Diabetes

Jangan Khawatir Ngemil Lagi, Ini 6 Camilan yang Aman untuk Penderita Diabetes

January 9, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Memilih camilan untuk penderita diabetes merupakan hal yang sulit dan menantang. Karena jika salah pilih, gula darah kamu bisa meningkat begitupun dengan komplikasi penyakit ini.

Situs kesehatan Healthline menyebut makanan memainkan peranan penting dalam mencegah dan mengelola penyakit diabetes yang kamu miliki. Oleh karena itu, kamu harus bijak.

Baca Juga: Jangan Ditunda, Cara Mencegah Diabetes Ini Perlu Dicatat Anak Muda

Ragam camilan untuk penderita diabetes

Bagi penderita diabetes, camilan harus kaya kandungan serat, protein serta lemak baik. Nutrisi ini dapat membantu kamu untuk menjaga level gula darah terkontrol.

Selain itu kamu pun harus memilih camilan yang kaya nutrisi untuk meningkatkan kondisi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasinya:

1. Telur rebus

Telur rebus bisa menjadi satu makanan yang super sehat untuk penderita diabetes. Kandungan protein dari telur rebus bisa dibilang paling menonjol. Dilansir Healthline, satu telur rebus besar mengandung 6 gram protein.

Kandungan protein tersebut sudah bisa menjadikan telur rebus sebagai satu camilan sehat untuk penderita diabetes. 

Karena, berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam International Journal for Vitamin and Nutrition Research, makanan tinggi protein mencegah peningkatan gula darah terlalu tinggi setelah kamu makan.

Kamu bisa melahap satu atau dua telur rebus begitu saja sebagai camilan.

2. Yoghurt dengan buah berry

Yoghurt dengan buah berry ini merupakan satu perpaduan tepat camilan untuk penderita diabetes.

Banyak alasan yang mendasarinya, salah satunya adalah karena antioksidan dalam buah berry bisa mengurangi inflamasi dan mencegah kerusakan sel pankreas. Pankreas merupakan organ yang bertanggung jawab untuk melepaskan hormon penurun level gula darah.

Buah berry juga merupakan sumber serat yang baik. Laman Healthline menyebut dalam 1 wadah berry dengan berat 148 gram terdapat 4 gram serat. Sementara, penelitian pada 2002 menyebut makanan kaya serat dapat menstabilkan level gula darah setelah makan.

Sementara yoghurt juga mampu menurunkan level gula darah karena kandungan probiotiknya. Oleh karena itu, perpaduan keduanya patut kamu coba untuk dijadikan camilan sehat.

3. Alpukat

Buah alpukat ternyata bisa jadi satu camilan sehat yang baik untuk penderita diabetes, lho! Hal ini dipengaruhi oleh kandungan serat dan asam lemak tak jenuh tunggalnya yang dapat mencegah peningkatan gula darah setelah makan.

Sebuah penelitian dalam jurnal Diabetes Care menyebut penderita diabetes tipe 2 yang menyertakan makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal mengalami penurunan level gula darah mereka.

Kamu bisa mengonsumsi alpukat begitu saja, atau mengolahnya menjadi guacamole. Jangan lupa, alpokat pun tinggi kalori, oleh karena itu kamu jangan lebih dari seperempat hingga setengah alpukat per sajian.

4. Potongan apel dengan selai kacang

Apel merupakan buah yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin B, vitamin C dan potasium. Sementara selai kacang mengandung vitamin E, magnesium, dan mangan yang tinggi. Semua hal ini berperan penting dalam mengelola diabetes yang kamu derita.

Selain itu, kedua makanan ini juga kaya akan serat. Satu apel ukuran sedang yang dikombinasikan dengan 28 gram selai kacang setidaknya mengandung 7 gram serat, yang penting dalam mengontrol gula darah.

Selain apel, kamu pun bisa mengombinasikan selai kacang dengan pisang dan pir untuk mendapatkan manfaat yang serupa, lho!

5. Salad tuna

Untuk membuat camilan ini, kamu bisa mengombinasikan tuna dengan mayones dan bahan lain seperti seledri dan bawang bombay.

Dilansir laman Nutritiondata.com, 84 gram tuna mengandung 22 gram protein tanpa karbohidrat. Kandungan tersebut menjadikan makanan ini sebagai camilan sehat untuk penderita diabetes.

Selain itu, tuna juga kaya akan asam lemak omega-3, yang dalam penelitian di 2014 disebut memiliki potensi untuk mengontrol diabetes. Hal ini karena kandungannya yang mampu menurunkan inflamasi dan meningkatkan kontrol gula darah.

Kamu bisa membuat salad tuna yang lebih sehat dan tinggi protein dengan mencampurkannya bersama keju cottage atau yoghurt ketimbang mayones.

Baca Juga: Kenali Penyebab Gula Darah Tinggi, Gejala dan Cara Mengatasinya

6. Popcorn

Camilan yang khas dikonsumsi saat kamu menonton film di bioskop ini juga bisa jadi camilan sehat bagi penderita diabetes, lho!

Hal ini dipengaruhi oleh kandungan kalori padatnya yang rendah. Setidaknya dalam 8 gram popcorn terdapat 31 kalori saja. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal The Proceedings of the Nutrition Society menyebut konsumsi makanan rendah kalori dapat mengontrol berat badan. Implikasinya jelas, pada penurunan level gula darah dan manajemen diabetes tipe 2 yang lebih baik.

Demikianlah berbagai camilan sehat yang bisa dicoba untuk penderita diabetes. Selalu jaga kesehatan kamu, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 29 Desember 2020. The 16 Best Foods to Control Diabetes 
  2. Healthline, diakses 29 Desember 2020. The 21 Best Snack Ideas If You Have Diabetes
  3. National Library of Medicine, diakses 29 Desember 2020. The prevention and control the type-2 diabetes by changing lifestyle and dietary pattern 
  4. National Library of Medicine, diakses 29 Desember 2020. Influences of weight loss on long-term diabetes outcomes 
  5. National Library of Medicine, diakses 29 Desember 2020. Dietary proteins in obesity and in diabetes 
  6. National Library of Medicine, diakses 29 Desember 2020. Dietary fiber and type 2 diabetes 
  7. National Library of Medicine, diakses 29 Desember 2020. Dietary fiber for the treatment of type 2 diabetes mellitus: a meta-analysis 
  8. National Library of Medicine, diakses 29 Desember 2020. Metabolic Effects of Monounsaturated Fatty Acid-Enriched Diets Compared With Carbohydrate or Polyunsaturated Fatty Acid-Enriched Diets in Patients With Type 2 Diabetes: A Systematic Review and Meta-analysis of Randomized Controlled Trials 
  9. Nutrition Data, diakses 29 Desember 2020. Fish, tuna, light, canned in water, drained solids Nutrition Facts & Calories

 

    register-docotr