Kesehatan Anak

Moms, Jangan Ragu, Ini Manfaat Pijat Bayi yang Penting Diketahui

July 18, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Moms apa pernah melakukan pijat bayi pada si kecil? Belakangan kegiatan ini memang menjadi tren, tapi apakah hanya sekedar tren saja? Oh tentu tidak, ada banyak manfaat pijat bayi yang bisa dirasakan baik oleh si kecil, maupun juga sebagai orang tua.

Salah satunya dengan melakukan pijat bayi, kita jadi melakukan komunikasi dengan bayi melalui sentuhan dan ini dapat memperkuat ikatan sebagai orang tua.

Apa itu pijat bayi

Pijat bayi diperkenalkan untuk mendukung perkembangan bayi prematur. Pijat bayi adalah gerakan membelai tubuh bayi secara lembut dan berirama.

Sebagai bagian dari rutinitas pijatan, kamu dapat dengan lembut memijat pergelangan kaki, pergelangan tangan, dan jari-jari bayi. 

Moms juga bisa berbicara dengan lembut, bersenandung, atau bernyanyi kepada si kecil sambil memijat untuk menciptakan rasa tenang kepada si kecil.

Manfaat pijat bayi

Pijat bayi memiliki beragam manfaat. Dengan setiap sentuhan lembut, bayi akan merasa dicintai, memperkuat ikatan antara Moms dan si kecil. Pijat juga akan membuat bayi merasa lebih rileks, hal ini dapat meningkatkan kualitas tidurnya.

Selain itu, berdasarkan hasil penelitian, manfaat pijat bayi bahkan bisa mendorong pertumbuhan yang sehat, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan.

Manfaat bayi tidak berhenti sampai di situ saja, masih ada lagi, yaitu meliputi:

1. Memperkuat ikatan ibu dan anak

Pijat bayi adalah cara terbaik untuk mendekatkan Moms dan si kecil. Kepercayaan dan komunikasi berkembang saat kamu berinteraksi dengan bayi kamu. Sentuhan kamu yang menenangkan, akan membuat si kecil merasa dicintai dan diperhatikan juga.

2. Meningkatkan kepercayaan diri ibu

Kegiatan memijat bayi ini dapat membantu Moms menjadi lebih percaya diri dalam menangani anak dan mengenali kebutuhannya. 

Menghabiskan waktu tenang memijat bayi akan memberi kamu waktu dan ruang untuk mulai mengenali dan mempelajari isyarat-isyaratnya.

Belajar memahami si kecil akan memberi Moms sedikit kepercayaan diri dan membuat Moms merasa lebih santai.

3. Merangsang hormon pertumbuhan untuk penambahan berat badan 

Para dokter mempelajari pijatan untuk bayi prematur dan menemukan bahwa bayi prematur yang dipijat tiga kali sehari selama 15 menit mengalami kenaikan berat badan 47 persen lebih tinggi.

4. Meningkatkan fungsi keseluruhan saluran pencernaan

Kolik, sembelit, dan gas dapat menyebabkan bayi tidak nyaman. Teknik-teknik pijatan yang mudah dipelajari dapat membantu menggerakkan pencernaan dan mengeluarkan gas yang menyebabkan masalah tidak nyaman pada pencernaan bayi. 

Manfaat pijat bayi ini bisa langsung dirasakan hanya dalam hitungan menit saja.

5. Meredakan rasa sakit dan ketidaknyamanan saat tumbuh gigi

Tumbuh gigi adalah salah satu saat paling menegangkan bagi bayi dan orang tua. Saat pertumbuhan gigi, biasanya bayi akan merasa sakit dan tidak nyaman. Teknik pijat wajah khusus dapat membantu melepaskan endorfin, pereda nyeri alami tubuh.

Pijat juga mengurangi kadar kortisol, hormon penyebab stres.

6. Manfaat pijat bayi membuat rileks

Otot bayi akan rileks, pernapasan menjadi lebih baik dan dapat memberi nutrisi pada kulit anak. Stimulasi kulit juga memberikan pemicu vital bagi sistem saraf.

Kapan mulai pijat bayi

Menurut International Association of Infant Massage (IAIM), menyarankan agar orang tua memperkenalkan sentuhan segera setelah bayi lahir.

Setelah beberapa minggu pertama kelahiran, kamu dapat mulai memijat bayi kamu. Namun, pastikan untuk mengikuti suasana hati si kecil. Bayi harus tenang saat kamu siap memijat mereka. Jangan pernah melakukan teknik pemijatan yang tampaknya membuat bayi tidak nyaman.

Jika Moms baru saja selesai menyusui, tunggu setidaknya 45 menit untuk melakukan pijat.

Seberapa sering melakukan pijatan bayi

Seberapa sering kamu melakukan pijat bayi tergantung pada Moms dan si kecil. Beberapa orang tua memijat bayinya setiap hari, sementara yang lainnya hanya sesekali saja.

Moms dapat memijat bayi di pagi hari untuk memulai hari atau malam sebelum tidur untuk membantu menenangkan bayi.

Untuk menentukan rutinitas pijat, Moms harus peka terhadap isyarat bayi, apakah si kecil merasa nyaman atau tidak jika dipijat setiap hari.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2018). Diakses pada 12/07/20. Your Guide to Baby Massage

Baby Center (n.d). Diakses pada 12/07/20. Massaging your baby

NCT (2017). Diakses pada 12/07/20. Baby massage: tips and benefits

Every Mum (2017). Diakses pada 12/07/20. 6 Benefits Of Baby Massage

Healthy Women (2014). Diakses pada 12/07/20. Top 4 Benefits of Infant Massage

    Berita Terkait
    register-docotr