Info Parenting

Perkembangan Bayi 7 Bulan: Lebih Ekspresif dan Senang Bicara

June 22, 2020 | Husni Efendi | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Memasuki usia 7 bulan bayi akan mulai lebih ekspresif dan mampu mengungkapkan keinginannya. Selain itu, apa lagi ya perkembangan bayi 7 bulan yang perlu Moms ketahui?

Dari usia sekitar 4 bulan hingga menginjak 7 bulan, sejumlah perubahan penting terjadi pada bayi. Ini adalah periode ketika bayi Moms akan belajar untuk mengoordinasikan kemampuan persepsi yang muncul, dengan penggunaan indera seperti penglihatan, sentuhan, dan pendengaran.

Selain itu juga, kemampuan motorik yang meningkat untuk mengembangkan keterampilan, seperti menggenggam, berguling, duduk, dan bahkan merangkak.

Perkembangan bayi 7 bulan

Secara fisik, berat rata-rata untuk bayi laki-laki berusia 7 bulan sekitar sekitar 6,35 hingga 9,97 kg.

Sedangkan untuk bayi perempuan, berat rata-rata pada usia 7 bulan sekitar 5,89 hingga 9,52 kg.

Rata-rata panjang untuk anak laki-laki dan perempuan masing-masing sekitar 68,58 cm dan 66,04 cm.

Keterampilan motorik

Bayi 7 bulan biasanya tengah belajar tentang sekelilingnya, meski tidak semua melakukan dengan cara yang sama. Dari mulai merayap, berguling, hingga merangkak, atau menggabungkan seluruhnya.

Moms dapat mendorong mobilitas baru ini dengan menempatkan mainan di luar jangkauan bayi. Pastikan bayi aman saat menjelajah, dengan mengamankan mainan atau benda lain yang berisi potongan kecil atau tajam.

Bayi juga mulai bisa duduk tanpa bantuan atau meraih mainan sendiri, maka waktu bermain bisa melibatkan lebih banyak kemandirian. Dengan kemampuan memegang dan minum dari cangkir, dan mungkin makan dari sendok, bayi juga mulai lebih mandiri waktu makan.

Bayi mulai cukup kuat untuk menahan diri dengan kakinya saat disangga. Berlatih keterampilan ini akan memperkuat otot-otot kaki dan membantunya bersiap untuk berjalan.

Pertumbuhan fisik

Di antara bulan kelima dan ketujuh, Moms akan melihat tunas gigi mungil pertama muncul dari gusi. Moms akan tahu bayi sedang tumbuh gigi, karena ia akan lebih banyak mengeluarkan air liur dan mungkin akan lebih rewel dari biasanya.

Untuk menenangkan ketidaknyamanan gusi, beri bayi waslap dingin atau mainan untuk dikunyah. Food and Drug Administration (FDA) menyarankan untuk tidak menggunakan penghilang rasa sakit topikal yang dioleskan pada gusi (mengandung benzocaine) karena efek sampingnya.

Setelah beberapa gigi pertama muncul, sikatlah setiap hari dengan sikat gigi bayi lembut dan air serta pasta gigi yang sesuai bayi. Moms mungkin akan melihat dua gigi tengah bawah muncul pertama, diikuti dua gigi tengah atas, dan gigi sisi bawah dan atas biasanya mengisi 3 atau 4 bulan ke depan.

Namun jangan khawatir jika bayi berusia 7 bulan belum memiliki gigi, sebab pola tumbuh gigi sangat bervariasi setiap anak. Ada juga bayi yang tidak bertumbuh gigi sampai berusia di atas satu tahun.

Pola makan bayi

Bayi yang berusia 7 bulan bisa jadi sudah mulai bisa makan makanan padat. Moms mungkin bisa memperkenalkan makanan yang lebih enak, misalnya buah dan sayuran yang dihaluskan, alih-alih bubur.

Tawarkan padanya 4 sendok makan sereal yang diperkaya zat besi setiap hari. Makanan yang lebih tebal ini bisa membantu bayi menyesuaikan diri dengan tekstur baru dan belajar cara mengunyah.

Setiap kali Moms memperkenalkan makanan baru, tunggu beberapa hari sebelum mencoba yang lain, dan perhatikan tanda-tanda alergi seperti diare, muntah, ruam, atau mengi.

