Kesehatan Anak

Gak Perlu Khawatir Moms, Begini Cara Aman si Kecil Main Layang-Layang di Tengah COVID-19

August 25, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Sekarang ini banyak anak-anak yang menghabiskan waktu untuk bermain layang-layang di tengah pandemi COVID-19. Berikut ini adalah tips aman bermain layang-layang di tengah COVID-19 beserta manfaatnya, simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Tren Gowes Sepeda saat Pandemi COVID-19, Jangan Lupa Masker dan Protokol Kesehatan

Manfaat bermain layang-layang bagi si kecil

Tidak hanya seru dan menyenangkan, ternyata ada banyak manfaat yang didapatkan dari bermain layang-layang bagi si kecil, antara lain:

Olahraga 

Saat bermain layang-layang kamu diharuskan bermain di alam terbuka yang luas. Agar layang-layang dapat terbang setinggi mungkin, si kecil harus berlari untuk menerbangkannya.

Hal tersebut sangat baik bagi si kecil karena dengan berlari dapat meningkatkan detak jantung dan merupakan salah satu latihan yang bagus untuk fisik bagi anak.

Sarana untuk bersosialisasi

Pada dasarnya memang layang-layang hanya dapat diterbangkan oleh satu orang, tetapi jika musim layang-layang telah tiba, bisa puluhan bahkan ratusan anak yang menerbangkan layang-layang di langit dan tempat yang sama.

Hal ini dapat memberikan manfaat untuk anak agar saling bertukar pendapat dan berkompetisi dengan sesama penerbang, ini akan membuat anak lebih pintar. Selain itu, si kecil juga akan terbiasa hidup dengan banyak orang.

Meningkatkan kreativitas

Saat menerbangkan layangan, si kecil diharuskan untuk menyesuaikan arah angin agar layang-layang dapat terbang tinggi. Hal ini dapat menjadi cara bagi si kecil untuk mengenal dinamika angin.

Selain itu, si kecil juga dapat mengembangkan kreativitasnya dengan membuat layangan sendiri. Si kecil akan menggunakan akal dan kreativitasnya untuk membuat model layang-layang sekaligus pemilihan warna yang menarik sesuai dengan keinginannya.

Mengurangi stres

Bermain dan melihat layang-layang terbang perlahan pun ternyata dapat memberikan relaksasi pada pikiran dan mengurangi stres pikiran.

Menerbangkan layang-layang bersama keluarga atau orang-orang tersayang pun membuat aktivitas ini semakin terasa menyenangkan.

Baik untuk kesehatan mata

Saat bermain layang-layang si kecil diharuskan untuk melihat jauh ke atas langit. Hal tersebut membuat otot dan saraf mata kita jadi lebih terlatih. Permainan ini bisa meringankan kelelahan pada mata serta mencegah terjadinya miopi (rabun jauh) pada si kecil.

Kepercayaan diri menjadi meningkat

Saat bermain layang-layang dapat membuat si kecil merasa bangga ketika layangan tersebut terbang tinggi. Selain itu si kecil juga akan merasa senang dan kepercayaan diri meningkat ketika berhasil mengalahkan teman-temannya.

Baik untuk kesehatan leher

Bermain layang-layang juga mampu mengatasi masalah pada area leher. Dengan melihat ke atas saat menerbangkan layang-layang, kamu bisa mengurangi sakit pada leher.

Tidak hanya itu saja, bermain layang-layang juga meningkatkan fleksibilitas ligamen serta sendi tulang belakang, sehingga dapat mencegah kondisi nyeri leher dan mengurangi ketegangan pada otot leher.

Baca Juga: ASI Bisa Digunakan untuk Cegah COVID-19? Ini Hasil Studinya!

Tips aman bermain layang-layang di tengah pandemi COVID-19

Bermain layang-layang sekarang ini sedang digandrungi oleh anak-anak meski di pandemi COVID-19 ini. Inilah tips aman bermain layang-layang di tengah pandemi COVID-19, di antaranya adalah:

Menggunakan sarung tangan

Ketika bermain layang-layang, diharuskan untuk menggunakan sarung tangan. Selain agar terhindar dari virus, hal ini bertujuan agar tangan si kecil tidak terasa sakit karena saat layangan sudah terbang tinggi kekuatannya dapat meningkat.

Bermain di tanah yang lapang atau pantai

Sebaiknya ajak si kecil bermain layang-layang di tanah yang lapang misalnya pantai. Hindari bermain di pemukiman dan jalan umum karena dapat mengganggu dan membahayakan bagi si kecil.

Jangan bermain layangan saat cuaca mendung atau hujan

Usahakan untuk tidak bermain layang-layang di saat cuaca mendung dan hujan. Hal ini membuat si kecil sulit untuk menerbangkan layang-layang tersebut.

Patuhi protokol kesehatan

Di masa pandemi COVID-19 ini, kamu diharuskan untuk mengikuti aturan yang telah diberikan. Misalnya saat bemain layang-layang si kecil harus memakai masker, jaga jarak dan selalu cuci tangan.

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

Reference
  1. psychologytoday.com (2011) diakses 24 Agustus 2020. Kite Flying for Health and Happiness. 24 Agustus 2020 pukul 22.00.
  2. healthfitnessrevolution.com (2015) diakses 24 Agustus 2020. Top 10 Health Benefits of Kite-Flying. 24 Agustus 2020 pukul 22.30.
  3. cims.org (2015) diakses 24 Agustus 2020. Safety Tips for Kite Fliers. 24 Agustus 2020 pukul 22.50.
  4. safekids.co.uk (2014) diakses 24 Agustus 2020. Kite Flying Safety. 24 Agustus 2020 pukul 23.0o.
    register-docotr