Info Parenting

Pijat Perut Bayi, Sekadar Menenangkan atau Bermanfaat untuk Kesehatan? Yuk Simak

June 7, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Pijat perut bayi bisa dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah di sekitar perut seperti gas berlebih atau melancarkan pencernaan. Praktik ini bisa dilakukan dengan aman asalkan kamu mengikuti tekniknya dengan baik.

Baca juga: Pusar Bayi Bodong? Ternyata Ini Penyebabnya Moms!

Dapatkan persetujuan terlebih dahulu

Situs kesehatan Healthline menyebut kamu harus mendapat persetujuan dari dokter jika ingin mencoba obat-obatan atau cara perawatan pada bayi di rumah, termasuk pijat perut. Dengan demikian dokter bisa menimbang keamanan dan efektivitasnya.

Ketika dokter bilang boleh, maka langkah selanjutnya adalah jika memungkikan mendapatkan persetujuan dari si Kecil. Langkah ini penting supaya si Kecil tidak rewel dan manfaat pijat perut bayi ini dapat lebih maksimal.

Oleh karena itu, perhatikan mood atau suasana hati si Kecil. Agar pijat ini berjalan lancar, pastikan bayi sedang tenang dan senang. Ketika si Kecil merasa tidak nyaman atau rewel, maka hentikan pijat yang kamu berikan.

Manfaat pijat perut bayi

Sama seperti pada orang dewasa, pijat perut juga bermanfaat bagi bayi. Ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh si Kecil, di antaranya adalah:

Melepaskan gas dalam perut

Salah satu manfaat pijat perut bagi bayi adalah mendorong gas atau udara yang terperangkap di dalam perut. Gas atau udara ini diharapkan bergerak dan keluar dari perut bayi.

Pijatan di perut ini bisa dimulai dari bagian kanan bawah perut si Kecil (tempat usus besar dimulai) dan berakhir di bagian bawah kiri perut (tempat kolon dimulai). Dengan demikian, kalau dari arah pandangan kamu, pijatan dimulai dari kiri ke kanan.

Berikut ini adalah cara pijat untuk mengeluarkan gas dari perut bayi:

  • Membayangkan jam: Bayangkan sebuah jam di perut si Kecil. Mulailah di jam 7 atau 8 dan bergerak dari kiri ke kanan dalam bentuk setengah bulan. Tekan dengan lembut dan geserkan tangan searah jarum jam, dengan satu tangan setelah yang lain
  • Mendayung: Gunakan bagian kelingking tangan yang panjang dan lebar, tempatkan tangan horizontal sepanjang perut bayi. Tekan dengan lembut di sekitar tulang rusuk dan geser ke arah bawah sepanjang perut bayi, dengan satu tangan setelah yang lain
  • Gunakan jempol: Tempatkan kedua jempol rata di atas pusar si Kecil. Tekan dengan lembut lalu geser jempol ke arah berlawanan atau saling menjauh

Melancarkan pencernaan

Pijat perut untuk melancarkan pencernaan dapat membantu meringankan gejala yang mungkin saja bisa dialami si Kecil sebagai berikut:

  • Kolik
  • Konstipasi
  • Masalah perut secara umum

Kamu bisa memberikan pijatan pada bayi sejak si Kecil berusia 6 pekan. Yang kamu butuhkan adalah kondisi yang hangat dan tenang dan krim untuk pijat bayi dengan kualitas yang baik yang cocok untuk kulitnya.

Salah satu cara untuk melakukan pijat ini adalah dengan meletakkan telunjuk di sekitar pusar si Kecil dan gerakan searah jarum jam mengitari ujung pusar bayi. Mulailah dengan satu jari hingga akhirnya seluruh telapak tangan bergerak di sana

Pada akhirnya panas dari telapak tangan akan membuat bayi merasa lebih nyaman dan tenang. Pastikan gerakan sesuai arah jarum jam, ya! Karena gerakan ini dapat membantu pergerakan di organ bagian dalam perut.

Kapan waktu yang tepat untuk pijat perut bayi?

Waktu yang paling tepat untuk memulai memijat bayi bisa jadi pada saat pagi hari atau sebelum si Kecil tidur. Karena itu, jadikan aktivitas ini sebagai rutinitasnya sebelum tidur. Kamu bisa memijatnya setiap hari atau hanya pada hari-hari tertentu saja.

Yang paling penting adalah pastikan si Kecil memberikan persetujuan. Oleh karena itu, pertahankan kontak mata dengan bayi sepanjang kamu memijatnya dan pastikan mulai pijatan dengan sangat lembut.

Kamu bisa meningkatkan tekanan pijatan ketika melihat si Kecil puas dan senang akan sentuhan-sentuhan di sekitar perutnya. Jika bayi terlihat membuat tangannya kaku dan melihat ke arah lain, bisa jadi itu bukan waktu yang tepat untuk memijatnya.

Demikianlah berbagai penjelasan tentang pijat perut bayi dan bagaimana manfaatnya bagi si Kecil. Selalu jaga kesehatan bayi kamu, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 05 Juni 2021. Baby Massage for Gas
  2. Babycentre, diakses 05 Juni 2021. How to massage your baby: aiding digestion (photos)
    register-docotr