Info Parenting

Perkembangan Bayi 8 Bulan: Semakin Aktif Bergerak dan Bermain

June 22, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Memasuki usia 8 bulan, bayi kecil Moms mungkin sedang sibuk menjelajahi rumah sambil merangkak menyentuh banyak barang. Tapi tahukah Moms apa lagi yang bisa terjadi pada masa perkembangan bayi 8 bulan?

Nah berikut ada ulasan lengkap mengenai perkembangan bayi 8 bulan yang perlu Moms ketahui supaya dapat memantau tumbuh kembangnya lebih dengan lebih baik. Yuk disimak baik-baik Moms!

Perkembangan bayi 8 bulan 

Di usia ini, bayi akan menjadi lebih aktif bergerak bereksplorasi. Jika sebelumnya Moms bisa leluasa mengerjakan pekerjaan rumah karena bayi lebih sering diam, kini mungkin tidak demikian.

Perkembangan fisik dan motorik

Berat rata-rata untuk bayi laki-laki berusia 8 bulan adalah 8 kg, sedangkan bayi perempuan rata-rata sekitar 7 kg. Bayi laki-laki pada usia ini biasanya memiliki panjang sebesar 70 cm dan bayi perempuan sebesar 68 cm.

Bayi 8 bulan juga sudah dapat menggerakan tubuh dan belajar menggunakannya, lho Moms. Mereka dapat memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lainnya, menggenggam barang, dan meraba.

Di saat-saat seperti ini, moms perlu ekstra berhati-hati jika bayi memasukan benda ke mulut, ya.

Selain itu, bayi juga sudah dapat duduk tanpa sandaran. Mencoba merangkak atau bahkan sudah bisa merangkak. Sebagian besar bayi mulai merangkak pada usia ini.

Perkembangan kognitif

Pada usia ini, anak mulai menyadari apa yang ia sukai dan apa yang tidak ia sukai. Saat membuat makanan pendamping ASI, Moms mungkin akan perlahan menyadari selera makanan anak karena perkembangan ini. 

Bayi berusia 8 bulan pun sudah mulai memiliki hal-hal favorit dalam hidupnya. Ia mungkin memiliki selimut favorit, mainan kesayangan, dan makanan kegemaran.

Bukan hanya benda, bayi pun sudah mulai mengenali wajah. Ia akan mengenali wajah-wajah yang akrab, bahkan wajahnya sendiri. Moms mungkin akan melihat ketertarikan bayi terhadap cermin. 

Namun, karena sudah bisa mengenali wajah, ia juga akan terheran-heran bila melihat wajah asing. Ia mungkin akan memberikan respons kaget, takut, atau menangis.

Baca juga: Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi yang Ampuh

Perkembangan komunikasi

Berkomunikasi dengan anak di usia delapan bulan sudah mulai bisa dilakukan, lho.

Bayi di usia ini sudah mulai memahami kata-kata dasar dan mengikuti perintah sederhana. Ia paham apa itu ‘susu’, ‘makan’, dan mengerti bahwa ia tidak boleh melakukan sesuatu jika Moms berkata ‘tidak’.

Bukan hanya mengerti, bayi juga sudah bisa menanggapi ketika diajak bicara dan membuat suara kembali. Ia sudah bisa membuat suara spesifik terkait dengan emosi, seperti suara bahagia atau sedih.

Suara bicara bayi pun mungkin sudah mulai terdengar masuk akal. Ia mulai merangkai bunyi seperti ‘eh, oh, dan ah’. Suara konsonan celoteh, seperti ‘m’ atau ‘b’ yang akan terdengar seperti ‘ma-ma’ dan ‘ba-ba’. Psst, bayi juga sudah bisa memberikan tanggapan jika dipanggil namanya.

Perkembangan emosi

Di usia 8 bulan, bayi mulai mengembangkan rasa emosi yang disebut separation anxiety. Hal ini terjadi saat anak dipisahkan dari pengasuh utama mereka. Rasa cemas ini disebabkan akibat bayi sudah mampu membedakan wajah Moms dengan orang lain.

Moms mungkin akan kesulitan saat hendak menitipkan bayi pada pengasuh. Ia bisa saja tiba-tiba menjadi sangat rewel karena hal ini.

Dalam fase ini, Moms perlu bersabar dan konsisten dengan untuk mengurangi rasa cemas selama perpisahan terjadi. Moms juga mungkin perlu memberikan kasih sayang dan rasa aman yang ekstra untuk membuat bayi merasa lebih nyaman.

Pengaturan gizi dan makanan

Moms mungkin sudah mulai melakukan peralihan dari ASI atau susu formula ke makan makanan yang lebih padat dan bertekstur. Hal ini juga didukung oleh perkembangan bayi 8 bulan yang sudah mulai memiliki gigi.

Di usia ini, Moms dapat memberikan makanan seperti sayur dan buah yang dipotong kecil-kecil. Ia mungkin sudah mulai bisa menggunakan ibu jari dan telunjuknya untuk menjepit dan memegang makanan. 

Cara memberikan makanan seperti ini bagus untuk kemampuan motorik bayi. Keterampilan mengunyah pun juga sudah bisa perlahan diasah. Secara keseluruhan, penting untuk diingat bahwa setiap bayi memiliki waktu perkembangan yang berbeda-beda.

Ciri-ciri perkembangan bayi 8 bulan di atas sebenarnya tidak dimaksudkan untuk membuat Moms khawatir. Tetapi agar menjadi panduan untuk membantu Moms mengukur tubuh kembang bayi.

Oleh karena itu, jika melihat ada hal-hal yang berpotensi menjadi masalah, Moms dapat langsung menghubungi dokter anak, ya.

Moms juga dapat berkonsultasi seputar masalah perkembangan bayi dengan dokter kami melalui melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    Berita Terkait
    register-docotr