Kemampuan bahasa

Bayi usia 7 bulan mulai mengerti arti bahasa. Bayi bisa mulai merespons ketika Moms mengatakan ‘tidak’, meskipun bayi pada usia ini tidak selalu mengikuti perintah itu. Moms juga bisa mendapatkan respons, setidaknya anggukan kepala, setiap kali Moms mengucapkan namanya.

Pada 7 bulan, bayi juga mulai belajar komunikasi nonverbal. Mereka dapat membuat berbagai ekspresi dengan wajah mereka, dari senyum lebar hingga kerutan, dan mereka dapat memahami bagaimana perasaan Moms dengan nada suara dan ekspresi wajah.

Bayi juga bisa berkomunikasi secara vokal, dengan membuat suara-suara yang berbeda, tawa, meniup gelembung, atau mengoceh dalam rantai konsonan seperti ‘da-da-da’.

Kemampuan sosial dan kognitif

Memori anak berusia 7 bulan telah berkembang secara signifikan, dan seiring dengan itu muncul konsep objek permanen.

Jika sebelumnya ketika Moms menyembunyikan suatu benda ketika bermain, dan bayi Moms berpikir benda itu hilang, maka sekarang, ia bisa menyadari bahwa benda atau orangnya masih ada, bahkan ketika disembunyikan.

Objek permanen berarti bahwa ketika Moms tidak terlihat di sekitar pandangannya atau sedang di dapur misalnya, Moms tetap tidak keluar atau hilang dari pikiran bayi.

Bayi Moms mungkin juga mulai mengalami kecemasan perpisahan, menangis dan berpegangan pada Moms, atau menolak ditinggalkan dengan pengasuh, setiap kali Moms mencoba untuk pergi.

Untuk hal ini, coba jadwalkan keberangkatan ketika bayi Moms sudah tidur, atau sudah makan, atau sedang tidak terlalu rewel. Ucapkan selamat tinggal pendek dan manis, dan minta pengasuh mengalihkan perhatian bayi dengan mainan atau buku sampai Moms keluar dari pintu.

Cara membantu perkembangan bayi 7 bulan

Bermain dengan bayi berusia 7 bulan itu menyenangkan. Moms bisa meluangkan banyak waktu membaca bersama dan berbicara tentang gambar, untuk membantu mengembangkan imajinasi mereka.

Bicaralah dengan bayi terus-menerus, gambarkan dunia di sekitar mereka, dan beri tahu mereka apa yang Moms lakukan di sekitar rumah. Bayi akan senang menghabiskan waktu di luar rumah, namun ingat untuk menjaga mereka tetap aman di bawah sinar matahari.

Bayi usia ini juga menyukai hal-hal yang dapat diprediksi, sehingga mereka akan menyukai permainan yang berulang seperti peek-a-boo, berputar-putar di taman, dan lainnya. Mereka mungkin juga memiliki mainan favorit, yang harus Moms bawa ke mana-mana, pastikan Moms tidak kehilangannya.

Tanda-tanda masalah perkembangan

Bayi berkembang dengan kecepatan berbeda-beda. Ketika bayi mencapai 7 bulan, bicarakan dengan dokter anak jika ia:

  • Tidak mulai bergerak sama sekali
  • Tidak menunjukkan minat meraih benda
  • Tidak mengenali Moms atau pengasuh utama
  • Tidak berbalik ke arah ke suara
  • Tidak mengoceh atau mengenali suara yang dibuat oleh orang lain
  • Tidak melakukan kontak mata
  • Tidak bisa dihibur oleh Moms atau pengasuh utama
  • Menahan tubuh secara kaku daripada mencoba duduk

Demikian informasi tentang perkembangan bayi di usia 7 bulan yang perlu Moms ketahui. Jangan lupa sering-sering ajak ia bermain, ya!

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar perkembangan bayi Moms? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  • Healthy Children, Developmental Milestones: 7 Months, https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/Pages/Developmental-Milestones-7-Months.aspx, diakses 18 Juni 2020
  • Pregnancy Birth Baby, Your baby’s growth and development-7 months old, https://www.pregnancybirthbaby.org.au/babys-growth-and-development-7-months-old, diakses 18 Juni 2020
  • Very Well Family, Your 7-Month-Old Baby’s Development, https://www.verywellfamily.com/your-7-month-old-baby-development-and-milestones-4172912, diakses 18 Juni 2020
  • WebMD, Baby Development: Your 7-Month-Old, https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-7-month-old#1, diakses 18 Juni 2020
    Berita Terkait
    register-docotr