Menyusui

Moms, Begini Cara Mengencangkan Payudara yang Aman Setelah Menyusui

August 27, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Selain masalah berat badan setelah hamil dan melahirkan, bentuk payudara yang tak lagi kencang juga jadi masalah banyak ibu menyusui.

Kondisi ini disebabkan karena adanya kenaikan berat badan selama kehamilan, sehingga ASI dan payudara pun kian membesar.

Saat sudah melahirkan, biasanya ibu akan mengalami penurunan berat badan dan membuat ukuran payudara menyusut. Nah, adakah solusi untuk mengencangkan payudara kembali?

Cara-cara mengencangkan payudara setelah menyusui

Saat sudah melahirkan, biasanya ibu akan mengalami penurunan berat badan dan membuat ukuran payudara menyusut. Nah, adakah solusi untuk mengencangkan payudara kembali?

1. Gunakan bra yang tepat

Payudara kendur adalah kondisi tidak menyenangkan yang kebanyakan wanita hamil rasakan setelah mereka menyapih anak. Untuk membantunya kembali ke bentuk semula, Moms harus tepat memilih bra.

Moms mungkin harus mengganti bra lama dengan yang lebih baru, atau bahkan memilih bra olahraga untuk mendapatkan penyangga dan bentuk yang lebih baik. Pastikan payudara Moms tetap tertopang dengan baik.

Mengenakan bra yang tidak pas, terutama saat Moms aktif secara fisik, dapat menyebabkan rasa sakit dan cedera. Ingat juga untuk melepaskan bra sebelum tidur, karena dapat menghambat sirkulasi darah. 

Baca Juga : Benarkah Tidur Tanpa Bra Lebih Sehat? Ketahui Faktanya!

2. Pijat payudara

Menyusui memberikan banyak rangsangan pada payudara, tetapi menyapih membuat mereka hampir tidak memiliki rangsangan sama sekali. Untuk itu, pijat payudara bisa dijadikan opsi.

Ada beberapa teknik pijat payudara yang mampu memberikan rangsangan pada payudara. Tujuannya adalah untuk melancarkan sirkulasi atau peredaran darah, serta mendukung jaringan payudara dalam perbaikan dan pertumbuhan kembali.

Moms bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak almond saat melakukan pijat untuk mengurangi efek kendur. Pijatan ini juga bisa menambah kekuatan pada otot, lho.

3. Pola makan yang baik

Ada baiknya Moms menghindari diet dan penurunan berat badan yang ekstrem. Penurunan berat badan drastis bisa membuat penampilan payudara memburuk karena kulit tidak akan bisa mengimbanginya.

Cobalah untuk menurunkan berat badan secara bertahap agar kulit memiliki waktu untuk berubah juga. Caranya adalah untuk mengatur pola makan yang baik. Kurangi asupan lemak hewani dan makan lebih banyak sereal gandum utuh, kacang polong, dan sayuran hijau. 

Ganti kolesterol tinggi, lemak hewani jenuh dengan minyak zaitun, vitamin B, dan vitamin E yang memerangi keriput dan meningkatkan warna dan elastisitas kulit.

4. Olahraga teratur

Kelenjar payudara, sel lemak, dan ligamen mungkin tidak akan mendapat manfaat dari latihan ini, tetapi otot di bawah payudara atau juga disebut pektoral bisa dapat manfaatnya. 

Mengencangkan otot pektoralis mayor dan minor akan membuat payudara terlihat sedikit lebih terangkat.

Beberapa gerakan olahraga yang bisa Moms pertimbangkan untuk dimasukkan dalam latihan rutin di antaranya push-up, chest press, dan latihan beban.

Baca Juga : Perawatan Tubuh Setelah Melahirkan, dari Mengatasi Nyeri Vagina Hingga Bengkak Payudara

5. Mandi air panas dan dingin

Air panas membuka pori-pori sementara air dingin mengencangkannya. Itulah mengapa mandi dengan suhu air berbeda secara bergantian dianggap sebagai salah satu metode efektif untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Menggunakan teknik ini selama mandi dapat merangsang sirkulasi darah di sekitar, terutama di payudara.

Moms bisa memijat payudara saat mandi dengan suhu air yang panas dan dingin. Namun, teknik ini hanya akan memberikan efek sementara dan kemungkinan tidak akan membentuk kembali payudara Moms secara permanen.

6. Atur posisi yang baik saat menyusui

Saat masih menyusui bayi, gunakan bantal untuk mengangkat bayi cukup tinggi agar Moms tidak membungkuk.

Hindari membungkuk dan mengarahkan payudara ke mulut bayi. Ini akan membantu mencegah kulit payudara Moms lebih meregang dan kendur setelah menyapih nantinya.

Baca Juga : Mengenal Tandem Nursing: Manfaat dan Cara Tepat Melakukannya

7. Krim payudara alami

Salah satu cara populer yang digunakan kebanyakan wanita untuk melawan perubahan pada payudara mereka setelah tahap menyusui adalah krim dan suplemen alami. Di antaranya yang terbuat dari fenugreek atau palmetto.

Krim ini dikenal memiliki beberapa khasiat menarik yang memengaruhi kulit dan jaringan otot dengan berbagai cara. Menggunakannya secara teratur disebut bisa mengencangkan kulit secara efektif dan menghasilkan tekstur payudara yang halus dan kencang. 

Selain itu, krim fenugreek dikenal bekerja sangat baik dalam menjaga bentuk dan ukuran payudara tetap utuh. Namun pastikan Moms sudah berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan produk semacam ini, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Parenting. Diakses pada 26 Agustus 2020. How to Reshape Your Breasts After Breastfeeding

Flo Health. iakses pada 26 Agustus 2020. Breasts After Breastfeeding: 10 Tips on How to Bounce Back

 

    register-docotr