Kesehatan Anak

Intip 5 Menu MPASI yang Baik untuk Perkembangan Tulang si Kecil

September 28, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Memasuki usia 6 bulan, bayi biasanya sudah siap memperoleh asupan selain Air Susu Ibu (ASI). Di momen ini Moms sudah boleh merancang menu Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Bayi sendiri memiliki sekitar 300 tulang sejak lahir, di dua tahun masa awal kehidupannya, bayi akan banyak memerlukan tulang-tulang tersebut untuk tumbuh dan berkembang.

Oleh karena itu, penting menyusun menu MPASI yang baik untuk perkembangan tulang, agar ia bisa mencapai perkembangannya dengan optimal.

Nutrisi untuk tulang bayi yang sehat

Tulang bukanlah organ yang statis, melainkan jaringan hidup yang materinya terus mengalami pertambahan maupun pengurangan. Ketika bayi, proses pembentukan tulang lebih banyak terjadi dibandingkan pengurangannya.

Oleh karena itu, penting memberikan asupan yang tepat, karena ini akan menjadi faktor penentu dalam mengurangi risiko patah tulang dan osteoporosis ketika si Kecil dewasa di masa depan. Beberapa nutrisi yang berperan besar dalam hal ini adalah:

Kalsium

Kalsium sangat memengaruhi kepadatan tulang selama masa bayi dan seterusnya. Bayi usia 0 sampai 6 bulan, membutuhkan setidaknya 200 mg kalsium/hari. Sedangkan bayi usia 6 sampai 12 bulan, memerlukan asupan kasium sebanyak 260 mg/hari.

Baca juga: Cegah Virus Menyebar, Ini Tips Menggunakan Masker Sesuai Panduan WHO

Vitamin D

Vitamin D dapat membantu bayi menyerap kalsium yang masuk ke dalam tubuhnya. Jika ia tidak memiliki kadar vitamin D yang cukup, kemungkinan besar hanya 10-15% kalsium yang dapat diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh.

Menu MPASI yang baik untuk pertumbuhan tulang

Dilansir dari Raisedreal, beberapa makanan yang bisa Moms masukkan ke dalam menu MPASI si kecil untuk mendukung pertumbuhan tulangnya adalah sebagai berikut:

Kuning telur

Kuning telur adalah salah satu sumber makanan alami yang kaya akan vitamin D. Ini adalah nutrisi pembangkit tenaga yang dibutuhkan tubuh bayi untuk menyerap kalsium.

Moms dapat menyajikan kuning telur orak-arik bersama dengan bubur, atau nasi lembek untuk menu sarapan si kecil. Tambahkan sayuran favoritnya, agar ia semakin semangat melahap masakan buatan Moms.

Kacang polong

Kacang polong mengandung komponen seng cukup tinggi. Ini mampu membantu pertumbuhan dan perbaikan sel yang optimal, termasuk pada tulang si kecil.

Selain itu, makanan ini juga kaya serat, yang dapat membantu memastikan sistem pencernaan si kecil bekerja dengan baik.

Untuk penyajiannya, Moms dapat mencampur kacang polong yang telah direbus ke dalam nasi goreng yang dicampur mentega. Jangan lupa tambahkan potongan daging asap agar rasanya semakin lezat.

Baca juga: 12 Manfaat Oatmeal Bisa Jadi Antioksidan dan Sukseskan Diet Sehatmu

Sayuran berwarna hijau tua

Menurut Parentingfirstcray, bayam, kangkung, arugula, selada, dan lobak adalah jenis sayuran yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang yang kuat. Semua itu kaya akan kalsium, antioksidan, vitamin C, dan vitamin K, yang sangat dibutuhkan tulang si kecil.

Agar si kecil tertarik untuk menyantapnya, Moms bisa mengolah sayur-sayuran tersebut dengan cara ditumis menggunakan mentega dan susu yang menggugah selera.

Jika Moms tak memiliki banyak waktu, Moms juga bisa merebus atau memanggang sayuran-sayuran tersebut, dan disajikan langsung untuk dimakan.

Yogurt

Selain memenuhi kebutuhan kalsium si kecil lewat ASI atau susu formula, Moms juga bisa menambahkan pilihan produk-produk berbahan susu yang aman untuk bayi seperti yogurt dan keju.

Biasanya ini diberikan secara langsung, atau diolah terlebih dahulu menjadi makanan ringan yang rasanya enak.

Selai kacang

Magnesium adalah nutrisi yang sama penting dengan kalsium dalam mendukung pertumbuhan tulang yang kuat dan sehat pada bayi.

Itu karena magnesium mampu meningkatkan kemampuan tubuh bayi untuk menumbuhkan tulang yang lebih padat.

Ini sangat penting karena seiring bertambahnya usia, mereka akan mulai berguling, merangkak, dan melompat.

Bagaimana cara menyajikannya? Tambahkan saja selai kacang ke dalam pure-nya. Bisa juga Moms membiarkan ia mencelupkan irisan apel ke dalam mangkuk berisi selai kacang yang gurih.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

6 FOODS THAT PROVIDE THE NUTRIENTS YOUR BABY NEEDS TO GROW STRONG BONES FOR LIFE, https://www.raisedreal.com/blog/6-foods-that-provide-the-nutrients-your-baby-needs-to-grow-strong-bones-for-life/ diakses pada 25 September 2020

10 Best Food That Can Strengthen Your Bones, https://parenting.firstcry.com/articles/magazine-10-best-food-that-can-strengthen-your-bones/ diakses pada 25 September 2020

Pemberian makanan pendamping air susu ibu (MPASI), https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi diakses pada 09 October 2020

    Berita Terkait
    register-docotr