Kesehatan Anak

Deretan Kelebihan dan Kekurangan Sunat Cincin yang Wajib Kamu Tahu!

January 5, 2021 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Banyak orang tua yang melakukan sunat kepada anak-anaknya sebagai tradisi budaya, keyakinan agama, kebersihan pribadi, atau untuk mencegah berbagai penyakit. Namun perlu juga kamu ketahui bahwa ada metode sunat cincin. 

Apa itu sunat? 

Melansir dari laman Healthline, sunat adalah operasi pengangkatan kulup, yaitu kulit yang menutupi ujung penis. Ini biasanya dilakukan pada bayi laki-laki yang baru lahir sebelum dia meninggalkan rumah sakit, dan seringkali dalam 2 hari pertama kehidupan. 

Anak laki-laki dilahirkan dengan tudung kulit, yang disebut kulup, menutupi kepala (glans) penis. Dalam penyunatan, kulup diangkat untuk memperlihatkan kepala penis. Ini adalah prosedur cepat yang menyebabkan sedikit perdarahan dan jahitan tidak diperlukan. 

Anak laki-laki yang lebih tua dapat disunat, tetapi prosedurnya sedikit lebih rumit. Setelah penyunatan, perban pelindung dapat dipasang di atas luka, yang biasanya sembuh dengan sendirinya dalam waktu seminggu hingga 10 hari.

Jenis-jenis sunat cincin

Pada bayi baru lahir, penyunatan bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya sunat cincin yang dilakukan menggunakan alat khusus dengan memasang secara melingkar di penis.

Alat ini bertujuan untuk menghambat aliran darah ke bagian kulup yang akan dipotong sehingga mencegah terjadinya perdarahan hebat.

Sunat cincin dapat dilakukan pada bayi baru lahir maupun anak yang lebih dewasa. Beberapa jenis sunat cincin yang dapat dilakukan pada bayi baru lahir adalah:

1. Klem gomco

Alat khusus yang disebut probe digunakan untuk memisahkan kulup dari kepala penis (biasanya disatukan oleh selaput tipis). Selanjutnya alat berbentuk lonceng dipasang di atas kepala penis dan di bawah kulup (sayatan dapat dibuat di kulup untuk memasangkan alat ini). 

Kulup kemudian ditarik ke atas dan melewati bel dan penjepit dikencangkan di sekitarnya untuk mengurangi aliran darah ke area tersebut. Pisau bedah digunakan untuk memotong dan membuang kulup.

2. Klem mogen

Pada metode ini, kulup dipisahkan dari kepala penis dengan probe. Kulup kemudian ditarik keluar di depan kepala dan dimasukkan melalui penjepit logam dengan celah di dalamnya.

Kemudian penjepit ditahan di tempatnya saat kulup dipotong dengan pisau bedah dan disimpan selama beberapa menit setelah ini untuk memastikan bahwa pendarahan masih dalam kontrol yang baik.

3. Plastibell

Terakhir jenis sunat cincin lainnya ada teknik Plastibell. Setelah pemisahan dengan probe, bel plastik ditempatkan di bawah kulup dan di atas kepala penis. Sepotong jahitan diikat langsung di sekitar kulup, yang memotong suplai darah ke kulup. 

Kemudian pisau bedah dapat digunakan untuk memotong kulup ekstra, tetapi cincin plastik tetap terpasang. Sekitar 6 hingga 12 hari kemudian akan jatuh dengan sendirinya.

Baca juga: Serba-serbi Sunat Bayi Perempuan yang Perlu Kamu Pahami

Kelebihan sunat cincin

Para orang tua, umumnya akan memilih untuk menggunakan metode sunat cincin ini karena waktu sunat yang lebih cepat dan minim risiko perdarahan. Sedangkan pada anak yang sudah lebih besar, kelebihan sunat cincin dengan Smart Klamp adalah:

  • Proses sunat sangat cepat, hanya sekitar 7 hingga 10 menit.
  • Anak yang menggunakan metode sunat cincin ini bisa langsung memakai celana dan beraktivitas seperti biasa.
  • Tidak memerlukan jahitan maupun perban karena minim perdarahan, dan bahkan penis boleh kena air

Kekurangan sunat cincin

Meskipun memiliki banyak kelebihan, terdapat juga beberapa kekurangan sunat cincin, yaitu:

  • Kamu berisiko alami pembengkakan penis.
  • Pada umumnya proses pemulihan setelah sunat cenderung lama, yaitu sekitar 10 hari.
  • Hasil akhir pemotongan kulup kurang baik.
  • Trauma akibat tindakan pelepasan klem dan tabung pada sunat cincin dengan Smart Klamp.

Perlu kamu ketahui memang benar adanya bahwa metode sunat cincin ini mempunyai kelebihan, tetapi juga memiliki sejumlah kekurangan. Oleh sebab itu, untuk menentukan teknik sunat yang tepat, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2018) diakses pada 4 Januari 2021. Circumcision
  2. Kidshealth.org (2016) diakses pada 4 Januari 2021. Surgeries and Procedures: Circumcision
  3. Karger.com (2018) diakses pada 4 Januari 2021. Chinese Shang Ring Male Circumcision: A Review
  4. Parents.com (2020) diakses pada 4 Januari 2021. Plastibell Circumcision: The Procedure, Side Effects, and Aftercare 
    Berita Terkait
    register-docotr