Menyusui

6 Tips Sukses Menyusui Bayi Kembar, Moms Bisa Coba Terapkan di Rumah!

November 7, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Memiliki anak kembar adalah salah satu hadiah terindah bagi sebagian orang tua. Sayangnya, tak sedikit ibu yang kebingungan ketika dihadapkan dengan proses laktasi.

Tak perlu bingung dan khawatir, Moms bisa menerapkan beberapa tips untuk mempermudah proses menyusui bayi kembar. Apa saja? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Pahami durasi ideal menyusui bayi

Proses laktasi sangatlah penting untuk bayi. Sebab, ASI adalah satu-satunya sumber nutrisi yang didapat bayi setelah lahir. Kurangnya asupan ASI dapat mengganggu keseimbangan gizi, yang kemudian membuat proses tumbuh kembang menjadi tidak optimal.

Pada beberapa minggu pertama, bayi perlu menyusu 8 hingga 12 kali dalam sehari. Idealnya, si Kecil harus mendapatkan ASI setiap dua jam sekali, baik di pagi, siang, sore, atau malam hari.

Setiap sesi setidaknya berlangsung sekitar 20 sampai 30 menit, atau hingga bayi memberi tanda sudah kenyang.

Berbagai tips menyusui bayi kembar

Ada beberapa tips dalam menyusui bayi kembar yang bisa Moms terapkan, mulai dari mencari posisi ternyaman, menggunakan nursing pillow, hingga memerhatikan asupan cairan agar pasokan ASI tercukupi. Berikut 6 tipsnya:

1. Cari posisi yang nyaman

Posisi menyusui bayi kembar. Sumber foto: www.thealphaparent.com

Tips pertama yang perlu Moms perhatikan saat menyusui bayi kembar adalah posisi. Ini penting, karena bisa menciptakan rasa nyaman bagi ibu maupun bayi.

Dilansir Twins Magazine, posisi menyusui bayi kembar sebaiknya memungkinkan Moms untuk mengendurkan punggung dan leher.

Sebab, menyusui lebih dari satu bayi akan terasa melelahkan dan menyita tenaga. Dengan mengendurkan punggung dan leher, risiko terjadinya kaku otot bisa diminimalkan.

Namun, tetap utamakan bayi agar bisa menyusu dengan baik, ya. Jangan sampai, posisi yang Moms anggap nyaman justru membuat bayi kesulitan untuk menjangkau puting. Tidak ada satu posisi yang dianggap benar. Moms bisa mencoba mencarinya sendiri sesuai dengan kenyamanan.

2. Gunakan bantal menyusui

Tips menyusui bayi kembar berikutnya adalah dengan menggunakan nursing pillow. Bantal ini bisa membantu bayi agar lebih mudah menjangkau puting payudara.

Tak hanya itu, nursing pillow juga bisa memberikan kenyamanan untuk bayi, terutama pada punggung dan kakinya. Hampir semua bantal menyusui terbuat dari bahan yang empuk dan lembut. Rasanya tentu berbeda jika Moms hanya menggendongnya ketika menyusui.

Dengan ukuran bantal yang besar, Moms tidak akan kesulitan lagi untuk menyusui bayi kembar secara bersamaan.

3. Menyusui secara bergantian

Jika ini adalah pengalaman pertama memiliki anak kembar, tak ada paksaan bagi Moms untuk menyusui buah hati secara bersamaan. Moms dapat mengatur jadwal menyusui secara bergantian.

Sebagian ibu memilih untuk menyusui bayi secara bersamaan dengan alasan efisiensi waktu dan menghemat tenaga. Tak ada penilaian benar atau salah tentang hal ini. Yang penting, pastikan asupan ASI untuk bayi tercukupi.

4. Gunakan pompa bantu

Jika Moms merasa kesulitan untuk menyusui bayi secara bersamaan, pertimbangkan untuk menggunakan pompa bantu atau breastpump. Cara ini juga efektif bagi orang tua yang khawatir terhadap keterbatasan pasokan ASI.

Hanya saja, jangan terlalu memprioritaskan cara ini. Sebab, skin-to-skin tetap diperlukan agar tercipta hubungan emosional yang lebih kuat. Lagi pula, sentuhan bayi pada puting payudara dipercaya bisa menstimulasi hormon prolaktin untuk lebih banyak memproduksi ASI.

Baca juga: Jangan Panik! Ini 7 Cara Efektif Mengatasi ASI Tidak Keluar yang Bisa Kamu Coba

5. Minum lebih banyak air putih

Banyak ibu yang tidak memerhatikan asupan cairan tubuh setelah melahirkan atau ketika sedang menyusui. Padahal, cairan sangat dibutuhkan agar metabolisme bekerja dengan baik.

Hal tersebut akan berpengaruh pada kinerja sel dan hormon penghasil ASI. Akibatnya, ASI yang dikeluarkan juga sedikit.

Mengutip dari Mom Junction, rata-rata ibu menyusui menghasilkan 700 hingga 750 ml ASI per hari. Sehingga, asupan cairan harus terpenuhi dengan baik. Ibu yang sedang menyusui disarankan mengonsumsi air hingga 3 liter dalam sehari.

6. Jangan ragu minta bantuan

Ibu yang baru pertama kali melahirkan anak kembar mungkin akan bingung seperti apa cara menyusui yang tepat. Jika Moms merasa kesulitan menyusui dua bayi sekaligus, jangan ragu untuk meminta bantuan.

Ajak suami atau anggota keluarga terdekat untuk membantu memegang bayi dan menempatkannya di posisi yang mudah menjangkau puting.

Nah, itulah 6 tips menyusui bayi kembar yang bisa Moms terapkan. Moms bisa kombinasikan beberapa cara di atas untuk mendapatkan kenyamanan dan kemudahan dalam menyusui. Selamat mencoba!

Masih kesulitan dalam menyusui si Kembar? Jangan ragu untuk konsultasikan secara online bersama dokter terpercaya di Good Doctor. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Baby Centre, diakses 5 November 2020, Breastfeeding twins.
  2. Twins Magazine, diakses 5 November 2020, 12 Tips for Breastfeeding Twins.
  3. Todays Parent, diakses 5 November 2020, 10 tips for breastfeeding multiples.
  4. Mom Junction, diakses 5 November 2020, Amount Of Expressed Breast Milk Baby Needs.

    register-docotr