisa digunakan untuk membantu membersihkan komedo adalah masker tanah liat dan masker arang.

Perlu diperhatikan juga untuk menggunakan produk wajah non komedogenik guna menghindari risiko jerawat pada wajah. Untuk mencegah komedo kembali, kamu diharuskan untuk rutin mencuci wajah setelah berkeringat.

Usahakan agar tidak tidur dengan riasan karena dapat memicu munculnya komedo hingga jerawat.

Apakah alat pencet komedo efektif?

Penggunaan alat pencet komedo ini harus diperhatikan dengan benar, seperti kekuatan yang digunakan. Biasa alat pencet atau penyedot ini digunakan pada level sedang sehingga tidak akan melukai kulit wajah. 

Jika ingin menggunakan sendiri, maka kamu bisa membelinya secara online dengan harga terjangkau. Namun, beberapa dokter kecantikan juga memiliki alat ini sehingga bisa menjadi pilihan kamu ketika ingin menghilangkan komedo secara efektif. 

Biasanya, alat pencet komedo efektif membersihkan apabila memperhatikan langkah-langkah sebelum menggunakannya. Nah, beberapa hal yang perlu diperhatikan agar komedo dapat terangkat secara efektif dari kulit, antara lain:

Pembersihan wajah

Perawatan pertama yang harus dilakukan ketika ingin mengangkat komedo secara efektif adalah membersihkan wajah. Pembersihan wajah dapat dilakukan dengan menggunakan sabun cuci yang digunakan kemudian dilanjut dengan diuap.

Uap ini bertujuan untuk membuka pori-pori wajah agar mempermudah keluarnya komedo. Selain uap, kamu juga bisa menggunakan produk yang mengandung asam salisilat atau asam glikolat. 

Penggunaan alat

Alat pencet komedo memang sudah banyak di pasaran, namun kamu tetap disarankan untuk melakukannya di klinik kecantikan atau dokter kulit. Selain itu, pastikan untuk tidak berlebihan ketika menggunakannya karena bisa menyebabkan efek samping yang berbahaya.

Ketika pori-pori wajah sudah terbuka, maka segera gunakan alat tersebut untuk mengeluarkan komedo. Selalu ingat untuk menggunakannya dalam level sedang atau tidak terlalu kencang untuk menghindari risiko efek samping.

Baca juga: Ciri-ciri HIV: Mulut Kering Hingga Luka Lepuh!

Efek samping akibat penggunaan alat pencet komedo

Meski mudah dilakukan sendiri, penggunaan alat pencet komedo ini harus diperhatikan. Jika tidak dilakukan oleh seseorang yang berpengalaman maka bisa memicu memar atau disebut juga dengan telangiectasias.

Telangiectasias merupakan pecahnya pembuluh darah pada wajah yang termasuk ke dalam kondisi berbahaya. Pembuluh darah pada wajah yang pecah bisa ditangani dengan laser agar penampilan bisa kembali seperti semula.

Nah, untuk itu, perlu penanganan oleh seseorang yang profesional agar efek samping lain tidak terjadi. Konsultasikan juga dengan dokter mengenai cara paling aman untuk menghilangkan komedo membandel.

Masalah kesehatan lainnya bisa ditanyakan pada dokter di Good Doctor. Konsultasikan juga secara online hanya di Grabhealth Apps, ya!

  1. Healthline (2019), diakses 10 Agustus 2020. Using a Blackhead Vacuum to Clean Your Pores
  2. Medical News Today (2017), diakses 10 Agustus 2020. How do I get rid of blackheads safely?
  3. Healthcare.utah (2017), diakses 10 Agustus 2020.  VACUUM YOUR PORES?
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin