Kesehatan Anak

Tips Aman Membeli Produk Perawatan Bayi Newborn, Moms Harus Tahu!

April 20, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Selain perlengkapan dasar, produk perawatan menjadi barang penting yang perlu Moms persiapkan saat kelahiran buah hati tercinta. Memilih dan membeli produk perawatan untuk bayi baru lahir atau newborn bukan perkara sepele,  karena ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Keliru dalam memilih produk bisa menyebabkan masalah pada bayi, misalnya alergi.

Lantas, bagaimana cara aman untuk memilih dan membeli produk perawatan untuk bayi newborn? Apakah ada produk tertentu yang sebaiknya dihindari? Yuk, temukan jawabannya dengan ulasan berikut ini!

Tips membeli produk perawatan bayi baru lahir

Berikut beberapa tips yang perlu Moms ketahui dalam membeli produk perawatan bayi baru lahir:

1. Cari informasi sendiri dari sumber terpercaya

Tak hanya dari dokter, Moms dituntut untuk mencari informasi secara mandiri tentang kebutuhan atau produk perawatan bayi newborn. Ada banyak sumber informasi yang bisa membantu, tapi sebisa mungkin cari yang dapat diandalkan.

Salah satunya adalah Food and Drug Administration (FDA), bisa digunakan sebagai sumber informasi medis yang valid.

2. Pilih produk yang aman untuk bayi

Penting untuk memilih produk yang sesuai untuk bayi. Sebab, produk untuk bayi pada umumnya dibuat secara khusus, misalnya tentang komposisi atau bahan yang digunakan. Sampo, losion, dan sabun misalnya, biasanya dibuat lebih lembut daripada produk untuk orang dewasa.

Dikutip dari laman American Academic of Pediatric, selain bertekstur lembut, produk untuk bayi sebaiknya juga bebas dari pewangi. Hal tersebut akan membantu menjaga kulit bayi agar tetap lembut dan sehat.

3. Cari tahu tentang zat berbahaya pada produk bayi

Saat Moms berbelanja produk perawatan untuk si Kecil, cari tahu kandungan yang dimiliki, apakah ada zat bersifat racun yang terdapat pada sampo atau sabun. Zat tersebut tentu bisa menyebabkan berbagai masalah, terutama pada kulit.

4. Perhatikan perubahan bayi

Tak hanya saat membeli, Moms perlu memerhatikan kondisi bayi ketika sudah memakai produk yang telah dipilih. Perhatikan apakah ada perubahan pada kulit atau perilakunya. Adanya masalah pada kulit bayi bisa mengindikasikan ketidakcocokan terhadap produk yang dipakai.

Jika ada ruam kering atau masalah lain di kulit si Kecil, jangan ragu bicarakan dengan dokter anak untuk mengobatinya dan meminta rekomendasi produk yang lain.

5. Minta saran dari dokter

Dokter adalah sumber informasi utama yang bisa Moms mintai saran tentang produk apa yang aman untuk bayi baru lahir. Moms bisa minta rekomendasi produk yang cocok dipakai bayi, misalnya losion atau sabun tertentu. Dokter sebaiknya menjadi tempat pertama untuk memastikan apakah suatu produk perawatan bayi aman atau tidak. Jadi, jangan malu untuk minta saran ke dokter, ya!

Kandungan produk yang sebaiknya dihindari

Kandungan pada produk perawatan bayi harus diperhatikan. Jika salah memilihnya, bukan tidak mungkin kulit si Kecil akan mengalami iritasi, reaksi alergi, dan masalah lainnya. Menurut sebuah penelitian, sebagian besar produk perawatan bayi mengandung satu atau lebih zat yang menyebabkan kulit menjadi lebih peka, seringnya ditemukan pada produk dengan harga murah.

Berikut beberapa kandungan pada produk perawatan bayi yang sebaiknya dihindari:

Wangi-wangian

Semua orang suka wangi. Namun untuk produk perawatan bayi, sebisa mungkin hindari yang mempunyai zat wewangian. Sebuah studi pada 2018 menemukan adanya zat wewangian pada 533 produk bayi. Tak hanya memicu reaksi alergi dan ruam, zat tersebut juga bisa menyebabkan masalah pernapasan pada si Kecil.

Produk dengan zat wewangian biasanya mencantumkan kata di kemasannya seperti fragnance dan perfume. Namun, tak perlu khawatir, kini banyak produk perawatan bayi tetap bisa memberi aroma harum dengan pewangi sintetis, aman dipakai untuk si Kecil.

Pewarna sintetis

Pewarna sintetis seharusnya tidak boleh berada di produk perawatan bayi, karena bisa menimbulkan berbagai masalah di kulit. Meski sudah diatur ketat oleh FDA, nyatanya beberapa produsen masih ada yang menggunakannya. Hindari membeli produk perawatan bayi yang mengandung zat seperti p-phenylenediamine (PPD) dan batubara-tar.

Paraben

Paraben adalah zat pengawet yang kerap digunakan pada produk kosmetik dan makanan. Senyawa itu sangat umum ditemukan pada produk pembersih badan seperti sabun dan sampo, termasuk untuk bayi. Padahal, paraben merupakan sumber iritasi yang seharusnya tidak diberikan pada bayi atau anak kecil yang masih sensitif.

Bahkan, menurut sebuah penelitian pada 2018, paparan paraben jangka panjang bisa berdampak buruk pada metabolisme dan sistem hormon. Jadi, sebisa mungkin hindari paparan paraben pada anak sejak dini, ya!

Phthalates

Phthalates merupakan bahan kimia yang kerap digunakan pada produk kosmetik. Sebuah publikasi menyebutkan bahwa zat tersebut bisa menyebabkan reaksi alergi dan memengaruhi kesehatan reproduksi.

Formaldehida

Formaldehida kerap digunakan pada sabun cair bayi dan tisu basah. Meski bisa mencegah pertumbuhan bakteri, senyawa tersebut dapat mengiritasi kulit dan memicu reaksi alergi pada kulit yang sensitif seperti bayi. Tak hanya itu, penggunaan jangka panjang juga dikhawatirkan bisa meningkatkan risiko asma dan beberapa jenis kanker.

Propilen glikol

Propilen glikol (propylene glycol) adalah zat sejenis alkohol yang kerap ditemukan pada produk pelembap. Sayangnya, meski bisa melembutkan kulit, senyawa tersebut dapat memicu reaksi alergi dan iritasi.

Sulfat

Sulfat adalah bahan yang sulit dihindari, banyak digunakan pada banyak produk seperti sampo dan sabun mandi. Pada kemasan produk, sulfat biasanya ditulis dengan istilah natrium lauril sulfat atau natrium laureth sulfat. Senyawa tersebut bisa memicu beberapa masalah kulit, seperti iritasi, kemerahan, kekeringan, dan gatal-gatal.

Belanja produk perawatan bayi aman di Mama’s Choice

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ternyata memilih produk perawatan untuk bayi tidak bisa sembarangan. Harus tetap teliti dan memerhatikan serta mencermati setiap kandungannya. Tapi tenang, kini Moms bisa #KurangiWorry dengan memilih produk perawatan bayi lebih lembut dan natural dari Mama’s Choice.

Mama’s Choice hadir memberikan perlindungan sepanjang hari sejak hari pertama kelahiran si Kecil dengan rangkaian produk perawatan yang semakin lengkap. Mulai dari Rash Cream untuk mencegah ruam popok, Mozzbye Skin Protection Lotion sebagai perlindungan dari nyamuk, serta Moisturizing Hand Gel agar tangan si Kecil terbebas dari kuman dan bakteri. Ada juga 2 in 1 Hair & Body Wash agar si Kecil wangi seharian dan Calming Tummy Oil untuk meredakan gejala kolik.

Semua produk perawatan bayi di Mama’s Choice dijamin aman dan bebas dari kandungan zat toksin atau berbahaya, serta cocok untuk bayi dengan kulit sensitif. Menggunakan bahan alami dan natural, produk perawatan bayi dari Mama’s Choice bekerja efektif membantu melindungi dan memberikan rasa aman pada si Kecil sepanjang hari, seaman pelukan Moms.

Kabar baiknya, Moms bisa berkesempatan mendapat diskon hingga 47 persen dan voucher potongan hingga 60 ribu rupiah! Tak hanya itu, dapatkan masing-masing produk Baby Calming Series Mama’s Choice dengan harga di bawah Rp90 ribu, mulai Baby Hair & Body Wash, Calming Tummy oil, Baby Rash Cream, Moisturizing Hand Gel, dan Baby Mozzbye Skin Protection Lotion. Ikuti juga flash sale dengan diskon hingga 40 persen untuk berbagai produk perawatan bayi. Yuk, #KurangiWorry bersama Mama’s Choice!

Reference

  1. Reid Health, diakses 8 April 2021, 5 tips for choosing safe baby products.
  2. Healthline, diakses 8 April 2021, What Types of Products Are Safe for Baby’s Skin?
  3. Journals LWW, diakses 8 April 2021, Prevalence of Contact Allergens in Personal Care Products for Babies and Children.
  4. Food and Drug Administration (FDA), diakses 8 April 2021, Allergens in Cosmetics.
  5. Food and Drug Administration (FDA), diakses 8 April 2021, Cosmetics Labeling Guide.
  6. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 8 April 2021, Adverse events reported to the Food and Drug Administration from 2004 to 2016 for cosmetics and personal care products marketed to newborns and infants.
  7. JAMA Network, diakses 8 April 2021, Effect of Sunscreen Application on Plasma Concentration of Sunscreen Active Ingredients.
  8. Environmental Medicine, diakses 8 April 2021, Toxic Effects of Easily Avoidable Phthalates and Parabens.
  9. American Academy of Pediatric, diakses 8 April 2021, Bathing Your Baby.
  10. Science Direct, diakses 8 April 2021, Parabens and their effects on the endocrine system.

    register-docotr